Permainan yang adil dan sopan santun dalam catur

Permainan yang adil dan sopan santun dalam catur

11/4/2020 – Apa yang harus dilakukan wasit jika seorang pemain melakukan tindakan ilegal yang diterima lawannya, hanya untuk memprotes nanti? Bagaimana jika dia mengulurkan tangannya dalam apa yang tampak seperti pengunduran diri, hanya untuk mengklaim itu adalah tawaran seri? IA Tomasz Delega, Ketua Dewan Arbiter ECU, memberi kami beberapa nasihat yang masuk akal. Itu ada di majalah ECU edisi Oktober, yang juga memiliki beberapa kombinasi Beth Harmon dari seri Netflix untuk Anda selesaikan.



Catur Komodo 14



Catur Komodo 14

Tahun lalu Komodo memenangkan gelar kejuaraan dunia dua kali dan dapat menamakan dirinya “Juara Catur Komputer Dunia 2019” dan “Juara Perangkat Lunak Catur Dunia 2019”. Dan Komodo 14 saat ini jelas lebih baik dari pendahulunya!


Lebih…

Artikel oleh IA Tomasz Delega, Ketua Dewan Arbiter ECU

Apa yang dimaksud fair play dalam catur dan apa batasannya? Atau mungkin tidak ada? Kali ini, di sudut wasit, kami hadirkan dua kasus yang berbatasan dengan aturan main catur, fair play dan sopan santun. Kasus pertama – dalam turnamen blitz, salah satu pemain yang bermain hitam memiliki posisi menang sepenuhnya. Dia mempromosikan pion menjadi ratu, “memeriksa” lawan.

Sayangnya, secara tidak sengaja ia mempromosikan pionnya menjadi ratu dengan warna berlawanan (warna bidak lawan). Lawan menjawab oleh raja, melarikan diri di bawah cek. Setelah menyadari situasinya, pemain hitam itu mencoba mengubah ratu “miliknya” menjadi bidak hitam, tetapi lawan tidak setuju dan memanggil wasit.

Wasit menyatakan bahwa langkah yang salah telah dilakukan (promosi bidak menjadi ratu dengan warna yang berlawanan), tetapi karena lawan tidak mengeluh tentang hal itu dan telah dilakukan gerakan lain, permainan harus dilanjutkan dengan “buruk ” Ratu Putih. Pemain kulit hitam itu mengundurkan diri. Kali ini kami tidak menanyakan apakah wasit melakukan hal yang benar, tetapi apakah pemain kulit putih melanggar prinsip fair play, melihat kesalahan lawan dan mendapatkan keuntungan darinya?

READ  Jason Momoa bergemuruh naik Harley-Davidson di Toronto ... saat dia melanjutkan pembuatan film seri fiksi ilmiah Lihat

Menurut saya, niscaya akan sangat mulia jika dia membiarkan lawan menggantikan ratu, tetapi di sisi lain, catur adalah permainan kesalahan, jadi jika lawan membuatnya bisa digunakan. Apa yang Anda pikirkan?

Kasus kedua – dalam turnamen cepat, pemain yang bermain putih memiliki pertukaran tetapi posisinya masih sangat kompleks, sehingga tidak ada cara yang jelas untuk menang. Dia memiliki waktu sekitar satu setengah menit lagi.

Dia bergerak dan lawannya memiliki waktu sekitar delapan menit di jamnya, mulai berpikir dan setelah sekitar dua menit kemudian mengulurkan tangannya dan berkata “Oke, saya tidak akan melanjutkan ini”.

Pemain kulit putih, sedikit terkejut, menjabat tangan lawan dan, yakin bahwa Hitam telah mengundurkan diri, melaporkan kemenangan tersebut kepada wasit.

Setelah melakukan pairing untuk babak berikutnya, pemain berkulit hitam itu mengeluh kepada wasit, bahwa ia memiliki setengah poin lebih sedikit dan pertandingan sebelumnya berakhir seri. Dia mengklaim bahwa White menawarkan hasil imbang dan dia setuju.

Apa yang harus dilakukan wasit?

Jabat tangan belaka dapat diartikan sebagai menyetujui hasil imbang dan juga sebagai pengunduran diri, meskipun itu tidak berarti apa-apa.

Jadi akan tepat untuk menafsirkan kata-kata “Oke, saya tidak akan melanjutkannya”, tetapi apa artinya? Mereka juga bisa diartikan dalam dua cara, tapi saya pikir jika seseorang mengatakan mereka tidak akan melanjutkan, itu berarti mengundurkan diri daripada menyetujui hasil imbang.

Wasit meminta para pemain untuk merekonstruksi posisinya, yang dilakukan oleh pemain kulit putih, dan Black setuju bahwa posisinya benar. Berdasarkan posisi yang tidak jelas dan kompleks, para arbiter memutuskan untuk mengubah hasil tersebut menjadi undian.

Apa yang Anda pikirkan?

Pelajaran dari kasus kedua adalah sangat penting untuk memastikan niat seperti apa yang dimiliki lawan sebelum menjabat tangannya.

READ  Timothee Chalamet Benci Foto Dia Berciuman Lily Rose-Depp

Tetapi bagaimana melakukan ini dengan cara yang baik? Saya ingat dari latihan saya sendiri ketika saya mengulurkan tangan saya kepada lawan saya, yang masih remaja laki-laki, dengan niat untuk mengundurkan diri, dan dia bertanya dengan lantang ke seluruh ruang bermain “Anda mengundurkan diri”, saya merasa sangat bingung.

Kombinasi oleh Beth Harmon

Serial Netflix “Gambit Ratu“Telah sukses yang belum pernah terjadi sebelumnya. Itu ditampilkan dalam artikel yang tak terhitung jumlahnya di surat kabar, majalah dan portal berita di seluruh dunia.

Itu juga menjadi hit nomor satu di Netflix di seluruh dunia selama lebih dari seminggu. Majalah ECU untungnya mengekstrak tiga kombinasi dari game Harmon untuk Anda selesaikan.

Coba cocokkan akalmu dengan Beth. Anda dapat memindahkan bagian-bagian pada diagram untuk dianalisis. Terlalu sulit untukmu? Kombinasi pertama adalah dijelaskan oleh Simon Williams di sini, dan yang kedua di sini. Dan posisi terakhir? Inilah solusinya.

ECU E-Magazine Oktober 2020 dapat dibaca online dengan tautan interaktif sini, atau dapat diunduh dari Situs ECU.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut