Indonesia | Gempa kuat berkekuatan 6,9 melanda pantai negara itu

Gempa kuat berkekuatan 6,9 terjadi pada hari Jumat di lepas pantai timur Indonesia, lapor United States Geological Institute (USGS, untuk akronimnya dalam bahasa Inggris), tetapi peringatan tsunami tidak diaktifkan, begitu pula korban atau kerusakan yang relevan tidak dilaporkan.

Gempa terjadi lebih dari 600 kilometer sekitar 220 kilometer selatan Katabudi pulau Sulawesi, kata USGSdan ditemukan bisa dirasakan ratusan kilometer dari pusat gempa.

Secara umum, gempa bumi terdalam menyebabkan kerusakan paling kecil. “Sejauh ini kami belum mendapat informasi kerusakan,” kata Badan Geofisika Indonesia.

Seorang jurnalis dari AFP hadir di Kupang di ujung selatan episentrum menunjukkan hal ini melihat gedung-gedung berguncang pada saat gempa bumi. Warga yang ketakutan turun ke jalan.

Kepulauan Indonesia terletak di “sabuk api” Pasifik, sebuah kawasan dengan aktivitas seismik tinggi.

Di hari Rabu, Dua gempa bumi yang kuat dan dangkal melanda Indonesiadi lepas pantai pulau Sumatera, tanpa menimbulkan kerugian atau kerusakan yang berarti.

Pada 2018 terjadi gempa berkekuatan 7,5 skala Richter yang diikuti oleh tsunami di pulau Sulawesi lebih dari 4.300 tewas dan hilang.

Gempa bumi berkekuatan 9,1 skala Richter yang dahsyat lainnya melanda lepas pantai Sumatera pada tahun 2004, memicu tsunami menewaskan lebih dari 220.000 orang di daerah tersebut, termasuk sekitar 170.000 orang di Indonesia. (AFP)

READ  Hiburan, sejarah dan seni: bagaimana perayaan virtual hari jadi La Plata dibuat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *