Jupiter dan Saturnus akan berbaris dalam “konjungsi hebat” pada titik balik matahari musim dingin, Voice of America

Jupiter dan Saturnus akan berbaris dalam “konjungsi hebat” pada titik balik matahari musim dingin, Voice of America

Para astronom menggunakan istilah “konjungsi” untuk mendeskripsikan setiap kali dua benda langit tampak bertemu di langit jika dilihat dari Bumi. Tetapi ketika Saturnus dan Jupiter, dua planet terbesar di tata surya, tampak bertemu di langit, mereka menyebutnya sebagai konjungsi yang “hebat”.

Para ilmuwan mengatakan kedua planet itu tampaknya melintasi tata surya secara teratur dari sudut pandang Bumi, dan posisi mereka sejajar di langit kira-kira setiap 20 tahun.

Apa yang membuat konjungsi besar tahun ini begitu signifikan adalah bahwa kedua planet tersebut tidak pernah berdekatan selama 400 tahun, dan sudah hampir 800 tahun sejak penyelarasan malam hari hal ini akan terjadi. Setahun jadi hampir semua orang di seluruh dunia bisa menyaksikannya.

Para astronom merekomendasikan pemandangan langit barat yang jelas sekitar satu jam setelah matahari terbenam.

Pertama Jupiter muncul dan kemudian Saturnus, dengan Jupiter tampak seperti bintang terang. Saturnus akan sedikit lebih lemah dan muncul sedikit di atas dan di sebelah kiri Jupiter. Konon konjungsi akan cukup cerah untuk dilihat di kota-kota.

Konjungsi akan menjadi klimaks, tetapi para astronom mengatakan pengamat tidak perlu menunggu sampai saat itu. Kedua planet akan terlihat jelas di barat antara 16-25 Desember, meskipun posisi mereka akan terbalik di langit setelah 21 Desember, dengan Jupiter paling terang di sebelah kiri.

READ  Sylvester Stallone Awalnya Ingin 'Rocky III' Memiliki Akhir Yang Jauh Lebih Gelap

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut