Sebuah gunung berapi meletus di Indonesia dan mengeluarkan awan abu yang sangat besar Dunia | DW

Gunung berapi Sinabung Indonesia meletus pada hari Senin, melepaskan kolom abu ke atmosfer yang naik hingga 5.000 meter dan meninggalkan daerah di utara pulau Sumatera (Indonesia) dalam kegelapan.

“Hindari titik api di dekat Sinabung,” kata Armen Putera, pejabat lokal di Pusat Vulkanologi Indonesia.

Gunung berapi ini pernah mengalami letusan mematikan pada tahun 2016 dan aktivitasnya meningkat dalam beberapa hari terakhir dengan dua letusan kecil selama akhir pekan.

Letusan pada hari Senin tidak menyebabkan cedera atau kematian saat ini, tetapi pihak berwenang Indonesia memperingatkan tentang aktivitas yang intens di gunung berapi tersebut.

Penduduk di sekitar Sinabung waspada

Tidak ada tanda-tanda ketenangan

Sinabung adalah salah satu dari lebih dari 120 gunung berapi aktif di Indonesia yang rentan terhadap aktivitas seismik di Cincin Api Pasifik, serangkaian gunung berapi dan patahan.

Sinabung tidak aktif selama berabad-abad hingga meletus kembali pada tahun 2010. Dia telah aktif sejak dan sesekali pecah.

Satu wabah pada 2014 menewaskan 16 orang, sementara wabah lain pada 2016 menewaskan tujuh orang. Puluhan ribu orang telah diusir dari rumah mereka di sekitar gunung berapi dalam beberapa tahun terakhir.

EL (ap, dpa, Reuters)

READ  Kasus virus korona Alaska mencapai titik tertinggi baru. Gelombang musim panas tidak berubah menjadi krisis. Akankah yang ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *