‘The Queen’s Gambit’: Hit Netflix show akan mempercepat ‘booming’ catur, kata grandmaster

Garry Kasparov, mantan juara dunia catur dan secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terhebat olahraga ini, bertindak sebagai konsultan di acara itu untuk memastikan keasliannya.

Catur telah menikmati kebangkitan dalam beberapa tahun terakhir, sebagian berkat pengaruh juara dunia saat ini Magnus Carlsen, yang bisa dibilang menjadi nama rumah tangga.

Kasparov mengatakan kesuksesan “The Queen’s Gambit” hanya akan meningkatkan daya tarik global game tersebut.

“Saya pikir catur sedang meningkat sekarang di Amerika dan di seluruh dunia,” kata Kasparov kepada Christiane Amanpour dari CNN. “Tapi saya pikir seri ini akan berhasil mempromosikannya lebih jauh dan saya berharap sekarang booming, karena ini membantu menyangkal citra permainan catur sebagai sesuatu yang dapat mengubah Anda menjadi seorang nerd – atau hanya untuk membuat Anda gila .

“Sebaliknya, kita dapat melihat bahwa catur membantu Beth Harmon untuk mengatasi kelemahan dan kecanduannya. Jadi, catur membantu mengangkatnya ke tingkat yang baru dan saya pikir itu akan mendorong lebih banyak orang tua untuk melihat catur dengan lebih baik dan mendorong anak-anak mereka ke arah ini, terutama perempuan. “

Menurut Federasi Catur Internasional (FIDE), dalam 10 hari setelah rilis “The Queen’s Gambit”, penelusuran untuk kata “perangkat catur” di eBay melonjak 273% – itu adalah penelusuran setiap enam detik.

Sementara FIDE mengatakan terlalu dini setelah rilis acara pada 23 Oktober untuk mengetahui apakah itu berdampak pada angka-angka yang bermain game, catur telah menikmati lonjakan besar dalam minat online sejak penguncian virus corona pertama.

Pada awal tahun 2020, FIDE menyebutkan hingga 11 juta game catur dimainkan secara online setiap hari. Setelah lockdown, jumlah ini meningkat hingga 17 juta, sementara FIDE mengatakan platform ini mencatat peningkatan 40% dari akun baru yang terdaftar.

READ  Steve McQueen: 'Kita bisa melakukan apa saja setelah kita bersama' | Berita Ents & Arts

Platform streaming Twitch dan YouTube, yang lebih umum digunakan oleh pemain game online untuk menyiarkan video game yang lebih konvensional, juga mengalami peningkatan. FIDE mengatakan pengguna Twitch menghabiskan sekitar dua juta jam menonton catur pada Februari dan empat juta pada April. Pada Mei, ini mencapai delapan juta jam.

Dengan lebih dari satu miliar ponsel cerdas di seluruh dunia yang memiliki sejenis aplikasi catur yang diunduh, FIDE mengatakan bahwa game tersebut telah menjadi “raksasa tidur”.

“Komunitas catur jatuh cinta dengan seri ini karena berhasil menggambarkan berbagai aspek catur dengan segala kekayaannya: cukup mudah untuk dimainkan, tetapi juga cukup kompleks untuk memberikan tantangan,” kata juru bicara FIDE. CNN Sport.

“Ini kutu buku, tapi juga keren dan modis. Kompetisi intensif, tetapi penuh dengan karakter yang menarik, kreatif, dan penuh warna. Kami sangat senang berkat pertunjukan ini, begitu banyak orang yang menemukan, atau menemukan kembali catur.”

Tapi, seperti yang ditunjukkan oleh “The Queen’s Gambit”, catur tetap menjadi permainan yang didominasi oleh laki-laki.

Judit Polgár dari Hongaria secara luas dianggap sebagai pemain wanita terhebat sepanjang masa dan pernah menjadi grandmaster termuda dalam sejarah, pada usia 15 tahun empat bulan, memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh pecatur legendaris AS Bobby Fischer.

Sekarang berusia 44 tahun, Polgar percaya serial tersebut dapat membantu mengubah dinamika saat ini, tetapi mengatakan pertunjukan saja tidak akan cukup.

“Saya pikir itu bisa sangat meningkatkan promosi game untuk perempuan,” kata Polgar. “Dan saya berharap lebih banyak gadis tidak hanya memulai [playing] itu, tetapi mereka akan – tidak kecanduan – tetapi bertahan dengan permainan dan mereka akan didukung oleh orang tua, guru, dan pelatih, bahwa jika mereka berbakat, mereka juga dapat mencapai potensi maksimal mereka.

READ  Gary Barlow Bekerja Sama Dengan Michael Bublé Dan Sebastián Yatra Di Single Baru

“Saya pikir sangat penting bagi semua orang untuk melihat gadis-gadis berbakat mendapatkan dorongan yang sama seperti anak laki-laki.”

Polgar berharap lonjakan popularitas setelah kesuksesan “The Queen’s Gambit” tidak terjadi begitu saja. Keinginannya adalah agar catur menjadi bagian pokok dari pembelajaran sekolah dan percaya bahwa anak-anak akan mendapat banyak manfaat jika hal ini terjadi.

Menurut angka FIDE, permainan tampaknya mengarah ke sana.

Federasi tersebut mengatakan jumlah anak sekolah yang berpartisipasi dalam catur telah “terus meningkat” sejak 1990 dan memperkirakan saat ini ada lebih dari 30 juta anak yang mengambil bagian dalam program Catur di Sekolah di seluruh dunia setiap minggu.

“Saya pikir secara umum catur adalah salah satu alat pendidikan yang paling penting dan praktis di setiap negara Anda pergi ke Anda melihat berbagai jenis program,” kata Polgar. “Ini mengajarkan anak-anak banyak keterampilan berbeda yang dapat mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Hanya untuk beberapa nama: Pemikiran logis, pengambilan keputusan, tanggung jawab, ketahanan, dan banyak hal yang harus mereka miliki dalam kehidupan sehari-hari. Mengambil konsekuensi dan mengambil keputusan dengan cara yang mereka tahu cara melangkah dari satu ke yang lain untuk menangani kekalahan, kemenangan, kemenangan dan menjadi kuat.

“Saya pikir dalam banyak hal, catur dapat memberikan ini untuk generasi berikutnya dan saya banyak mengerjakan ini, untuk mempromosikan catur dalam pendidikan – Garry melakukan hal yang sama, terkadang kami melakukannya bersama – dan saya sangat yakin itu akan berhasil. memberikan kualitas hidup dan pemahaman yang lebih baik untuk anak-anak. “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *