Dijelaskan: Mengapa Baby Shark adalah video yang paling banyak ditonton di YouTube

Dijelaskan: Mengapa Baby Shark adalah video yang paling banyak ditonton di YouTube
Ditulis oleh Surbhi Gupta
, Diedit oleh Explained Desk | New Delhi |

4 November 2020 08.03.55


Baby Shark sekarang memiliki lebih dari tujuh miliar tampilan di YouTube.

Lagu dengan nada yang menarik dan visual yang mencolok, yang telah menarik perhatian anak-anak di seluruh dunia dan membuat sejumlah orang tua dan guru memutar mata –– Baby Shark –– membuat rekor baru pada hari Senin, menjadi video yang paling banyak ditonton di YouTube dengan lebih dari tujuh miliar tampilan. Dirilis empat tahun lalu, Baby Shark mengalahkan lagu pop Puerto Rico Despacito oleh Luis Fonsi dan Daddy Yankee.

Lagunya tentang apa?

Dengan durasi satu menit-an-21-detik, pengulangan lagu “doo-doo-doo-du-du-du-du-du-du” mengundang pemutaran ulang tanpa akhir. Ditambah dengan langkah-langkah tarian yang sederhana dan mudah diikuti, tarian ini menjadi sangat populer di kalangan anak-anak, terutama di bawah usia lima tahun. Meskipun tidak jelas siapa penulis asli dari lagu tersebut, lagu tersebut dikatakan sebagai lagu api unggun Amerika yang populer yang telah dinyanyikan dan dibuat ulang beberapa kali.

Namun, Baby Shark menjadi sensasi global setelah di-remix dan dibuat ulang oleh perusahaan produksi Pinkfong yang berbasis di Seoul. Dinyanyikan oleh penyanyi Korea-Amerika berusia 10 tahun, Hope Segoine, video dari versi bahasa Inggris dari lagu tersebut, yang dirilis pada Juni 2016, memecahkan rekor sebagai yang paling banyak ditonton.

Meskipun lagu tersebut berada dalam domain publik dan tidak dimiliki oleh Pinkfong, perusahaan tersebut digugat pada tahun 2019 oleh penulis lagu anak-anak Jonathan Wright, yang telah merekam versi serupa pada tahun 2011 dan menyatakan bahwa ia memiliki hak cipta atas materi tersebut.

Seberapa populer lagu itu?

READ  Pengkhianatan besar-besaran oleh Tucker membantu The Miz memenangkan Uang Dalam Koper Bank di Hell In A Cell

Baby Shark menjadi hit internasional, mencapai nomor 32 di Billboard Hot 100 pada Januari 2019, dan juga berhasil masuk ke daftar Top 40 Inggris. Pinkfong telah menghasilkan sekitar $ 5,2 juta (Rs 38,66 crore) dari streaming YouTube saja. Lagu tersebut pertama kali menjadi viral di Asia Tenggara, lalu di AS dan Eropa.

Itu mendorong tur langsung spin-off, barang dagangan, buku dan banyak lagi, ditambah pengerjaan ulang lagu, termasuk yang menampilkan Luis Fonsi dan yang lainnya mempromosikan cuci tangan selama COVID-19 pandemi.

Tren Internet Viral

Lagu tersebut menjadi tren internet yang viral pada tahun 2017, ketika puluhan keluarga dan komunitas di Indonesia mengunggah video melakukan tarian versinya.

Di tahun 2018 ini, #BabySharkChallenge menjadi trend viral di TikTok. Saat memasuki tangga musik teratas di Inggris, aktor-komedian James Corden menampilkannya di The Late Late Show, dan menyanyikan lagu hit bersama dengan Sophie Turner dan Josh Groban. “Sekali seumur hidup, ada lagu yang menentukan generasi,” begitulah cara dia memperkenalkan lagu tersebut.

Tahun lalu, tim bisbol Washington Nationals di AS juga mengambilnya sebagai lagu kebangsaan dan kemudian memenangkan Seri Dunia, yang mendorong Gedung Putih untuk memainkan lagu tersebut selama perayaan.

Itu telah digunakan oleh lembaga penegak hukum, yang juga ditarik. Di West Palm Beach Florida, pihak berwenang memutar lagu itu berulang-ulang untuk mencegah para tunawisma berkumpul di tempat umum.

Tiga pekerja penjara di Oklahoma didakwa dengan kekejaman tahanan setelah terungkap bahwa mereka diduga memborgol narapidana dan memaksa mereka untuk berdiri dan mendengarkan Baby Shark selama lebih dari dua jam.

📣 Ekspres Dijelaskan sekarang aktif Telegram. Klik di sini untuk bergabung dengan saluran kami (@ieexplained) dan tetap update dengan yang terbaru

Jaksa wilayah David Prater kemudian mengatakan bahwa memutar lagu itu berulang-ulang dapat menambahkan “tekanan emosional yang tidak semestinya pada para narapidana yang kemungkinan besar sudah menderita”.

READ  'Diselamatkan oleh Bell' menyebutkan transplantasi ginjal Selena Gomez, kata penggemar

Manakah video lain yang paling banyak ditonton di YouTube?

Selain Baby shark, saat ini, lima video yang paling banyak dilihat di YouTube termasuk Despacito, yang telah menjadi video pertama di YouTube yang mencapai tonggak tujuh miliar penayangan; Penyanyi dan penulis lagu Inggris Ed Sheeran’s Shape of you, rapper Amerika Wiz Khalifa’s See you again, dan Masha and the Bear – Recipe for Disaster, sebuah episode serial televisi animasi Rusia, yang secara longgar didasarkan pada cerita rakyat lisan anak-anak.

Lagu Korea Selatan lainnya yang memecahkan rekor adalah Psy’s Gangnam Style, ketika itu menjadi video pertama yang memiliki satu miliar penayangan di YouTube dan memegang judul sebagai video yang paling banyak ditonton sampai digulingkan oleh Justin Beiber’s Baby.

📣 Indian Express sekarang ada di Telegram. Klik di sini untuk bergabung dengan saluran kami (@indianexpress) dan tetap update dengan berita utama terbaru

Untuk semua yang terbaru Berita yang Dijelaskan, unduh Aplikasi Indian Express.

© IE Online Media Services Pvt Ltd

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut