Warren Buffett’s Berkshire Hathaway menjual $ 1,3 miliar saham Costco kuartal lalu. Inilah mengapa itu mengejutkan

“Jika sekali atau dua kali seumur hidup Anda dikaitkan dengan bisnis seperti itu, Anda adalah orang yang sangat beruntung.”

  • Berkshire Hathaway dari Warren Buffett menjual posisi Costco-nya setelah berinvestasi lebih dari 20 tahun yang lalu, sebuah pengajuan terungkap minggu ini.
  • Perusahaan investor miliarder itu meningkatkan kepemilikannya di pengecer kotak besar dari 355.000 saham senilai $ 32 juta pada tahun 1999, menjadi 4,3 juta saham senilai $ 1,3 miliar pada bulan Juni tahun ini.
  • Penjualan tersebut mengejutkan karena Buffett terkenal berinvestasi untuk jangka panjang, dua direktur Berkshire duduk di dewan Costco, dan baik Buffett maupun mitra bisnisnya, Charlie Munger, telah berulang kali memuji pengecer tersebut.
  • “Jika sekali atau dua kali seumur hidup Anda diasosiasikan dengan bisnis seperti itu, Anda adalah orang yang sangat beruntung,” kata Munger tentang Costco pada 2011.
  • Kunjungi beranda Business Insider untuk lebih banyak cerita.

Warren Buffett Berkshire Hathaway terungkap minggu ini bahwa ia mencampakkan kepemilikannya Costco kuartal terakhir, keluar dari investasi yang dibuatnya lebih dari 20 tahun yang lalu. Penjualan tersebut mengejutkan karena beberapa alasan.

Perusahaan investor itu meningkatkan posisinya di peritel kotak besar dari 355.000 saham senilai $ 32 juta pada Desember 1999, menjadi 4,3 juta saham senilai $ 1,3 miliar pada akhir Juni tahun ini. Harga saham Costco meroket dari kurang dari $ 50 ke utara $ 300 dalam rentang waktu itu, peningkatan sekitar 500%.

Banyak investor akan tergoda untuk menguangkan pada saat itu, tetapi Buffett terkenal mengatakan “periode kepemilikan favoritnya adalah selamanya.”

Baca lebih banyak: ‘Saya masih berpikir masih ada jalan panjang’: CEO crypto menjelaskan mengapa dia bullish pada Bitcoin bahkan setelah melonjak kembali ke $ 18.000 – dan berbagi cryptocurrency lain yang menurutnya akan tetap ada

Hubungan erat antara Berkshire dan Costco menambah misteri. Charlie Munger – mitra bisnis lama Buffett dan wakil ketua Berkshire – telah menjadi direktur Costco sejak 1997 dan secara pribadi memiliki lebih dari $ 60 juta sahamnya pada bulan lalu, pengajuan peraturan menunjukkan.

READ  Google menghabiskan $ 1 miliar untuk menghadirkan fitur Google Berita baru kepada Anda

Susan Decker, direktur Berkshire lainnya, juga duduk di dewan Costco, memperkuat hubungan dekat kedua perusahaan. Selain itu, Buffett dan Munger telah banyak memuji Costco selama bertahun-tahun.

“Costco adalah organisasi yang benar-benar luar biasa,” kata Buffett pada pertemuan pemegang saham tahunan Berkshire tahun 2000. “Kita seharusnya memiliki banyak Costco selama bertahun-tahun. Charlie mendukungnya, tetapi saya gagal.”

Munger berbagi beberapa alasannya mengagumi perusahaan – yang menjual produk dalam jumlah besar dengan harga murah melalui ratusan gudang khusus anggota – pada pertemuan Berkshire tahun 2011.

Dia berkata: “Costco adalah bisnis yang menjadi yang terbaik di dunia dalam kategorinya, dan itu dilakukan dengan meritokrasi yang ekstrim dan tugas etis yang ekstrim, dipaksakan sendiri, untuk mengambil semua keuntungan biaya secepat mungkin mengumpulkannya. dan menyampaikannya kepada pelanggan. Dan, tentu saja, hal itu menciptakan loyalitas pelanggan yang kuat. “

“Sungguh bisnis yang luar biasa untuk dilihat,” lanjut Munger. “Jika sekali atau dua kali seumur hidup Anda dikaitkan dengan bisnis seperti itu, Anda adalah orang yang sangat beruntung.”

Baca lebih banyak: Beli 15 saham murah dan tidak diketahui ini yang akan lepas landas pada 2021 berkat pertumbuhan penjualannya yang semakin cepat, kata Jefferies

Buffett mengikuti komentar Munger dengan mengolok-olok obsesi Costco mitranya dengan cerita fiksi, yang dapat ditemukan selengkapnya di Arsip Warren Buffett dari CNBC.

“Charlie dan saya berada di pesawat baru-baru ini yang dibajak,” katanya. “Para pembajak memilih kami sebagai dua kapitalis kotor yang harus mereka eksekusi.”

“Tapi mereka sedikit malu tentang itu,” lanjut Buffett. “Mereka tidak benar-benar menentang kita, jadi mereka mengatakan bahwa masing-masing dari kita akan diberi satu permintaan sebelum mereka menembak kita, dan mereka menoleh ke Charlie dan mereka berkata, ‘Apa yang kamu inginkan sebagai permintaanmu?'”

READ  Gugatan Publix: Keluarga mengatakan perusahaan gagal melindungi karyawan dari Covid-19

“Saya ingin menyampaikan sekali lagi pidato saya tentang keutamaan Costco, dengan ilustrasi,” jawab Munger, dalam cerita Buffett.

“Yah, kedengarannya cukup masuk akal bagi saya,” jawab si pembajak. “Dan apa yang Anda inginkan, Tuan Buffett?”

“Tembak aku dulu,” kata Buffett.

Jalan keluar yang tidak terduga

Buffett dan Munger menghujani Costco dengan pujian baru-baru ini pada pertemuan tahunan 2018. “Saya suka segalanya tentang itu,” kata Munger, menandai real estat murah perusahaan, posisi kompetitif, dan personel berkualitas.

“Costco memiliki daya tarik yang sangat besar bagi para pemilihnya dan mereka mengejutkan serta menyenangkan pelanggan mereka,” kata Buffett. “Tidak ada yang seperti itu dalam bisnis. Jika Anda telah menyenangkan pelanggan, Anda sudah jauh.”

Baca lebih banyak: Deutsche Bank mengatakan Anda perlu memiliki 6 saham ini yang siap melonjak karena kemajuan vaksin memacu pemulihan ekonomi – termasuk yang dapat reli hingga 83%

Posisi Costco Berkshire tidak signifikan dalam skala: perusahaan Buffett hanya memiliki sekitar 1% bisnis di bulan Juni, dan kepemilikannya menyumbang kurang dari 1% dari total nilai portofolionya.

Namun, pujian berulang Buffett dan Munger terhadap Costco selama lebih dari dua dekade, ikatan mendalam pengecer dengan Berkshire, dan keengganan historis Buffett untuk menjual kepemilikan berkualitas tinggi membuat penjualan tersebut menjadi kejutan yang tak terbantahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *