Produk Thunderbolt 4 memperbaiki masalah besar USB-C

Porta Thunderbolt pada PC yang didukung oleh prosesor Tiger Lake baru dari Intel akan memudahkan untuk menyambungkan beberapa periferal USB-C.

Stephen Shankland / CNET

Thunderbolt, pesaing utama USB-C, digunakan untuk memperbaiki salah satu masalah terbesar standar: tidak adanya hub dan dok.

Sebelum akhir tahun, Komputasi Dunia Lainnya akan mulai mengirimkannya $ 150 OWC Thunderbolt Hub, kata perusahaan itu pada Rabu. Produk, yang memanfaatkan standar Thunderbolt 4 baru, akan mengubah satu port pada laptop menjadi tiga port baik dalam standar Thunderbolt atau USB-C. Karena keterbatasan data USB-C, standar tersebut tidak dapat mendukung dok saat ini sendiri.

“Ini membuka opsi,” kata Chief Executive OWC Larry O’Connor tentang produk Thunderbolt.

Thunderbolt dan USB-C berada di pusat komputasi kelas atas modern. Standar tersebut memungkinkan Anda untuk menyambungkan monitor besar dengan resolusi tinggi, susunan penyimpanan eksternal yang cepat, dan dalam kasus Thunderbolt, bahkan kartu grafis eksternal untuk peningkatan kinerja permainan atau pengeditan video yang besar. Itu memberi Anda mesin yang kuat dan portabel.

Itu masalah besar untuk komputasi modern. Sebagian besar dari kita membeli laptop yang semakin tipis dengan ruang port yang semakin berkurang. Port yang lebih bertenaga berarti laptop Anda dapat memikul beban komputasi yang serius, terutama saat hub dan stasiun dok memperkuat daya tersebut.

Thunderbolt 4 memulai debutnya dengan laptop sport Prosesor Tiger Lake baru dari Intel. Thunderbolt menggunakan konektor dan kabel USB-C dan dapat mentransfer jenis data lain, termasuk video DisplayPort untuk monitor dan USB untuk perangkat lain yang tak terhitung jumlahnya. Kemampuan beradaptasi Thunderbolt inilah yang memungkinkan Anda menyambungkan beberapa perangkat USB-C ke port Thunderbolt di dermaga atau hub Thunderbolt 4.

Dok Thunderbolt $ 150 OWC memungkinkan Anda menyambungkan tiga perangkat Thunderbolt atau USB-C ke PC dengan satu port Thunderbolt 4. Porta tersebut akan menjadi lebih umum dengan PC yang didukung oleh prosesor Tiger Lake Intel yang baru.

Dok Thunderbolt $ 150 OWC memungkinkan Anda menyambungkan tiga perangkat Thunderbolt atau USB-C ke PC dengan satu port Thunderbolt 4. Porta tersebut akan menjadi lebih umum dengan PC yang didukung oleh prosesor Tiger Lake Intel yang baru.

Komputasi Dunia Lainnya

Inilah cara USB-C dan Thunderbolt menjadi rumit. Kedua standar tersebut bersaing tetapi juga saling terkait. Thunderbolt mengadopsi konektor USB-C, dan versi terbaru USB sedang dirombak dengan teknologi Thunderbolt yang cepat dan mudah beradaptasi.

Banyak standar USB

USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus, dan namanya bagus. Standar telah menyebar jauh dan luas ke segala hal mulai dari dasbor mobil dan stasiun pengisian bandara hingga bola plasma dan Roda hamster yang berputar lebih cepat saat Anda mengetik lebih cepat. Awalnya, ini digunakan untuk mentransfer data ke perangkat seperti keyboard, mouse, dan printer.

Tiga upaya terbaru telah meningkatkan USB. Pertama, USB Power Delivery (USB PD) menghadirkan kecerdasan listrik yang lebih baik sehingga Anda dapat mengisi daya perangkat yang haus daya seperti laptop yang menggunakan daya hingga 100 watt, tidak hanya ponsel.

Kedua, teknologi transfer data inti, USB 3.0, telah ditingkatkan beberapa kali dan sekarang mengakomodasi kecepatan hingga 20 gigabit per detik. Itu cukup cepat untuk mentransfer file video dan foto yang besar dengan cepat, meskipun dukungan untuk kecepatan tertinggi masih jarang.

Ketiga adalah USB-C, konektor fisik yang lebih sederhana untuk kabel dan port. USB-C menghilangkan kebutuhan untuk mengutak-atik kabel. Dan itu cukup kecil untuk ponsel dan laptop kurus.

Perbaikan selanjutnya akan USB 4, perombakan yang menggabungkan teknologi data Thunderbolt, memungkinkan adanya dermaga dan hub dengan kecepatan yang lebih tinggi. Tiger Lake mendukung USB 4, yang seharusnya membantu membujuk pembuat periferal untuk meningkatkan.

Thunderbolt 4 vs. USB-C

Saat USB membaik, itu masih mengejar Thunderbolt. Dan Thunderbolt terus maju juga.

Thunderbolt 4 mungkin tidak terlihat seperti peningkatan besar dari Thunderbolt 3 pada pandangan pertama karena tidak lebih cepat. Tapi itu membawa manfaat lain:

  • Thunderbolt 4 memungkinkan Anda menyambungkan beberapa perangkat ke satu hub, yang tidak didukung Thunderbolt 3. Itu membantu menjaga kecepatan dan mendukung lebih banyak perangkat.
  • Kabel akan menjadi lebih murah karena tidak lagi membutuhkan prosesor internal.
  • Ini akan memberi daya pada dua layar 4K, bukan satu.
  • Mesin Windows yang didukung oleh Tiger Lake harus mendukung Thunderbolt dengan lebih andal.

Perangkat Thunderbolt harganya lebih mahal daripada perangkat USB-C, tetapi perangkat tersebut telah diuji dengan lebih baik dan bertahan lebih lama, kata O’Connor dari OWC. “Layak membayar sedikit lebih banyak. Banyak produk USB dibuat untuk sekali pakai,” katanya.

Intel selama bertahun-tahun berharap untuk menjadikan teknologi Thunderbolt miliknya biasa di antara PC jika tidak seluas USB. Fitur Tiger Lake dan Thunderbolt 4 akan membantu prospeknya.

Hanya saja, jangan berharap itu menggantikan USB.

READ  Preorder iPhone 12 sekarang aktif, tetapi Apple melakukan hal yang berbeda kali ini. Berikut cara membelinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *