Mereka menemukan tata surya yang mirip dengan kita

Mereka menemukan tata surya yang mirip dengan kita

Dua puluh peneliti Eropa ditemukan satu set lima exoplanet yang secara ritmis mengorbit bintang pusat. Kepulauan Canary kembali menjadi berita tentang masalah astronomi berkat penemuan luar biasa yang diamati dari teleskop kuat mereka: sekelompok lima exoplanet, satu koreografi aneh yang berputar di sekitar bintang pusat.

Artinya: ilmu yang bisa kita pimpin tata surya lain yang mirip dengan kita. Penemuan ini menghargai kerja bertahun-tahun dari tim internasional dan interdisipliner 20 ilmuwan oleh Adrien Leleu, peneliti di Universitas Jenewa dan Universitas Bern (Swiss), dengan peneliti dari Institut Astrofisika Kepulauan Canary (IAC).

Set itu diberi nama ANDA-178 dan pertama kali grup menemukannya, pada 2018, 200 tahun cahaya di pematung konstelasiDia mengira bahwa mereka adalah dua planet yang memiliki orbit yang sama untuk mengitari bintang pusat. Namun, mereka memperdalam pengamatan dan menemukan bahwa mereka berdiri di depan mereka Sesuatu yang sama sekali berbeda: “Namun, tidak ada dua planet yang mengorbit bintang pada jarak yang sama planet berbeda dengan ukuran dan massa berbeda dengan konfigurasi yang sangat khusus, “jelas Leleu di kertas diterbitkan dalam jurnal ilmiah Astronomi & Astrofisika.

Exoplanet mengorbit dalam resonansi

Kecuali yang paling dekat dengan bintang pusat, semuanya sebagai tanggapan dan mereka menghormati a tarian ritmis yang menggerakkan mereka di sepanjang jalan mereka. Anda meniru pola berulang Pergeseran gerakan orbitnya, begitu sempurna hingga beberapa planet sejajarkan setiap beberapa belokan.

Dan terjadi menurut rumus berikut: 18: 9: 6: 4: 3. Ini berarti bahwa planet yang paling dekat dengan bintang aksial membuat 18 putaran, planet yang mengikutinya melakukan 9 putaran; dan berikutnya hanya berjalan 6, karena orbitnya yang lebih lebar … dan seterusnya, hingga yang terakhir dan terjauh hanya membuat tiga putaran penuh.

READ  Apa yang Anda tulis di grup WhatsApp Anda berisiko dan kami akan memberi tahu alasannya

Planet ekstrasurya baru mengorbit dalam resonansi, yang berarti mereka menghormati pola matematika dan menyesuaikan diri dengan jumlah belokan tertentu.

Hal serupa terjadi dengan tiga dari bulan paling terkenal di Jupiter: Io, Europa dan Ganymedebergeser di sekitar pusat mereka dalam pola 4: 2: 1.

Namun, hasil tim peneliti di European Southern Observatory (ESO) menunjukkan jauh lebih signifikan dan kompleks dalam hal sistem planet, karena ada enam exoplanet.
Di tata surya kita, planet mengikuti urutan tertentu: planet berbatu dan padat lebih dekat ke bintang pusat dan planet gas dengan kepadatan rendah lebih jauh.

Salah satu planet berbatu dan padat seperti bumi, namun tidak berada dalam zona layak huni

Di TOI-178, salah satu exoplanet di set sangat padat dan terestrial. Itu tepat di sebelah planet dengan ukuran yang sama, tetapi sangat jarang. Ini semacam mini-Jupiter, tetapi di samping yang lain sangat mirip dengan Neptunus.
Masalah ini tidak sepele, karena planet-planet yang menyusun suatu sistem pada umumnya memiliki massa jenis yang berbeda-beda saat bermain dalam sebuah bintang. bencana kosmik.

Namun, tampaknya tidak demikian yang terjadi pada TOI-178. “Orbit sistem ini tertata dengan sangat baik – Menjelaskan Roi Alonso Spanyol, rekan penulis studi dan lulusan IAC, tepatnya dengan pekerjaan pada pendeteksian exoplanet – yang menunjukkan bahwa sistem ini berkembang cukup lancar sejak kelahirannya “.
Itu harmoni koreografi gerakan orbital dan kepadatan planet yang berantakan berwarna hitam dan putihSebuah kontras yang semakin menantang kecerdasan para peneliti yang ingin menjawab bagaimana planet terbentuk dan berkembang.

Tak satu pun dari enam exoplanet di TOI-178 berada di zona layak huni sang bintang. Artinya, mereka tidak memiliki radiasi insiden yang memungkinkan hal ini terjadi Adanya air cair di permukaan berbatu.
Namun, para peneliti menemukan enam planet yang dipandu oleh matematika murni: kelanjutan dari rantai resonansi. Artinya itu Mereka dapat menemukan planet lain yang mungkin ada di zona layak huni ini atau sangat dekat. Itu artinya mereka punya kehidupan.

READ  Microsoft menawarkan pengembalian uang Cyberpunk 2077 untuk semua penjualan digital, tetapi itu tidak menarik permainan

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut