MAS meresmikan pemerintahan sayap kanan di Bolivia

MAS meresmikan pemerintahan sayap kanan di Bolivia

Luis Arce, dari Movimiento al Socialismo (MAS), menjabat sebagai presiden Bolivia Minggu lalu. Upacara pelantikan dihadiri oleh para pemimpin dunia, termasuk Raja Spanyol Philip VI dan wakil presiden Podemos Pablo Iglesias, perwakilan dari pemerintah AS dan Iran, serta berbagai pemimpin Amerika Latin.

Upacara itu juga membawa ribuan orang ke Plaza Murillo di ibu kota La Paz, termasuk delegasi serikat pekerja, gerakan sosial, dan masyarakat adat dari berbagai bagian Bolivia.

Dalam pidato pengukuhannya, Arce menyebutkan orang-orang yang tewas dalam pembantaian Senkata dan Sacaba setahun yang lalu, yang ditinggalkan oleh MAS saat mereka berperang melawan kudeta yang menggulingkan Presiden Evo Morales. Dia juga memberi hormat kepada para pemilihnya, dalam kata-katanya, “pahlawan rakyat yang telah memulihkan demokrasi.”

Presiden terpilih, yang merupakan menteri ekonomi di pemerintahan Morales dari 2006 hingga 2017, menyerang rezim kudeta Jeanine Áñez karena menjerumuskan ekonomi Bolivia ke dalam “resesi yang dalam.” Dia berkata bahwa dia telah memimpin Bolivia dari “kepemimpinan pertumbuhan ekonomi di Amerika Selatan” ke “penurunan terkuat dalam perekonomian dalam 40 tahun terakhir.”

Dia mengakhiri pidatonya dengan menegaskan kembali komitmennya tidak hanya untuk amnesti bagi sektor borjuis yang memimpin kudeta, tetapi untuk memerintah bersama mereka:

“Terlepas dari perbedaan kami, kami memiliki kewajiban untuk memenuhi tuntutan rakyat akan persatuan, perdamaian dan kepastian … Saya percaya dan mendukung penguatan lembaga negara dan penciptaan lingkungan yang aman dan stabil di mana satu-satunya yang yang harus ditakuti adalah pelanggar, penjahat, pelaku kekerasan dan mereka yang melakukan tindakan korupsi. “

Evo Morales (Sumber: www.kremlin.ru)

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut