Terbukti 90% Efektif, Menko Airlangga Kirim Sinyal RI Beli Vaksin Pfizer : Okezone Economy

Terbukti 90% Efektif, Menko Airlangga Kirim Sinyal RI Beli Vaksin Pfizer : Okezone Economy

JAKARTA – Pembuat obat di AS, Pfizer dan mitranya dari Jerman, BioNTech mengatakan uji coba skala besar vaksin yang mereka uji menunjukkan lebih dari 90% efektif dalam mencegah Covid-19. Pfizer dan BioNTech mengungkapkan bahwa sejauh ini tidak ditemukan masalah keamanan yang serius selama menggunakan vaksin tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah masih belum memasukan vaksin Pfizer sebagai salah satu vaksin yang akan digunakan dan dibeli. Karena perusahaan Amerika Serikat belum terikat kerjasama dengan Indonesia.

Baca juga: Usai Vaksin Covid-19 Ditemukan, Apakah Kehidupan Bisa Kembali Normal?

Meskipun begitu, pemerintah sudah menyiapkan beberapa pilihan vaksin lainya yang saat ini juga sedang dilakukan uji klinis. Salah satunya adalah kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan perusahaan farmasi AstraZeneca untuk ketersediaan vaksin.

“Indonesia tentunya salah satu dari berbagai vaksin itu dipertimbangkan tapi kita belum memasukan Pfizer sebagai salah satu,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (10/11/2020).

Meskipun begitu lanjut Airlangga, tidak menutup kemungkinan jika pemerintah akan menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Amerika Serikat tersebut. Namun hal tersebut harus terlebuh dahulu didiskusikan dengan kementerian dan lembaga terkait.

“Ini disiapkan untuk menjadi bagian berikutnya karena masih banyak yang dibahas terkait pengadaan vaksin,” jelasnya.

Seperti diketahui, kabar terbaru tentang vaksin Covid-19 dirilis Pfizer. Sebab, perusahaan farmasi itu menyatakan bahwa vaksin Covid-19 yang mereka uji diklaim 90% efektif menangkal virus SARS-CoV2.

Informasi dari Pfizer itu bahkan disebut sebagai ‘great day for science and humanity’ atau ‘hari yang luar biasa bagi sains dan kemanusiaan’. Sebab, kabar tersebut dinilai melampaui harapan para ahli mengenai vaksin Covid-19.

READ  Klasemen Liga Inggris dan Jadwal Live untuk Pekan Kelima

Pembuatan vaksin Covid-19 Pfizer sendiri melibatkan pihak lain yaitu perusahaan bioteknologi Jerman, BioNTech. Uji klinis vaksin ini melibatkan 43.500 orang di enam negara dan kesemuanya tidak ada laporan soal masalah keamanan.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut