Meng Wanzhou: PowerPoint yang memicu perselisihan internasional

Hak cipta gambar
Getty Images

Keterangan gambar

Sidang ekstradisi eksekutif Huawei Meng Wanzhou akan dilanjutkan

Ketika penerbangan Meng Wanzhou mendarat di Vancouver pada 1 Desember 2018, dia berharap untuk singgah sebentar saja. Tetapi hampir dua tahun kemudian, kepala keuangan Huawei dan putri pendiri raksasa telekomunikasi itu tampaknya akan tinggal lebih lama – menempatkan tekanan besar pada hubungan antara Kanada dan China.

Putaran sidang berikutnya dalam pertarungan hukum yang berlarut-larut atas ekstradisi dia ke AS dimulai pada hari Senin.

Mereka yang terlibat mengatakan seluruh proses dapat berlarut-larut selama satu dekade, membuat Kanada terjebak dalam ketegangan yang meningkat antara Washington dan Beijing, yang berfokus pada salah satu perusahaan paling terkemuka di China.

Di tengah cerita adalah presentasi PowerPoint perusahaan setebal enam belas halaman.

Persinggahan dan penangkapan di Vancouver

Ketika pesawatnya dari Hong Kong mendarat, Meng Wanzhou berencana pergi ke sebuah rumah miliknya di kota Kanada untuk mengambil beberapa barang bawaan sebelum mengejar penerbangan lain ke Meksiko untuk rapat perusahaan.

  • Meng Wanzhou: Terjebak dalam sangkar berlapis emas
  • Meng Huawei merinci kehidupan dengan jaminan di Kanada

Tetapi sebaliknya dia diinterogasi oleh agen keamanan perbatasan Kanada selama tiga jam karena teleponnya disita dan bagasi digeledah.

Hak cipta gambar
Getty Images

Keterangan gambar

Meng Wanzhou telah hidup dalam tahanan rumah di Vancouver

Setelah selesai, dia secara resmi diterima di Kanada. Pada titik inilah Royal Canadian Mounted Police pindah dan menangkapnya karena permintaan ekstradisi yang diajukan oleh AS.

AS ingin Meng diadili atas tuduhan termasuk penipuan terkait dengan dugaan pelanggaran sanksi AS terhadap Iran, tuduhan yang dia bantah.

PowerPoint di jantung kasus ini

PowerPoint tersebut digunakan oleh Meng pada pertemuan dengan bank HSBC pada 22 Agustus 2013, dan dipandang sebagai bukti kunci yang memberatkannya.

Laporan berita Reuters pada bulan-bulan sebelumnya telah menimbulkan pertanyaan tentang apakah telah terjadi pelanggaran sanksi perdagangan terhadap Iran oleh perusahaan Skycom yang berbasis di Hong Kong.

Yang menjadi masalah adalah apakah Skycom, penjual peralatan telekomunikasi, hanyalah mitra bisnis Huawei – atau kedok untuk menyembunyikan aktivitasnya di Iran.

AS menuduh bahwa dalam pertemuan itu – yang berisi presentasi PowerPoint – Meng menyesatkan HSBC atas sifat sebenarnya dari hubungan Huawei dengan Skycom dan ini, pada gilirannya, menempatkan bank pada risiko melanggar sanksi terhadap Iran.

Pengacaranya mengatakan AS menyesatkan pengadilan, khususnya tentang PowerPoint, dengan menghilangkan informasi penting pada dua slide yang menunjukkan bahwa HSBC sebenarnya tidak merahasiakan sifat sebenarnya dari hubungan Skycom / Huawei.

Pengacara Meng memulai pertarungan hukum

Sidang ekstradisi sedang berlangsung, dan pengacara Meng telah melancarkan serangan multi-cabang terhadap permintaan ekstradisi AS itu sendiri.

Hak cipta gambar
AFP melalui Getty Images

Keterangan gambar

Pengacara Meng Wanzhou menentang ekstradisinya

Sebuah upaya awal untuk mengklaim bahwa kejahatan yang dituduhkan padanya di AS bukanlah kejahatan di Kanada gagal (meskipun itu bisa naik banding).

Tantangan lain berpusat pada politik di sekitar kasus tersebut.

Pengacaranya mengklaim bahwa komentar Presiden AS Donald Trump, yang menunjukkan kesediaan untuk menggunakan kasus ini sebagai alat tawar-menawar dalam negosiasi perdagangan dengan China, merupakan penyalahgunaan proses.

Tantangan lebih lanjut berkaitan dengan perawatannya di bandara di Vancouver. Pengacaranya membantah ada penyalahgunaan proses dalam cara dia diperlakukan.

Mereka berjuang agar dokumen tertentu diungkapkan, termasuk dari Badan Intelijen Keamanan Kanada, sebuah badan intelijen nasional, dan berusaha mengungkap peran apa yang mungkin dimainkan pejabat AS dalam penangkapannya pada saat itu.

Seorang hakim telah menolak permintaan beberapa dokumen, yang pada gilirannya dapat diajukan banding.

Akibat dari semua ini adalah proses hukum yang akan membuat para pengacara sibuk tetapi tidak mungkin bergerak cepat.

Hak cipta gambar
Getty Images

Keterangan gambar

Kasus Meng Wanzhou sedang diawasi dengan ketat di Kanada dan luar negeri

Preferensi pengacara Meng jelas bagi mereka untuk menang dan membawanya kembali ke China secepat mungkin. Tetapi jika itu tampaknya tidak mungkin dan mereka menderita serangkaian kekalahan, mereka dapat beralih untuk mencegahnya dikirim ke AS, yang akan melibatkan penarikan proses hukum.

Dengan begitu banyak untaian yang berbeda untuk kasus yang sudah sangat tidak biasa, dan kemungkinan banding, perkiraan terbaik dari beberapa kasus yang mendekati adalah bahwa ini bisa memakan waktu setidaknya lima dan hingga 10 tahun.

Dampak geopolitik

Sementara proses hukum berjalan, dampak dari kasus tersebut telah menyebar jauh dan luas.

Penangkapan seorang tokoh bisnis terkenal seperti itu menyebabkan kemarahan di China, dan bulan ini duta besar negara itu mengatakan Kanada telah “dimanfaatkan” dan dijadikan “kaki tangan” oleh Amerika ketika Washington melakukan “tindakan biadab dari penindasan”. .

HSBC berada dalam posisi yang sulit dengan media China mempertanyakan sejauh mana bank tersebut bekerja sama dengan AS dalam membangun kasus yang mereka gambarkan sebagai jebakan yang didorong secara politik.

Keterangan gambar

Bank HSBC pun terjerat kasus tersebut

Bank tersebut, yang telah terjebak di antara Barat dan China atas pendiriannya di Hong Kong, telah menyatakan bahwa bank tersebut hanya melakukan apa yang diwajibkan secara hukum dan bahwa tidak ada jebakan.

Kasus ini juga menimbulkan pertanyaan yang lebih luas tentang negara mana yang dapat menahan eksekutif bisnis jika mereka menerima permintaan dari AS. Itu mungkin mengkhawatirkan para eksekutif Huawei dan membatasi perjalanan mereka, serta mengkhawatirkan pemerintah yang dapat terjebak di antara AS dan China.

Dan itu telah menimbulkan kekhawatiran bahwa pengusaha Barat dan pelancong lain dapat ditahan oleh China untuk digunakan sebagai alat tawar-menawar.

Dua orang Kanada ditahan beberapa hari setelah penangkapan Meng. Michael Kovrig, mantan diplomat, dan Michael Spavor, seorang pengusaha, kemudian dituduh sebagai mata-mata.

China membantah ada kaitan apa pun, tetapi penahanan pasangan itu telah secara luas ditafsirkan sebagai tanggapan langsung atas penangkapan Meng.

Hak cipta gambar
Getty Images

Keterangan gambar

PM Kanada Justin Trudeau menyebut penahanan ‘Two Michaels’ itu sewenang-wenang

Bulan ini sekelompok mantan diplomat Kanada meminta Perdana Menteri Justin Trudeau untuk merundingkan pertukaran Meng dengan kedua pria tersebut.

Trudeau sebelumnya mengkritik penggunaan “penahanan sewenang-wenang sebagai alat untuk mencapai tujuan politik” dan mengatakan bahwa menghentikan ekstradisinya dapat menempatkan lebih banyak warga Kanada dalam risiko.

Kanada khawatir akan dianggap didorong ke dalam proses hukum yang pendek, dan juga sadar bahwa ini dapat berisiko menimbulkan kemarahan pemerintahan Trump, yang diatur pada garis yang lebih keras di China.

Washington tampaknya tidak mungkin pada saat ini untuk membatalkan kasusnya pada perkelahiannya, serangan multi-cabang terhadap Huawei secara khusus dan China secara lebih umum.

Dinamika politik bisa saja berubah seiring waktu, termasuk setelah pemilihan presiden AS pada November.

Tetapi untuk saat ini, masa tinggal Meng di Kanada tidak menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir – atau menjadi kurang kontroversial.

READ  Sehari sebelum perjalanan Thanksgiving mencapai puncak tertinggi sejak Maret

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *