Kekuatan AS jatuh di Asia-Pasifik: Lowy Institute

Kekuatan AS jatuh di Asia-Pasifik: Lowy Institute

PASANG SURUT:
Indeks Kekuatan Asia tahunan institut itu mengatakan bahwa Taiwan tahun ini telah menyaksikan salah satu keuntungan terbesar dalam pengaruh diplomatik

AS tetap menjadi kekuatan teratas di Indo-Pasifik, tetapi telah mengalami penurunan relatif terbesar dalam posisinya di kawasan selama setahun terakhir, sebagian karena hilangnya prestise atas kesalahan penanganan COVID-19, the Lowy Institute’s Asia Power. Indeks menunjukkan.

Merilis hasil tahunan terbaru kemarin, lembaga pemikir kebijakan luar negeri yang berbasis di Australia mengatakan meski posisi China telah terhenti, China tetap di tempat kedua dan diyakini berada di jalur yang tepat untuk menyamai AS pada akhir dekade ini.

Australia adalah salah satu dari sedikit negara yang memperoleh sejumlah kekuatan komprehensif tahun ini, melampaui Korea Selatan sebagai negara terkuat keenam di kawasan itu, dibantu oleh pertumbuhan pengaruh budaya kawasan dan perluasan kerja sama pertahanan.

Foto: David Chang, EPA-EFE

Taiwan (peringkat 14) dan Vietnam (peringkat 12) juga meningkat.

“Tahun ini kami telah melihat akselerasi dalam pergantian tenaga, tetapi lebih didorong oleh kinerja yang kurang dari apa pun,” direktur proyek Herve Lemahieu mengatakan kepada Guardian Australia. Itu sebagai konsekuensi langsung dari pandemi.

Penanganan pandemi COVID-19 yang kompeten oleh Taiwan, Vietnam dan Australia “adalah suatu keharusan, tetapi bukan satu-satunya syarat” untuk meningkatkan kedudukan regional mereka, kata laporan lembaga itu.

Indeks tahunan bertujuan untuk memberikan gambaran tentang perubahan pengaruh di kawasan Indo-Pasifik yang berubah cepat, memeringkat 26 negara dan wilayah berdasarkan keseluruhan kekuatan yang mereka miliki.

Skor tersebut didasarkan pada 128 indikator, termasuk tiga indikator baru yang ditambahkan tahun ini untuk melacak persepsi penanganan pandemi, ancaman ekologi utama, dan dialog pertahanan.

READ  Perbatasan Australia Barat dibuka kembali ke New South Wales dan Victoria setelah penutupan sembilan bulan karena pandemi virus corona

Sementara peralihan kekuasaan “terjadi hanya secara perlahan di luar masa perang,” pandemi telah memicu “perlombaan ke dasar,” dengan 18 negara di kawasan Indo-Pasifik mengalami pergeseran penurunan yang signifikan dalam kekuatan relatif mereka, kata laporan itu.

Insting sepihak pemerintahan Presiden AS Donald Trump adalah salah satu alasan mengapa AS kurang berprestasi melawan kemampuannya untuk menggunakan kekuatan berbasis luas di Asia, katanya.

“Amerika telah menderita pukulan reputasi terbesar di kawasan itu untuk penanganan domestik dan internasional pandemi COVID-19,” kata laporan itu. “Hasilnya adalah pengingat yang kuat bahwa legitimasi dan kepemimpinan di panggung dunia dimulai dengan kapasitas para pemimpin untuk memerintah dengan baik di dalam negeri.”

Laporan tersebut mengatakan bahwa Taiwan memiliki salah satu keuntungan terbesar dalam pengaruh diplomatik (+9.0), tetapi kehilangan poin terbanyak dalam ketahanan (-0.9). Itu juga meningkat dalam pengaruh budaya (+1.1), sumber daya masa depan (+0.8) dan hubungan ekonomi (+0.4), sementara kecenderungan menurun dalam kemampuan ekonomi (-0.9), jaringan pertahanan (-0.6) dan kemampuan militer (-0.2).

“Taiwan memiliki pengaruh yang lebih sedikit di kawasan itu daripada yang diharapkan mengingat sumber dayanya yang tersedia, seperti yang ditunjukkan oleh skor kesenjangan kekuatan negatif negara itu. Sementara Taiwan adalah negara yang kurang berprestasi di Asia, kesenjangan kekuatan negatifnya membaik pada tahun 2020, ”kata laporan itu.

Pelaporan tambahan oleh staf penulis

Komentar akan dimoderasi. Jaga agar komentar tetap relevan dengan artikel. Komentar yang mengandung bahasa yang kasar dan tidak senonoh, serangan pribadi dalam bentuk apa pun atau promosi akan dihapus dan pengguna diblokir. Keputusan akhir akan menjadi kebijakan Taipei Times.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut