Cara mengganti laptop Windows lama ke Linux

Cara mengganti laptop Windows lama ke Linux

Oleh pemerintah federal Program Analisis Digital (DAP) hitung pada Oktober 2020, 3,2 persen pengguna komputer masih menggunakan Windows 7 – meskipun Microsoft tidak lagi mendukungnya secara gratis. Jika Anda memiliki sistem yang lebih lama tetapi khawatir tidak akan mendukung Windows 10 – atau jika Anda tidak ingin lagi menggunakan Windows – saya punya saran: Beralih ke Linux desktop.

Desktop Linux dapat berjalan di laptop dan desktop Windows 7 (dan yang lebih lama). Mesin yang akan bengkok dan rusak di bawah beban Windows 10 akan bekerja dengan sangat baik. Dan distribusi Linux desktop saat ini semudah digunakan Windows atau macOS.

Dan jika Anda khawatir dapat menjalankan aplikasi Windows – jangan. Misalnya, Anda dapat menjalankan secara gratis Office Online, yang hadir dengan versi terbatas Word, Excel, dan PowerPoint di Linux. Teams sekarang berjalan di Linux. Skype telah lama tersedia di Linux. Dan Microsoft mengekspor browser web Edge barunya ke Linux. Paket lengkap Office 365 akan segera hadir di Linux – hanya masalah kapan.

Untuk semua kebutuhan perangkat lunak desktop Anda yang lain, biasanya ada program sumber terbuka gratis yang dapat melakukan pekerjaan yang sama baiknya. Gimp, misalnya, alih-alih Photoshop. Atau Thunderbird untuk email, bukan Outlook. Untuk office suite yang lengkap, saya sangat merekomendasikan LibreOffice.

Anda dapat menjalankan banyak program Windows asli di Linux menggunakan Anggur. Ini mungkin sulit untuk disiapkan, tetapi saudara komersialnya, Linux Crossover CodeWeaver, mempermudah penyiapan banyak program berpemilik, termasuk game.

Jika itu tidak berhasil untuk program khusus Windows di kantor Anda, Anda selalu dapat tetap menjalankan Windows 7, dengan bahaya yang jauh lebih kecil, pada mesin virtual (VM) di Linux. Untuk pekerjaan ini, saya merekomendasikan Oracle Great Free VirtualBox Program VM.

READ  Yang kami beli: Pengisi daya USB-C favorit kami

Linux yang mana?

Ada ratusan distribusi desktop Linux (dikenal sebagai distro) di luar sana. Yang paling terkenal termasuk distro seperti Debian, openSUSE, dan Ubuntu. Tetapi untuk tujuan kami, saya akan memberi tahu Anda cara menginstal Linux Mint.

Antarmuka Cinnamon default Mint terlihat dan berfungsi sangat mirip dengan Windows 7.

Selain menjadi favorit Linux desktop pribadi saya, ini berfungsi dengan baik untuk pengguna Windows. Itu karena Antarmuka Cinnamon default Mint terlihat dan bekerja sangat mirip dengan antarmuka Aero Windows 7. Tentu, ada kurva belajar, tetapi saya merasa lebih mudah untuk mengambilnya daripada desktop Windows 10.

Keuntungan lain, yang dimiliki Mint dengan distro Linux lainnya, adalah berjalan pada perangkat keras berdaya rendah. Anda dapat menjalankan Mint di PC Windows 7 mana pun. Yang dibutuhkan Linux Mint adalah prosesor x86, RAM 1GB (Anda akan lebih senang dengan 2GB atau 4GB), ruang disk 15GB, kartu grafis yang berfungsi pada resolusi 1024 x 768, dan drive CD / DVD atau USB Pelabuhan. Itu dia. Heck, Anda dapat menjalankan Mint di hampir semua PC Windows XP, jika Anda memilikinya.

Mint, seperti desktop Linux lainnya, benar-benar gratis. Ini tidak akan dikenakan biaya sepeser pun.

Tetapi bagaimana jika Anda tidak menyukainya? Itu juga tidak perlu dikhawatirkan. Anda dapat mencoba Mint, dan jika itu bukan secangkir teh Anda, Anda cukup reboot kembali ke Windows, dan selesai. Tidak ada salahnya, tidak busuk.

Jadi mari kita mulai. Pertama, saya akan menunjukkan cara mencoba Mint, lalu cara menginstalnya di komputer Anda.

Coba Mint out

Unduh Mint

Pertama, unduh file Mint ISO. Ini adalah gambar sistem operasi Mint yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan atau menginstal sistem operasi. Ini sekitar 1,8 GB, jadi mungkin perlu beberapa saat untuk mengunduh.

Pertama, unduh Linux Mint.

Pertama, unduh Linux Mint.

Anda diberi pilihan desktop. Untuk desktop Linux pertama Anda, saya sarankan menggunakan desktop Cinnamon yang populer. Setelah Anda mengetahui lebih banyak tentang Linux, dan jika Anda ingin menjelajah, Anda dapat mencoba salah satu dari yang lain.

Bakar file Mint ISO ke DVD atau drive USB

Anda akan membutuhkan program pembakar ISO. Saya merekomendasikan program freeware ImgBurn untuk DVD atau LinuxLive USB Creator untuk drive USB. Pilihan bagus lainnya adalah Yumi untuk Windows atau UNetbootin.

Anda akan membutuhkan program pembakar ISO seperti Linux Live USB Creator

Anda akan membutuhkan program pembakar ISO seperti Linux Live USB Creator
Tangkapan layar: Linux Live USB Creator

Setelah Anda menginstal program burner pada sistem Windows Anda bersama dengan file ISO Linux Mint, gunakan itu untuk membakar image ke drive USB. Catatan: meskipun Anda dapat menginstal Mint di sistem lama menggunakan DVD, prosesnya sangat lambat. Dan jika Anda perlu menggunakan DVD, periksa dulu disk Anda yang baru dibakar apakah ada kesalahan.

Saat Anda membuat drive USB, Anda akan diberi opsi untuk mengaturnya dengan penyimpanan persisten. Dengan opsi ini, Anda dapat mengalokasikan hingga setengah dari penyimpanan Anda untuk file overlay persisten. Ini memungkinkan Anda menyimpan program, file, pengaturan baru, atau apa pun, hanya jika file overlay itu adalah hard drive mini. Dengan cara ini, Anda dapat menendang ban Mint tanpa menginstal apa pun atau mengubah apa pun di PC Anda. Jika Anda tidak menyukainya, Anda tidak akan kehilangan apa pun kecuali beberapa waktu.

Hal berguna lainnya tentang metode ini adalah jika ternyata Anda menyukai Mint, Anda dapat menggunakan drive USB sebagai komputer saku praktis. Selain Mint, Anda juga dapat menggunakannya untuk menyimpan program, file, dan pengaturan desktop Anda sendiri. Dengan cara ini, Anda memiliki Mint kemanapun Anda pergi dan Anda dapat dengan mudah menggunakan komputer publik mana pun dengan aman dengan sistem operasi dan program Anda sendiri.

Siapkan PC Anda untuk boot alternatif

Sekarang Anda akan me-reboot sistem Anda, tetapi hentikan proses boot-up sebelum Windows muncul sehingga Anda dapat mengakses PC Anda UEFI atau pengaturan BIOS. Bagaimana Anda melakukan ini tergantung pada sistem Anda.

Hal terbaik adalah melakukan pencarian Google untuk PC atau laptop merek tertentu Anda dan “UEFI” (atau, dengan PC yang lebih lama, merek komputer Anda dan “BIOS”). Misalnya, dengan PC Dell, Anda menekan tombol F2 untuk masuk ke pengaturan sistem; dengan HP, Anda mengetuk tombol Escape sekali sedetik; dan pada sistem Lenovo, Anda mengetuk (Fn +) F2 atau (Fn +) tombol F1 lima hingga 10 kali setelah tombol power-on ditekan untuk masuk ke pengaturan sistem.

Setelah Anda masuk ke BIOS atau UEFI, cari pilihan menu berlabel “Boot”, “Opsi Booting”, atau “Urutan Booting”. Jika Anda tidak melihat apa pun dengan kata “boot” di dalamnya, periksa pilihan menu lain, seperti “Opsi Lanjutan”, “Fitur BIOS Lanjutan”, atau “Opsi Lain”. Setelah Anda menemukannya, atur urutan boot sehingga, alih-alih mem-boot dari hard drive terlebih dahulu, Anda melakukan boot dari drive optik atau dari drive USB.

Boot Linux Mint

Setelah PC Anda diatur untuk boot dari drive alternatif, masukkan DVD atau drive USB Anda, reboot, dan pilih “Mulai Linux Mint” dari menu pertama. Sebentar lagi, Anda akan menjalankan Linux Mint.

Anda dapat menjalankan Mint dari drive USB eksternal.

Anda dapat menjalankan Mint dari drive USB eksternal.

Cobalah Mint

Luangkan beberapa hari jika Anda suka. Jendela masih ada. Setiap kali Anda reboot tanpa drive, itu akan langsung kembali ke Windows.

Seperti yang kau lihat? Kemudian mari instal Mint di PC Anda.

Instal Linux Mint

Seperti peningkatan serius lainnya, mulailah dengan membuat cadangan lengkap sistem Windows Anda. Menginstal Linux seharusnya tidak mengganggu pengaturan Windows Anda, tetapi saya tidak percaya mengambil risiko.

Dulu menginstal Linux pada PC Windows yang dimuat dengan UEFI dan Boot Aman (standar yang memastikan Anda hanya mem-boot perangkat lunak yang disetujui) sangat merepotkan. Hari-hari ini tidak menjadi masalah. Tetapi jika karena alasan tertentu, Anda tidak dapat menginstal Mint dengan Secure Boot yang berjalan di PC Anda, Anda selalu dapat mematikan Secure Boot. Ada banyak cara mematikan Secure Boot. Semua melibatkan pergi ke panel kontrol UEFI selama proses boot dan mematikannya.

Sekarang, mari kita lanjutkan dengan penginstalan yang sebenarnya.

Pastikan PC Anda terhubung

Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi menginstal sistem operasi akan memberikan komputer Anda latihan yang nyata, dan hal terakhir yang Anda inginkan adalah kehabisan daya baterai saat sedang menginstal Linux Mint. Anda juga memerlukan koneksi internet (semakin cepat semakin baik) dan setidaknya 8GB ruang disk kosong.

Siapkan partisi untuk Linux Mint dari Windows

Untuk memastikan Anda memiliki cukup ruang, Anda mungkin ingin kembali ke Windows, masuk sebagai administrator, dan menggunakan manajer disk untuk mengecilkan partisi utama C: disk untuk memberi ruang bagi partisi Linux. Anda dapat bertahan hanya dengan 15GB tetapi saya lebih suka memberi Linux setidaknya 100 GB. Lalu saya reboot ke Linux.

Gunakan pengelola disk Windows untuk memastikan Anda memiliki setidaknya 15GB (lebih banyak lebih baik) untuk partisi Linux Anda.

Gunakan pengelola disk Windows untuk memastikan Anda memiliki setidaknya 15GB (lebih banyak lebih baik) untuk partisi Linux Anda.

Boot ke Linux

Setelah Mint ditampilkan, salah satu pilihan ikon Anda di sebelah kiri adalah menginstal Mint. Klik dua kali, dan Anda akan segera melanjutkan.

Beri nama sistem Anda, ID pengguna Anda, dan setel kata sandi Anda

Dalam perjalanan penyiapan Anda, Anda akan diminta untuk memilih tata letak keyboard, memberi nama sistem Anda, memilih nama pengguna untuk Anda sendiri, dan membuat kata sandi. Anda juga dapat memilih untuk mengenkripsi direktori home Anda agar file relatif aman dari pengintaian.

Sebagian besar keputusan ini sederhana. Satu-satunya pilihan penting adalah bagaimana mempartisi hard drive Anda. Ini bisa sangat menyakitkan. Tetapi karena kami telah melakukannya di Windows sebelumnya, Anda tidak perlu khawatir tentang itu di sini. Dalam kasus ini, pilih opsi pertama pada menu Jenis Instalasi yang berbunyi: “Instal Linux Mint bersama mereka.”

Selesai, Anda akan melihat layar seperti di bawah ini.

Pilih partisi Linux Anda.

Pilih partisi Linux Anda.

Selanjutnya, Anda harus memilih sistem file mana yang akan digunakan untuk Linux. Pilihan paling populer adalah Ext 4. Anda juga harus memilih titik mount, direktori root Linux akan dimulai. Di sini, saya sarankan Anda melakukan apa yang saya lakukan dan memilih “/” umum untuk titik pemasangan Anda.

Siapkan snapshot sistem

Menu pengaturan Mint 20 memungkinkan Anda untuk mengatur file snapshot sistem dengan Timeshift. Dengan cara ini, jika terjadi kesalahan, Anda dapat memulihkan file sistem Anda dan mengembalikan sistem yang berfungsi. Saya sangat merekomendasikan melakukan ini. Saat Anda melakukannya, atur jadwal Timeshift reguler. Saya mengatur milik saya pada jadwal mingguan.

Periksa driver tambahan

Selanjutnya, periksa untuk melihat apakah komputer Anda memerlukan driver tambahan. Untuk melakukan ini, buka menu aplikasi, cari “Driver Manager”, dan jalankan program. Ini akan memeriksa sistem Anda dan mencari driver perangkat keras baru atau yang hilang – biasanya, ini untuk kartu grafis atau chipset Wi-Fi. Sebaiknya lakukan ini meskipun Anda memiliki laptop yang sepenuhnya vanilla dan generik. Jika Driver Manager menemukan pembaruan yang sesuai, langsung saja dan instal.

Anda juga dapat menginstal codec multimedia berpemilik seperti driver untuk menonton video. Saya sarankan Anda melakukan ini juga.

Perbarui Mint ke versi terbaru

Anda juga harus mengaturnya untuk memperbarui sistem Anda ke versi Mint terbaru. Tidak seperti Windows, ketika Anda memperbarui Mint, Anda memperbarui tidak hanya sistem operasi Anda tetapi semua program yang Anda instal. Ini termasuk browser web Anda, office suite, dan program lain yang telah Anda instal dengan Manajer Perangkat Lunak Mint yang mudah digunakan.

Untuk memperbarui sistem Anda, klik ikon perisai bilah menu. Secara default, Anda akan menemukan bilah menu di bagian bawah layar, dengan ikon pembaruan perisai di sebelah kanan. Setelah diklik, ia akan menanyakan kata sandi Anda dan menanyakan apakah Anda benar-benar ingin memperbarui sistem Anda. Masukkan kata sandi Anda, katakan ya, dan setelah diperbarui, Anda akan siap untuk menggunakan sistem Mint terbaru Anda.

Rutin pengaturan juga menawarkan untuk membiarkan Anda melihat pengaturan sistem dan menemukan program baru dengan Manajer Perangkat Lunak, tetapi karena Anda mungkin pengguna baru, Anda dapat melewati itu untuk saat ini.

Setel ulang komputer Anda untuk boot dari drive utama Anda

Terakhir, kembali ke awal dan setel ulang sistem Anda untuk boot dari hard drive Anda. Kemudian, saat Anda melakukan booting lagi, Anda akan diberikan pilihan untuk sistem operasi mana Anda ingin boot. Apa pun yang Anda pilih, Anda akan mendapatkan beberapa detik untuk beralih ke sistem operasi lain.

Dan itu dia. Anda siap untuk pergi. Saya telah menginstal Linux ratusan kali, dan saya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mulai mengunduh (berkat koneksi internet 400Mbps) untuk beralih dari PC Windows ke menjalankan Mint di komputer saya. Jika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya, berikan waktu beberapa jam untuk pekerjaan itu, untuk berjaga-jaga.

Saya menjalankan Windows, beberapa distro Linux, dan macOS. Tetapi saya menghabiskan hampir semua waktu desktop saya di Linux Mint. Anda mungkin tidak jatuh cinta dengan Linux secepat yang saya lakukan ketika saya beralih dari Windows 3.1 pada tahun 1993, tetapi jika Anda memberikan kesempatan, saya rasa Anda akan menyukai Linux seperti saya.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut