Satu-satunya gerhana matahari total tahun 2020 sedang terjadi minggu ini. Berikut cara menontonnya dari mana saja.

Satu-satunya gerhana matahari total tahun 2020 sedang terjadi minggu ini.  Berikut cara menontonnya dari mana saja.

Satu-satunya total gerhana matahari tahun ini tiba minggu ini. Pada hari Senin, 14 Desember, para pengamat langit yang beruntung akan memiliki kesempatan untuk melihat peristiwa angkasa yang spektakuler, ketika bulan baru sepenuhnya menutupi matahari, menciptakan kegelapan sementara selama apa NASA menyebut “salah satu pemandangan alam yang paling menakjubkan.”

Saat bulan menutupi matahari sepenuhnya, atmosfer matahari – yang disebut korona – dapat terlihat. Tahun ini, bertepatan dengan tahun yang mengesankan Hujan meteor Geminids.

Sayangnya, ini gerhana matahari hanya akan melacak sebagian Amerika Selatan, jadi relatif sedikit orang yang dapat menontonnya secara langsung. Namun, beberapa siaran langsung dari acara tersebut akan memastikan para astronom amatir yang bersemangat memiliki kesempatan untuk melihat gerhana, di mana pun Anda berada.

Bagaimana cara menonton

Gerhana akan terlihat di Amerika Selatan, khususnya di wilayah tertentu di Chili dan Argentina. Menurut NASA, jalur akan membentang dari Saavedra, Chili ke Salina del Eje, Argentina.

Selain itu, kapal yang terletak di beberapa bagian samudra Pasifik dan Atlantik juga akan memiliki kesempatan untuk menyaksikan acara tersebut.

Di luar jalur sempit totalitas, sebagian orang masih bisa melihat gerhana sebagian – di mana bulan menutupi sebagian cakram matahari. Untuk mengetahui apakah Anda berada di sepanjang jalur ini, periksa Peta NASA.

Bagi yang melihat gerhana secara langsung, ada beberapa Tindakan pengamanan mengikuti. Jangan pernah melihat langsung ke matahari, dan pastikan untuk memakai kacamata gerhana matahari untuk melindungi mata Anda – kacamata hitam biasa saja tidak cukup.

Siapa pun yang berada di garis tengah jalur totalitas memiliki waktu sekitar 2 menit 10 detik hingga totalitas untuk melihat gerhana total dalam kondisi cuaca cerah.

Bagi mereka yang berada di tempat lain di dunia, NASA TV akan menyiarkan langsung gerhana dari Pontificia Universidad Católica de Chile melalui teleskop di Observatorium Pengajaran. Pertunjukan dimulai pada 9:40 ET, dengan program yang dinarasikan dalam bahasa Spanyol pada 10:30 ET dan gerhana total ditetapkan pada 11:02 ET. Awas sini.

Streaming langsung akan menampilkan pemandangan gerhana secara real-time dan diskusi dengan dua ilmuwan NASA, Yari Collado-Vega dan Bea Gallardo-Lacourt, menjelaskan bagaimana para peneliti menggunakan gerhana untuk mempelajari matahari.

Waktu dan tanggal juga menyelenggarakan streaming langsung, dari gunung berapi Villarrica di Chili mulai pukul 9:30 ET.

Gerhana matahari total berikutnya tidak akan datang hingga 4 Desember 2021. Untungnya tahun 2020 masih menyimpan satu fenomena langit terakhir: hubungan yang bagus Jupiter dan Saturnus pada 21 Desember.

READ  Negara-negara NJ ini melihat kasus COVID-19 paling baru minggu ini. Lihat bagaimana nasibmu.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut