Sampel asteroid dimasukkan ke dalam kapsul untuk dikembalikan ke Bumi

Sampel asteroid dimasukkan ke dalam kapsul untuk dikembalikan ke Bumi

CAPE CANAVERAL, Florida (AP) – Sebuah pesawat ruang angkasa NASA yang berjarak lebih dari 200 juta mil telah memasukkan sampel asteroid ke dalam kapsul untuk dikembalikan ke Bumi, setelah kehilangan sebagian dari barang jarahannya yang berharga, kata para ilmuwan Kamis.

Pengawas penerbangan meningkatkan operasi penting setelah beberapa puing yang terkumpul tumpah ke luar angkasa minggu lalu.

Pesawat ruang angkasa Osiris-Rex mengumpulkan kerikil dan potongan asteroid Bennu lainnya pada 20 Oktober, menyentuh permukaan sebentar dengan lengan robotnya dan menyedot apa pun yang ada di sana. Begitu banyak yang terkumpul – diperkirakan bernilai ratusan gram – sehingga bebatuan terjepit di tepi wadah dan membukanya, memungkinkan beberapa sampel keluar.

Apa pun yang tersisa tidak akan meninggalkan lingkungan Bennu hingga Maret, ketika asteroid dan Bumi sejajar dengan benar. Ini akan menjadi 2023 – tujuh tahun setelah Osiris-Rex meroket dari Cape Canaveral – sebelum sampel tiba di sini.

Ini adalah misi AS pertama yang mengejar sampel asteroid. Jepang telah melakukannya dua kali di batuan luar angkasa lain dan mengharapkan gelombang terbaru tiba pada bulan Desember.

Kaya akan karbon, Bennu yang mengorbit matahari diyakini menyimpan blok bangunan tata surya yang diawetkan. Para ilmuwan mengatakan sisa-sisa tersebut dapat membantu menjelaskan bagaimana planet tata surya kita terbentuk miliaran tahun yang lalu dan bagaimana kehidupan di Bumi muncul. Sampel juga dapat membantu meningkatkan peluang kami, kata mereka, jika batu kiamat menghampiri kami.

Bennu – batu bundar hitam yang lebih besar dari Empire State Building di New York – bisa jadi sangat dekat dengan Bumi di akhir dekade berikutnya. Kemungkinan pemogokan adalah 1-dari-2.700. Kabar baiknya adalah bahwa saat mengemas pukulan, itu tidak akan menghapus planet asalnya.

READ  Ribuan gunung berapi aktif di Indonesia mengungsi

___

Departemen Kesehatan dan Sains Associated Press menerima dukungan dari Departemen Pendidikan Sains Institut Kedokteran Howard Hughes. AP bertanggung jawab penuh atas semua konten.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut