AMP 6. – Indonesia. – Korban tewas akibat gempa bumi di pulau Celebes di Indonesia meningkat menjadi 62 orang

AMP 6. – Indonesia. – Korban tewas akibat gempa bumi di pulau Celebes di Indonesia meningkat menjadi 62 orang

AMP 6. – Indonesia. – Korban tewas akibat gempa bumi di pulau Celebes di Indonesia meningkat menjadi 62 orang

Lebih dari 15.000 orang dievakuasi setelah gempa bumi karena takut akan tsunami

Jumlah cedera juga meningkat menjadi 826

MADRID, 17 satu. 2021 (Pers Europa) –

Sedikitnya 62 orang tewas dan lebih dari 826 luka-luka setelah gempa berkekuatan 6,2 skala richter melanda pulau Sulawesi di Indonesia pada Jumat pagi.

Pihak berwenang Indonesia juga telah melaporkan bahwa 15.000 orang harus dievakuasi karena takut akan kemungkinan tsunami karena lebih dari 300 rumah hancur atau rusak, menurut rantai CAN.

Sejauh ini, tim penyelamat telah menemukan 47 jenazah di Mamuju, sebuah kota di provinsi barat Sulawesi. Sisa sembilan orang lainnya ditemukan di selatan pulau.

“Kami tidak tahu berapa banyak yang hilang,” keluh juru bicara Badan Perlindungan Sipil Mamuju. “Masih banyak orang di bawah reruntuhan,” dia memperingatkan.

Gempa susulan 5 derajat baru pada skala Ritcher mengguncang daerah itu Sabtu ini, tetapi tidak ada kerusakan baru yang dilaporkan dan pihak berwenang memperkirakan lebih banyak. Makanya mereka meminta warga untuk “tenang”.

Di beberapa bagian Majene seperti Mamuju, dua daerah yang terkena dampak paling parah, listrik telah pulih dan jalan utama untuk kendaraan telah direhabilitasi. Namun, risiko longsor tetap ada.

Presiden Indonesia, Joko Widodo, telah menyampaikan belasungkawa atas “hilangnya nyawa”. “Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang sebesar-besarnya,” katanya, menurut kantor berita Antara.

Presiden telah menghubungi pihak berwenang setempat dan mendesak berbagai instansi pemerintah untuk “segera menanggapi keadaan darurat”, meski meminta penduduk untuk “tenang”. “Ikuti instruksi pihak berwenang,” katanya.

READ  Michigan Bagian Atas melaporkan 204 kasus COVID-19 baru pada Sabtu, negara bagian menambahkan lebih dari 3.500

Gempa, pusat gempa yang berjarak 6 kilometer dari kota Majene, memiliki hiposentrum sekitar 10 kilometer dari permukaan dan memicu semua alarm di pulau itu, di mana ratusan penduduk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dengan sepeda motor.

Pihak berwenang mengatakan sebuah rumah sakit di Mamuju rusak parah. “Ada pasien dan dokter yang terkubur di dalam reruntuhan dan kami berusaha menjangkau mereka,” kata badan tersebut.

Gempa juga memicu tanah longsor di setidaknya tiga lokasi antara Majene dan Mamuju, yang memblokir jalan, menurut pemerintah, yang telah menyarankan warga untuk menjauh dari bangunan dan pantai.

Menghadapi situasi ini, Perserikatan Bangsa-Bangsa yang secara ekstensif menyatakan “berhubungan dekat” dengan pemerintah Indonesia, telah menyatakan kesiapannya untuk “mendukung” tanggap darurat. Palang Merah Indonesia dan LSM juga mengaktifkan berbagai rencana aksi.

Palang Merah mengerahkan tim berat pada Sabtu ini untuk membersihkan puing-puing dan mendistribusikan 3.400 jatah makanan sebagai bagian dari kegiatan ini.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut