Orang-orang meminta Mazda 3 dengan kekuatan lebih: Review Mazda 3 Turbo 2021

Tidak semua orang suka mengemudi, dan tidak semua mobil menyenangkan untuk dikendarai. Dan itu bagus — dan lebih banyak alasan untuk naik bus untuk perjalanan yang lebih seperti pekerjaan rumah. Tetapi beberapa dari kita menikmati tindakan tersebut, dan beberapa perusahaan mobil melayani itu. Dan maksud saya bukan supercar yang tidak bisa diperoleh; masih ada banyak OEM arus utama yang membuat mobil terjangkau yang menarik bagi para penggemar. Seperti Mazda misalnya.

Yang dibutuhkan hanyalah beberapa jam di awal tahun lalu—Sebagian dari lalu lintas siang Los Angeles — menyadari bahwa Mazda 3 baru menonjol dari yang lainnya. Itu adalah mobil pertama yang menggunakan arsitektur kendaraan Skyactiv Mazda yang baru, dan meskipun Internet menggerutu tentang desain suspensi belakang, itu adalah mobil yang terasa luwes di jalan, dengan linieritas antara input kontrol dan reaksi mobil yang sangat jarang terjadi dalam hal ini. hari dan usia.

Mengendarai crossover CX-30 Belakangan tahun itu membuktikan itu bukan flash di panci, fakta lebih lanjut dikonfirmasi kapan baik 3 dan CX-30 adalah finalis untuk penghargaan World Car of the Year 2019 (di mana mereka menjadi runner-up Kia Telluride). Tetapi penggemar mobil selalu dapat menemukan sesuatu untuk dikeluhkan, dan satu hal yang mereka inginkan dari Mazda 3 adalah tenaga yang lebih besar. Jadi, untuk model tahun 2021, Anda sekarang bisa mendapatkannya dengan turbo. Mulai dari $ 29.900, dan itu disebut Mazda 3 Turbo.

Tenaga 34 persen lebih besar, hanya 1mpg lebih sedikit

Jelas, hal baru yang utama di sini adalah mesin Mazda 3 Turbo. Ini adalah desain Skyactiv-G empat silinder 2.5L, pertama kali terlihat pada crossover CX-5, meskipun di sini ia memiliki penyetelan mesin baru, dan intercooler udara-ke-air diintegrasikan ke dalam intake manifold untuk meningkatkan respons dorongan. Ini juga menggunakan rasio kompresi yang agak tinggi untuk mesin turbocharged, pada 10,5: 1. Mazda mengatakan bahwa ini adalah kunci untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik daripada V6 yang memiliki tenaga yang setara.

Tenaga dan torsi meningkat pesat dibandingkan dengan Mazda3 2.5L yang disedot secara alami. Mobil itu bertahan dengan tenaga 186hp (139kW) dan 186lb-ft (252Nm); Mazda 3 Turbo meningkatkannya menjadi 250hp (186kW) dan 320lb-ft (433Nm). (Jika Anda tidak memiliki akses ke bahan bakar oktan 93 dan harus menggunakan oktan 87, mesin hanya menghasilkan 227hp dan 310lb-ft.) 3 Turbo hanya tersedia dengan penggerak semua roda, dan hanya dengan otomatis enam kecepatan penularan.

Terlepas dari peningkatan tenaga 34 persen dan torsi 72 persen, ditambah mesin yang sedikit lebih berat daripada versi aspirasi alami, dampak efisiensi bahan bakar minimal. Secara khusus, peningkatan 1mpg di masing-masing dari tiga kategori — gabungan 27mpg, dengan 23mpg di kota dan 32mpg di jalan raya (8,7l / 100km gabungan, kota 10,2l / 100km, jalan raya 7,4l / 100km).

Apalagi yang baru?

Suspensi telah sedikit diubah, sebagian besar untuk mengatasi bobot tambahan powertrain Turbo. Jadi ada peredam yang lebih kaku dan lengan kemudi yang lebih kuat, dan tingkat pegas depan telah naik 15 persen. Diferensial belakang juga baru untuk mengatasi torsi yang jauh lebih tinggi dari mesin ini. Itu juga mendorong algoritma kontrol all-wheel-drive baru, yang memperhitungkan kecepatan kendaraan dan gaya G untuk menghitung beban vertikal pada setiap ban untuk menentukan berapa banyak torsi yang akan dikirim ke setiap roda. Untuk 3 Turbo, Mazda ingin membuat roda belakang bekerja lebih banyak di trotoar kering daripada menggunakan penggerak roda depan dalam kondisi cengkeraman tinggi seperti mobil aspirasi alami.

Terakhir, para ahli Mazda melakukan beberapa perubahan pada mode Sport. Sebelumnya, mode ini mengubah peta throttle mobil dan perilaku perpindahan gigi untuk transmisi. Sekarang, ini menjadi sedikit lebih pintar. Untuk satu hal, transmisi menyadari beban G mobil, dan “kecuali ada kebutuhan ekstrim untuk naik atau turun gigi”, itu tidak akan berubah di tengah tikungan. Gearbox sekarang juga mengalami penurunan di bawah pengereman saat di Sport, dan untuk pertama kalinya, Mazda telah membiarkan tombol kecil itu memodifikasi algoritma G-Vector Control juga. Ini menambah atau mengurangi jumlah torsi yang sangat kecil ke salah satu atau kedua roda depan untuk membuat input kemudi awal lebih responsif, dan di Sport, itu sedikit lebih terasa.

Ini bukan kecepatan Mazdas

Selama sesi tanya jawab dengan Mazda, perusahaan memberikan kabar buruk: subbrand Mazdaspeed sudah mati dan dikuburkan. Seperti yang kami temukan dari kendaraan terbaru lainnya, perusahaan ini mencari nuansa yang lebih berkelas, terutama dengan interior. Jadi Mazda 3 Turbo tidak benar-benar menjadi saingan untuk hot hatch seperti itu VW Golf GTI atau Hyundai Veloster N. Mazda mungkin baru saja memenangkan 12 Hours of Sebring secara langsung, tetapi tidak ada anggukan di trek balap di sini seperti kursi bersayap yang dalam atau roda kemudi berbalut Alcantara. Sebenarnya sulit untuk membedakan Mazda 3 Turbo dari saudara kandungnya yang kurang bertenaga hanya dengan melihatnya, karena isyarat visualnya halus. Pipa knalpot berdiameter sedikit lebih besar, dan sekeliling spion di sekelilingnya berwarna hitam mengilap, begitu juga dengan air dam, spoiler, dan roda 18 inci.

Namun, itu tidak berarti tidak baik untuk dikendarai. Ini mempertahankan keseimbangan dan rasa fluiditas yang sama di jalan dan sangat ingin berbelok ke tikungan dan dapat diprediksi di seluruh radius seperti sebelumnya. Tapi Anda melihat as roda belakang membantu mendorong Anda keluar dari tikungan lambat, dan tenaga tambahan yang diberikan turbocharger merupakan tambahan yang disambut baik. Transmisi otomatis memang sedikit mengecewakan; bahkan di Olahraga, perpindahan gigi tidak pernah secepat yang Anda inginkan. Tetapi transmisi manual tidak ada dalam kartu untuk mesin ini, kami takut untuk mengatakannya.

Nuansa kelas atas, harga mainstream

Anda bisa mendapatkan Mazda 3 Turbo Anda sebagai sedan atau palka. Kami menguji sedan, tapi saya lebih suka hatchback, yang visibilitas belakangnya tidak terlalu bagus tapi membuatnya terlihat bagus. Sedan ini sedikit lebih murah di $ 29.900, dengan harga $ 30.900. Ada sedikit perbedaan untuk paket Premium Plus— $ 32.450 untuk sedan tetapi $ 33.750 untuk palka. (Perbedaan utamanya adalah palka mendapat bendungan udara depan baru ketika Anda mendapatkan opsi itu, dan sedan tidak.)

Ada beberapa fitur baru yang hadir dalam rangkaian sistem bantuan pengemudi canggih mobil untuk tahun 2021. Ada mode Bantuan Kemacetan Lalu Lintas untuk cruise control adaptif dan menjaga jalur, yang menangani kemacetan lebih baik. Ada juga pengereman lintas lalu lintas belakang, yang akan diterima di palka dengan pilar C yang lebar, dan kemudian semua ADAS dari Mazda 3 normal.

Bagi saya, semua itu menambah kendaraan yang menarik. Tapi seperti yang saya jelaskan di awal, saya terpesona. Menambahkan sedikit lebih banyak tenaga dan sedikit lebih banyak bias penggerak belakang membuat saya semakin menyukainya.

Daftar gambar oleh Jonathan Gitlin

READ  Salesforce memperluas aplikasi Work.com untuk membantu distribusi vaksin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *