Kasus kerusakan Nissan terhadap Ghosn yang absen dibuka di Jepang

Sidang pengadilan sipil dimulai Jumat di Jepang Nissan menuntut 10 miliar yen, atau $ 95 juta, sebagai ganti rugi dari mantan ketuanya, Carlos Ghosn.

Produsen mobil itu telah menggugat Ghosn atas apa yang dikatakannya sebagai kerugian yang diderita dari berbagai jenis dugaan pelanggaran keuangan. Ghosn melompat dengan jaminan akhir tahun lalu saat menunggu pengadilan pidana terpisah di Jepang.

DAPATKAN BISNIS FOX DI PERJALANAN DENGAN KLIK DI SINI

Ghosn mengatakan dalam sebuah pernyataan Jumat dari Lebanon bahwa persidangan akan membuktikan bahwa dia tidak bersalah, “bahwa kecurigaan kesalahan dan tuduhan terhadap saya sama sekali tidak memiliki dasar.”

Kasus perdata sedang disidangkan di kota pelabuhan Yokohama, tempat Nissan Motor Co. berbasis. Nissan mengajukannya pada bulan Februari.

“Nissan melakukan investigasi internal yang kuat dan menyeluruh yang mencakup pengacara eksternal. Investigasi menyimpulkan bahwa Ghosn sengaja melakukan pelanggaran serius, ”kata Nissan.

Nissan menuduh Ghosn membelanjakan uang perusahaan untuk hal-hal seperti rumah di Lebanon dan Brasil, penggunaan jet perusahaan untuk perjalanan keluarga, dan sumbangan ke universitas di Lebanon yang diklaim tidak memiliki nilai bisnis.

NISSAN GAGAL MELAPORKAN PENGHASILAN GHOSN DI JEPANG: LAPORAN

Ghosn menegaskan bahwa tuduhan itu “dibuat-buat”. Dia mengatakan pertanyaan tentang aktivitas bisnisnya bisa diselesaikan di dalam perusahaan.

“Gugatan sipil Nissan saat ini merupakan perpanjangan dari investigasi internal yang sangat tidak masuk akal dengan maksud jahat oleh sebagian dari manajemen senior Nissan dan penangkapan dan dakwaan yang tidak masuk akal oleh jaksa penuntut umum,” kata Ghosn.

Ghosn, ditangkap pada November 2018, dituduh melanggar kepercayaan, menyalahgunakan aset perusahaan untuk keuntungan pribadi, dan melanggar undang-undang sekuritas karena tidak sepenuhnya mengungkapkan kompensasinya.

READ  Amazon ingin Anda membayar dengan lambaian tangan

Untuk pengadilan perdata, Ghosn telah menyewa pengacara terkenal Nobuo Gohara, yang telah menulis buku wawancara dengan Ghosn.

NISSAN MEMULAI PRODUKSI ROGUE 2021 DI TENNESSEE ASSEMBLY PLANT

“Pengacara Gohara terus menunjukkan masalah serius sehubungan dengan penyelidikan dan dakwaan oleh jaksa penuntut umum dan tata kelola Nissan yang membuang saya,” kata Ghosn.

Sidang pidana dibuka pada bulan September di Pengadilan Distrik Tokyo tanpa Ghosn. Mantan eksekutif Nissan Greg Kelly dan Nissan selaku perusahaan hadir sebagai tergugat. Kelly mengatakan dia tidak bersalah. Nissan telah mengakui kesalahannya. Vonis tidak diharapkan berbulan-bulan.

Kesaksian telah menunjukkan bahwa Ghosn mengembalikan sekitar setengah gajinya ketika undang-undang Jepang direvisi pada tahun 2010, untuk mewajibkan agar gaji eksekutif individu lebih dari 100 juta yen ($ 1 juta) dilaporkan. Pejabat Nissan telah mencoba mencari cara untuk membayarnya tanpa dipublikasikan karena bayarannya sangat besar dibandingkan dengan gaji “pegawai kantoran” Jepang.

Ghosn mengatakan dia melarikan diri karena dia tidak bisa mengharapkan pengadilan yang adil di Jepang, negara dengan tingkat hukuman 99%. Jaksa Tokyo mengatakan mereka yakin mereka memiliki kasus melawan Ghosn, serta terhadap Kelly.

KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA LEBIH BANYAK TENTANG FOX BUSINESS

Secara terpisah, Jepang meminta AS untuk mengekstradisi dua orang Amerika yang dituduh membantu pelarian Ghosn ke Lebanon.

Ghosn memimpin Nissan selama dua dekade, dimulai dengan perubahan haluan yang luar biasa, menyelamatkan pembuat kendaraan listrik Leaf dan model mewah Infiniti dari ambang kebangkrutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *