Joe Biden dapat menghapus sebagian besar warisan Donald Trump sebagai Presiden AS

Joe Biden dapat menghapus sebagian besar warisan Donald Trump sebagai Presiden AS

Joe Biden dapat menghapus sebagian besar warisan empat tahun energi dan deregulasi iklim Presiden Donald Trump dengan goresan pena, menurut para ahli peraturan, tetapi menggantinya dengan sesuatu yang baru dan tahan lama mungkin terbukti lebih rumit.

Kemunduran Trump berada di tempat yang goyah karena sebagian besar dilakukan bukan melalui pembuatan undang-undang Kongres tetapi melalui perintah eksekutif presiden yang dapat dengan mudah dirusak oleh pemerintahan baru. Itu berarti langkah-langkah tanda tangan mulai dari penarikan Amerika Serikat dari perjanjian iklim Paris hingga pelonggaran target emisi kendaraan dapat menghilang dengan cepat.

“Tidak ada yang ingin dicapai Trump tentang perubahan iklim yang aman,” kata Michael Burger, kepala Pusat Hukum Perubahan Iklim Sabin di Universitas Columbia, yang telah melacak upaya deregulasi Trump.

Tetapi membangun rencana yang langgeng untuk menggantikan agenda peraturan Trump dengan cetak biru ambisius untuk melawan perubahan iklim global mungkin terbukti sulit tanpa Kongres yang dikendalikan Demokrat untuk mengeluarkan undang-undang. Anggota parlemen Republik tampaknya berada di jalur yang tepat untuk mempertahankan mayoritas di Senat, dan enggan mengadopsi langkah-langkah perubahan iklim yang luas.

Masalah yang sama menghantui mantan Presiden Barack Obama, yang juga mengandalkan otoritas eksekutif untuk memberlakukan perlindungan iklim, karena kurangnya dukungan di Kongres yang terpecah. Ketika dia meninggalkan kantor, Trump segera melepas ikatannya.

Pejabat Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Trump mencalonkan diri untuk masa jabatan pertamanya di Gedung Putih dengan janji untuk membebaskan industri pengeboran, pertambangan, dan manufaktur dengan memangkas peraturan hijau era Obama dan mendukung perizinan infrastruktur baru. Begitu sampai di kantor, dia bergerak cepat.

Di antara pencapaian utamanya, dia menarik Amerika Serikat dari Perjanjian Paris untuk memerangi pemanasan global; mengganti aturan era Obama yang dimaksudkan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dari pembangkit listrik dan operasi pengeboran; penurunan target efisiensi bahan bakar mobil; monumen nasional hutan belantara yang berukuran kecil; memberikan izin kepada perusahaan energi yang ingin membangun jaringan pipa minyak; dan mengusulkan pembukaan bagian baru samudra Arktik, Pasifik, dan Atlantik untuk pengeboran.

READ  Malaysia menolak akses PBB ke pencari suaka yang ditahan, kata badan tersebut

Biden telah berjanji untuk bergabung kembali dengan Perjanjian Paris segera setelah dia menjabat dan membatalkan banyak kemunduran Trump. Tetapi dia juga berjanji untuk mengantarkan kebijakan untuk membuat ekonomi Amerika Serikat netral karbon pada tahun 2050 untuk melawan perubahan iklim global, sesuatu yang akan membutuhkan undang-undang.

Alden Meyer, konsultan independen dan veteran 30 tahun dalam negosiasi iklim internasional, mengatakan pengetahuan bahwa presiden dapat secara radikal mengubah kebijakan iklim AS menggarisbawahi kebutuhan Biden untuk mencapai sesuatu yang lebih tahan lama.

“Pemerintahan baru harus meluangkan waktu untuk melakukan ini dengan benar dan memastikan janji (iklim) baru dapat dipercaya dan mendapat dukungan politik,” kata Meyer.

TANTANGAN HUKUM

Banyak dari kebijakan deregulasi energi domestik Trump tidak pernah berlaku penuh karena gugatan pengadilan oleh kelompok konservasi dan negara bagian Demokrat yang mengidentifikasi kesalahan birokrasi.

“Ada kombinasi kecerobohan dan ketidaksabaran dalam membatalkan peraturan (di bawah Trump),” kata Jaksa Agung California Xavier Becerra, yang negara bagiannya telah mengajukan lebih dari 100 tuntutan hukum untuk menantang kebijakan Trump.

“Dalam banyak kemenangan kita, kita telah mengalahkan mereka dalam UU Tata Usaha, bahkan belum sampai pada substansi regulasi,” kata Becerra.

Administrasi Trump telah kehilangan 84% dari tuntutan hukum terkait energi dan lingkungan, menurut Pusat Integritas Kebijakan Sekolah Hukum Universitas New York.

Pemerintahan Biden dapat berhenti membela tuntutan hukum yang masih ada, yang secara efektif mematikan kebijakan yang dipermasalahkan.

Tetapi pemerintahan Biden juga dapat menarik tuntutan hukum dari kepentingan bahan bakar fosil jika itu menggantikan kebijakan Trump melalui perintah eksekutif atau administratif, dan mungkin mengalami kesulitan membela diri di pengadilan dengan banyak orang konservatif yang ditunjuk Trump.

READ  Indonesia menolak permintaan AS untuk menampung pesawat mata-mata | Cina

Biden diperkirakan akan bersandar pada Federal Energy Regulatory Commission, panel pemerintah yang kurang dikenal, untuk membantu mendorong beberapa kebijakan iklimnya tanpa undang-undang baru, termasuk dekarbonisasi jaringan listrik pada tahun 2035.

Michael Gerrard, juga dari Sabin Center, mengatakan dampak paling abadi dari kebijakan energi dan lingkungan Trump mungkin terasa di tanah federal, setelah beberapa tahun lelang rekor yang memberi calon pengebor sewa jutaan hektar.

Sementara Biden telah berjanji untuk mengakhiri izin baru untuk pengeboran di tanah federal, banyak perusahaan menimbun izin menjelang pemilihan, menurut laporan Reuters sebelumnya.

“Jika ada sewa selama 30 tahun, Anda tidak bisa mengambilnya. Sewa mengikat untuk masa jabatannya, ”kata Gerrard.

Departemen Dalam Negeri di bawah Trump melelang lebih dari 24 juta hektar tanah, area yang lebih luas dari Indiana, menurut komite Sumber Daya Alam DPR.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut