Fasilitas dibakar saat bentrokan pecah di Jakarta selama protes hukum ketenagakerjaan – City

Protes terhadap Undang-Undang Penciptaan Kerja yang kontroversial berubah menjadi kerusuhan di beberapa bagian ibu kota pada hari Kamis, ketika sejumlah fasilitas dibakar oleh massa tak dikenal dan bentrokan antara polisi dan pengunjuk rasa terus berlanjut.

Menurut pemberitaan media, setidaknya dua halte bus Transjakarta di Jakarta Pusat, di halte Bundaran HI dan Tosari – yang terletak di dekat lokasi aksi unjuk rasa di Monumen Arjuna Wijaya atau yang juga dikenal dengan Patung Kuda – rusak dan dibakar pada Kamis. sore.

Gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral di Jl. MH Thamrin juga dirusak oleh pelempar batu. Sedikitnya dua pos polisi, satu terletak di dekat Patung Kuda dan satu lagi di perempatan Harmoni dekat Istana Negara, juga dibakar. kompas.com dilaporkan.

Belum jelas siapa yang membakar fasilitas itu.

Hingga pukul 19.00, polisi masih berupaya membubarkan massa dengan menembakkan gas air mata di sekitar bundaran HI.

Bentrokan antara aparat kepolisian dan pengunjuk rasa dikabarkan kembali meletus di perempatan Harmoni dan kondisi tetap mencekam hingga pukul 7 malam. Ada masalah Sebelumnya pada sore hari, dengan pengunjuk rasa melemparkan batu ke arah petugas polisi dan polisi menembakkan peluru karet, gas air mata dan meriam air untuk membubarkan massa.

Hari Kamis menjadi hari ketiga protes nasional terhadap Undang-Undang Penciptaan Lapangan Kerja yang kontroversial, yang disahkan pada hari Senin di tengah meningkatnya tentangan dari para aktivis yang mengklaim bahwa hal itu mengancam hak-hak pekerja dan lingkungan.

Ribuan pekerja dan mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa di dekat Istana Negara di Jakarta Pusat dan mendesak Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengeluarkan peraturan pengganti undang-undang (Perppu) untuk membatalkan undang-undang yang kontroversial itu.

READ  Pria penyelamat pasukan Filipina ditangkap oleh tersangka militan

Ketegangan yang meningkat telah menyebabkan pembatasan layanan transportasi di Jakarta.

Juru bicara PT Transjakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan, layanan bus milik kota telah menghentikan semua operasi pada pukul 16.30 untuk memastikan keselamatan penumpang dan karyawannya, serta untuk melindungi armada kendaraannya.

“Untuk mengantisipasi gangguan, Transjakarta menghentikan layanannya di semua koridor, layanan non koridor, layanan tenaga kesehatan, layanan bansos, dan trans mikro pada pukul 16.30,” kata Nadia dalam keterangan tertulis.

Operator MRT PT MRT Jakarta juga menghentikan layanannya ke Stasiun MRT Bundaran HI dan Stasiun Dukuh Atas, dengan layanan hanya beroperasi dari Stasiun Lebak Bulus di Jakarta Selatan hingga Stasiun Setiabudi Astra di Jakarta Pusat.

Kamaluddin juga melaporkan, dua mini excavator untuk proyek pembangunan MRT dibakar dan pagar proyek ditarik saat kerusuhan.

“Kebakaran sudah dipadamkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta. Kami menunggu puing-puingnya dibuang, “katanya. (Aly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *