Hasil Pfizer Baru: Vaksin Coronavirus Aman dan 95% Efektif

Perusahaan mengatakan bahwa dari 170 kasus Covid-19, 162 berada di kelompok plasebo, dan delapan di kelompok vaksin. Dari 10 kasus Covid-19 yang parah, sembilan telah menerima plasebo.

Pfizer dan BioNTech mengatakan bahwa kemanjuran vaksin itu konsisten di semua usia, ras, dan etnis. Efek samping serius yang paling umum adalah kelelahan, dengan 3,7 persen relawan melaporkan kelelahan setelah mereka mengambil dosis kedua. Dua persen relawan melaporkan sakit kepala setelah dosis kedua. Orang dewasa yang lebih tua melaporkan efek samping yang lebih sedikit dan lebih ringan, kata perusahaan itu.

“Sungguh menakjubkan,” kata Akiko Iwasaki, ahli imunologi di Universitas Yale. Dia mengatakan hasil pada orang di atas 65 tahun adalah yang paling menjanjikan. “Kami tahu dari vaksin influenza bahwa sangat sulit untuk mencapai perlindungan pada kelompok usia ini dengan vaksin,” katanya, jadi kemanjuran 94 persen pada kelompok itu “sangat luar biasa.”

Pejabat kesehatan federal mengatakan dosis pertama vaksin kemungkinan besar akan diberikan kepada kelompok seperti petugas kesehatan yang berisiko tinggi terpapar, serta orang-orang yang paling rentan terhadap penyakit, seperti orang tua.

Saad B. Omer, direktur Yale Institute for Global Health, mengatakan hasil yang menunjukkan vaksin yang melindungi orang dari penyakit parah juga merupakan kabar baik, karena dengan ketersediaan yang terbatas pada awalnya, tujuan pertama bukanlah menghentikan penularan penyakit. penyakit, tetapi untuk mencegah orang menjadi sangat sakit. “Jadi itu sangat meyakinkan,” katanya.

Dia meminta Pfizer untuk segera merilis analisis data yang lebih rinci – di luar rilis berita awal – sehingga para ilmuwan dapat mengevaluasi hasil secara lebih menyeluruh. Perusahaan mengatakan mereka berencana untuk menyerahkan hasil untuk ditinjau dalam jurnal ilmiah, proses yang bisa memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan. “Ini bukan waktu normal, ini adalah pandemi, dan kebijakan besar sedang dibuat,” kata Dr. Omer. “Selalu lebih baik membuat kebijakan tentang data ilmiah, bukan siaran pers.”

READ  Google menghabiskan $ 1 miliar untuk menghadirkan fitur Google Berita baru kepada Anda

Selain hasil uji klinis, Pfizer mengatakan siap untuk menyerahkan data keselamatan dua bulan yang direkomendasikan badan tersebut kepada FDA, serta catatan manufaktur terperinci yang menunjukkan bahwa perusahaan dapat secara konsisten menghasilkan batch produk berkualitas tinggi. . FDA akan meninjau data dan meminta panel ahli vaksin luar untuk mempertimbangkan aplikasi tersebut, sebuah proses yang bisa memakan waktu berminggu-minggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *