Gunung berapi Merapi di Indonesia mengeluarkan sungai lava bercahaya

Jakarta, 6 Jan (EFE) .- Gunung Merapi di wilayah tengah pulau Jawa, Indonesia mengeluarkan sungai lava pijar tadi malam dan mencatat peningkatan aktivitas, yang telah memberi tahu pihak berwenang setempat.

Letusan, disertai gempa kecil yang berlangsung lebih dari dua menit, menyebabkan sedikitnya 23 longsoran di sepanjang gunung tadi malam, kata Badan Geologi Nasional dalam sebuah pernyataan, Rabu.

Aktivitas gunung berapi yang berada sekitar 400 kilometer barat daya Jakarta itu mulai meningkat sejak Kamis pekan lalu. Hal ini terbukti dari catatan yang dikeluarkan entitas, yang mengindikasikan bahwa Merapi sudah memasuki fase letusan gunung berapi.

Hanik Humaira, direktur Badan Geologi Nasional, mendesak masyarakat yang tinggal di dekat gunung berapi untuk tetap waspada terhadap aktivitas gunung berapi yang meningkat dan telah menetapkan batas aman sejauh 5 kilometer di sekitar gunung berapi.

Merapi setinggi 2.968 meter terletak di perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah dan merupakan gunung berapi teraktif di negara Asia dan salah satu yang teraktif di dunia.

Dalam wabah besar terakhirnya pada tahun 2010, 347 orang tewas dan hampir 400.000 harus dievakuasi, termasuk 3.000 keluarga yang harus direlokasi secara permanen.

Kepulauan Indonesia terletak di wilayah yang disebut “Cincin Api” Pasifik, sebuah wilayah dengan aktivitas seismik dan vulkanik tinggi yang diguncang oleh ribuan gempa per tahun, yang sebagian besar berukuran kecil dan mengandung 127 gunung berapi aktif. EFE

sh-nc / csg / ics

(Foto)

K: CYT: TEKNOLOGI ILMIAH, ALAM LINGKUNGAN

T: CYA: id-ES: 03011000: Bencana dan Kecelakaan: Letusan Gunung Berapi

| P: |

01/06 / 03-41 / 21

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *