Benda misterinya adalah roket berumur 54 tahun, bukan asteroid

Benda misterinya adalah roket berumur 54 tahun, bukan asteroid

CAPE CANAVERAL, Florida (AP) – Sebuah benda misterius yang mengorbit sementara Bumi adalah roket berusia 54 tahun, bukan asteroid, demikian konfirmasi para astronom pada Rabu.

Pengamatan oleh teleskop di Hawaii mendapatkan identitasnya, menurut Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California.

Objek itu diklasifikasikan sebagai asteroid setelah ditemukan pada September lalu. Tetapi ahli asteroid top NASA, Paul Chodas, dengan cepat menduga itu adalah roket bagian atas Centaur dari Surveyor 2, misi pendaratan di bulan yang gagal pada tahun 1966. Perkiraan ukuran menyebutkannya dalam kisaran Centaur tua, yang panjangnya sekitar 32 kaki (10 meter) dan diameter 10 kaki (3 meter).

Chodas terbukti tepat setelah tim yang dipimpin oleh Vishnu Reddy dari Universitas Arizona menggunakan teleskop inframerah di Hawaii untuk mengamati tidak hanya objek misterius itu, tetapi – hanya pada hari Selasa – sebuah Centaur dari tahun 1971 yang masih mengorbit Bumi. Data dari gambar cocok.

“Berita hari ini sangat memuaskan !,” kata Chodas melalui email. “Itu adalah kerja tim yang menyelesaikan teka-teki ini.”

Objek yang secara resmi dikenal sebagai 2020 SO memasuki orbit lebar dan miring di sekitar Bumi bulan lalu dan, pada hari Selasa, melakukan pendekatan terdekat pada jarak lebih dari 31.000 mil (50.476 kilometer). Ini akan meninggalkan lingkungan pada bulan Maret, menembak kembali ke orbitnya sendiri di sekitar matahari. Kepulangan berikutnya: 2036.

___

Departemen Kesehatan dan Sains Associated Press menerima dukungan dari Departemen Pendidikan Sains Institut Kedokteran Howard Hughes. AP bertanggung jawab penuh atas semua konten.

READ  Aliran Panjang Tetesan Virus Dapat Menelusuri Di Belakang Orang yang Terinfeksi

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut