Adegan Meriah yang Mengerikan di Mars Ini Benar-Benar Tidak Merasa Mengganggu

Adegan Meriah yang Mengerikan di Mars Ini Benar-Benar Tidak Merasa Mengganggu

Ilustrasi untuk artikel berjudul Adegan Meriah yang Mengerikan di Mars Ini Benar-Benar Tidak Merasa

Gambar: ESA / DLR / FU Berlin, CC BY-SA 3.0 IGO

Satelit Eropa telah menemukan sosok malaikat yang sangat realistis — lengkap dengan sayap, lingkaran cahaya, dan jantung — di wilayah kutub selatan Mars. Sepertinya beberapa seniman Mars melukis pemandangan itu untuk mendoakan kita kedamaian dan kegembiraan untuk musim liburan, tetapi ada penjelasan ilmiah yang sangat bagus untuk tampilan surealis itu.

Adegan dalam konteks.

Adegan dalam konteks.
Gambar: Tim Sains MGS MOLA NASA

Pemandangan meriah ini ditangkap oleh Kamera Resolusi Tinggi di Badan Antariksa Eropa Pengorbit Mars Express. Biasanya, bagian dari Planet Merah ini tercakup dalam ketebalan satu mil (1.6-kilometer-tebal) lapisan es, tetapi saat ini musim panas di wilayah kutub selatan Mars. Dengan es untuk sementara hilang, Mars Express berhasil mengambil foto lanskap, memberi kita contoh lain pareidolia (Mars adalah terkenal jahat untuk membuat kita melihat hal-hal yang sebenarnya tidak ada).

Memang, lukisan malaikat halo yang tampak jelas ini, dengan lengan kanan terulur dan hati di sisinya, adalah hasil dari beberapa proses geologis, sebagaimana ESA menjelaskan.

Warna kontrasnya tidak di atas krim kayu manis dan coklat latte, melainkan padang pasir luas yang dipenuhi mineral gelap pembentuk batuan (kebanyakan piroksen dan olivin, yang juga tersedia di Bumi).

Tampilan perspektif.

Tampilan perspektif.
Gambar: ESA / DLR / FU Berlin, CC BY-SA 3.0 IGO

Apa yang tampak seperti ujung tangan kanan malaikat mungkin adalah lubang sublimasi yang besar. Lubang-lubang ini terbentuk ketika es berubah langsung menjadi gas, meninggalkan lubang-lubang kosong. Lubang sublimasi dapat dilihat di tempat lain di tata surya, termasuk planet katai Pluto.

Halo — mungkin fitur yang paling menarik perhatian dari pemandangan perayaan — sebenarnya adalah tepi kawah tubrukan. Kapan pun keberatan itu menabrak Mars, menendang beberapa lapisan endapan dari bawah. Kepala malaikat terdiri dari endapan gelap ini, yang secara kebetulan berada di dalam kawah kuno, memberikan kesan lingkaran cahaya di sekitarnya.

Tampilan rinci dari 'hati'.

Tampilan rinci dari ‘hati’.
Gambar: ESA / DLR / FU Berlin, CC BY-SA 3.0 IGO

Di sebelah kanan gambar adalah lereng curam, yang menguraikan sebagian besar jantung. Terbentuk dari jutaan tahun erosi, formasi yang mencolok ini mengandung tebing dan lereng curam, dan beberapa endapan yang benar-benar gelap, yang asalnya tidak jelas.

Seperti yang ditunjukkan ESA, para ilmuwan percaya materi gelap ini “pernah ada lebih dalam di bawah permukaan dalam lapisan materi yang dibentuk oleh aktivitas vulkanik purba.” Dan meskipun bahan ini pernah terkubur, “sejak saat itu telah dibawa ke permukaan oleh dampak dan erosi yang berkelanjutan, dan kemudian didistribusikan lebih luas ke seluruh planet oleh angin Mars.”

Begitulah cara ini ilusi optik super keren itu ditempa oleh beberapa proses geologi yang sama kerennya. Mars Express telah melihat fitur-fitur menarik di Mars sebelumnya, termasuk lebar 50 mil (lebar 80,5 kilometer) gelanggang es di kawah Korolev dan raksasa roti kayu manis di kutub utara.

READ  Tujuh negara bergabung dengan NASA untuk menjelajahi Bulan secara damai, transparan

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut