SpaceX memenangkan persetujuan militer AS untuk meluncurkan booster Falcon yang digunakan kembali

Kontrak militer Amerika Serikat dengan SpaceX telah dimodifikasi untuk memungkinkan peluncuran di masa depan dengan booster Falcon 9 yang digunakan kembali, menghemat puluhan juta dolar AS.

Rangkaian satelit GPS III buatan Lockheed Martin yang dioperasikan oleh Space and Missile Systems Center AS secara tradisional diluncurkan pada penguat baru yang dapat dibuang. Dua pesawat ruang angkasa GPS III pertama diluncurkan dengan menggunakan Falcon 9 yang dapat dibuang dan roket Atlas V. United Launch Alliance (ULA).

Booster SpaceX Falcon 9 B1054 yang dapat dibuang selama misi pertama dan satu-satunya mengangkat satelit GPS III SV01 Angkatan Udara Amerika Serikat ke orbit pada tanggal 23 Desember 2018. (SpaceX)

Modifikasi kontrak sebelumnya dibuat untuk memungkinkan booster Falcon 9 meluncurkan misi GPS III untuk mencoba pendaratan. Pada bulan Juni, kendaraan GPS III ketiga diluncurkan dengan Falcon 9 dari Space Launch Complex 40 (SLC-40) di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida. Ini adalah pertama kalinya booster yang membawa kendaraan GPS III ditemukan.

Booster SpaceX Falcon 9 B1060 digambarkan saat kembali ke Port Canaveral setelah berhasil dipulihkan pada Juni 2020. (Richard Angle)

“Saya bangga atas kemitraan kami dengan SpaceX yang memungkinkan kami berhasil menegosiasikan modifikasi kontrak untuk misi GPS III mendatang yang akan menghemat pembayar pajak $ 52,7 juta sambil mempertahankan rekor kesuksesan kami yang belum pernah terjadi sebelumnya,” Dr. Walt Lauderdale, Pusat Sistem Luar Angkasa dan Rudal Falcon Systems dan Kepala Divisi Operasi mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diberikan oleh Pusat Sistem Luar Angkasa dan Rudal AS.

Presiden dan chief operating officer SpaceX, Gwynne Shotwell, berkomentar, “Kami menghargai upaya Angkatan Luar Angkasa AS yang diinvestasikan ke dalam evaluasi dan senang bahwa mereka melihat manfaat teknologi. Pengalaman kami yang luas dengan penggunaan kembali telah memungkinkan SpaceX untuk terus meningkatkan armada dan menghemat uang pajak berharga yang signifikan pada peluncuran ini. ”

Modifikasi baru pada kontrak layanan peluncuran GPS III memungkinkan booster Falcon 9 tidak hanya dipulihkan tetapi juga untuk diluncurkan pada booster yang telah diterbangkan sebelumnya. Namun, amandemen ini hanya akan berlaku untuk peluncuran satelit GPS III SV05 & SV06 di masa mendatang.

Payload fairing dengan GPS III SV03 dienkapsulasi di dalamnya dikawinkan dengan SpaceX Falcon 9 pada Juni 2020. (SpaceX)

Rencana untuk meluncurkan rangkaian satelit GPS III pada Falcon 9 yang digunakan kembali pada awalnya dimaksudkan untuk dimulai selama Tahap 2 dari kontrak layanan peluncuran pada tahun 2021. Kontrak yang ada dengan Angkatan Luar Angkasa AS akan diakhiri dengan peluncuran satelit GPS III SV06 di 2021. Kontrak Program Peluncuran Luar Angkasa Keamanan Nasional Tahap 2 untuk empat satelit GPS III yang tersisa belum diberikan dan akan ditawar oleh SpaceX dan ULA.

READ  Kekebalan virus korona bisa 'bertahan selama bertahun-tahun,' menunjukkan studi baru

Yang akan datang Peluncuran satelit GPS III SV04 saat ini dijadwalkan akan dilakukan pada hari Selasa, 29 September dari SLC-40 akan menggunakan booster Falcon 9 baru (B1062). Falcon 9 yang baru melakukan uji api statis yang sehat terhadap sembilan mesin Merlin 1D-nya pada pagi hari Jumat, 25 September. Malam itu, muatan yang dienkapsulasi ditangkap oleh pengguna Twitter GoalieBear88 selama pemindahannya dari fasilitas pemrosesan terdekat ke Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral untuk dikawinkan dengan penguat Falcon 9.

Jika semua melanjutkan secara nominal antara sekarang dan tanggal peluncuran yang dimaksudkan, misi GPS III SV04 dijadwalkan untuk diluncurkan selama jendela yang diperpanjang dari 9: 55-10: 10 malam EDT pada hari Selasa, 29 September (0155-0210 UTC 30 Sep.). Skuadron Cuaca ke-45 memprediksikan cuaca akan lebih baik dengan kemungkinan 70% kondisi yang dapat diterima pada saat peluncuran. Jika diperlukan daur ulang 24 jam, cuaca akan sedikit membaik hingga 80%.

Lihat buletin Teslarati untuk pembaruan segera, perspektif di lapangan, dan kilasan unik dari peluncuran roket SpaceX dan proses pemulihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *