Setelah Covid-19, beberapa penyintas mengalami kerontokan rambut yang ‘menyayat hati’

Setelah Covid-19, beberapa penyintas mengalami kerontokan rambut yang ‘menyayat hati’

Ketika rambut Stacey Maravola mulai rontok dua bulan setelah dia dinyatakan positif Covid-19, dia awalnya tidak khawatir.

“Saya mencuci rambut suatu hari dan saya mengambil segenggam penuh. Dan saya seperti, ‘Mungkin karena ada di scrunchie,’ ”Maravola, 44, dari Leetsdale, Pennsylvania, berkata.

Namun hampir dua bulan kemudian, rambut rontok belum juga berhenti. Setiap kali Maravola, seorang pelatih kesehatan dan gaya hidup, mencuci rambutnya, segenggam keluar, kusut di sekitar jari-jarinya dan menempel di kakinya saat dia mandi.

“Saya harus membatasi mencuci rambut karena saya ketakutan,” katanya. “Saya bukan orang yang emosional besar, tapi saya dapat memberitahu Anda, ini telah mengubah saya. Saya menangis setiap kali saya mandi. “

Stacey Maravola, terlihat pada bulan September setelah potongan rambut yang dia harap akan membantu mengatasi kerusakan dan kerontokan rambutnya.Atas kebaikan Stacey Maravola

Maravola adalah salah satu dari banyak penyintas virus korona yang mengalami kerontokan rambut yang dramatis, sesuatu yang menurut para ahli tidak sepenuhnya tidak terduga setelah penyakit serius – tetapi tetap bisa mengejutkan.

“Ini menjengkelkan, terutama bagi mereka yang telah melalui perjalanan klinis Covid yang signifikan, untuk kemudian mengalami hal ini juga,” kata Dr. Sara Hogan, seorang dokter kulit dan instruktur klinis ilmu kesehatan di David Geffen School of Medicine di Universitas tersebut. dari California, Los Angeles. “Tapi seringkali, pasien, begitu mereka memiliki diagnosis dan mereka mengerti bahwa biasanya ini akan menjadi lebih baik, mereka merasa lebih baik.”

Rambut rontok mendadak dapat terjadi setelah peristiwa yang membuat stres, termasuk operasi besar atau bahkan pemicu stres emosional seperti memulai pekerjaan baru, kata Hogan. Pandemi tampaknya telah menyebabkan peningkatan besar pada orang-orang yang melihat rambut mereka menipis, katanya: Hogan dulu melihat rata-rata tiga hingga lima pasien rambut rontok seminggu dan sekarang merawat hingga tujuh pasien sehari.

READ  Cuaca memaksa dedaunan jatuh lebih cepat dan area lain tumbuh subur

Mengapa serangan hebat terhadap tubuh atau pikiran terkadang memicu kerontokan rambut tidak sepenuhnya dipahami. Pada sebagian besar kasus ini, pasien didiagnosis dengan telogen effluvium, suatu kondisi sementara di mana ia kehilangan lebih banyak rambut daripada biasanya 100 atau lebih banyak orang yang rontok dalam sehari. Telogen effluvium biasanya dimulai sekitar tiga hingga enam bulan setelah stressor terjadi, dan pada kebanyakan pasien, masalahnya akan hilang dalam empat hingga enam bulan, menurut Hogan. (Dalam kasus yang jarang terjadi, stres yang terus-menerus dapat menyebabkan pelepasan kronis, tambahnya.)

Para peneliti tidak percaya Covid-19 menyerang folikel rambut, yang berarti rambut rontok adalah reaksi tubuh terhadap stres fisiologis dan emosional yang disebabkan penyakit tersebut, bukan gejala dari penyakit itu sendiri. Dan banyak pasien rambut rontok yang saat ini ditemui Hogan dan dokter kulit lainnya tidak pernah terkena virus korona.

“Hanya saja akibat pandemi lainnya yang menyebabkan kerontokan rambut,” seperti kekhawatiran finansial atau kematian anggota keluarga, kata Dr. Lauren Kole, asisten profesor dermatologi di Universitas Alabama di Birmingham Sekolah Kedokteran.

Rambut rontok setelah Covid-19 menjadi sorotan pada bulan Agustus ketika aktris dan aktivis Alyssa Milano membagikan video yang mengejutkan tentang jumlah helai rambut yang hilang ketika dia menyisir rambutnya.

“Kupikir aku akan menunjukkan apa yang dilakukan # Covid19 pada rambutmu,” tulisnya. “Tolong anggap ini serius.”

Maravola didiagnosis dengan virus corona pada 5 Juli, dan mengalami demam selama beberapa hari, ditambah sakit kepala dan kehilangan nafsu makan. Meskipun penyakitnya cukup ringan, ia terus mengalami masalah kesehatan sejak saat itu, termasuk kelelahan yang melemahkan, nyeri sendi, dan ruam.

Melihat rambut hitam tebal yang terurai adalah salah satu perkembangan yang lebih mengecewakan.

READ  Orang Hispanik dan kulit hitam meninggal karena Covid-19 dengan tingkat yang sangat tinggi selama musim panas

Pada bulan September, Maravola membagikan foto rambut rontoknya dengan kelompok dukungan daring untuk apa yang disebut dengan “long haulers” – orang yang selamat dari virus korona yang berjuang dengan gejala yang masih ada – dan terkejut menerima hampir 200 komentar dari orang lain yang mengatakan bahwa mereka dapat berhubungan.

Rambut rontok Stacey Maravola setelah mandi. Foto ini diambil pada bulan September, ketika dia pertama kali mulai kehilangan rambutnya.Atas kebaikan Stacey Maravola

“Bagi saya, itu adalah jaminan,” katanya. “Saya pikir, pada awalnya, saya menjadi gila.”

Ada berbagai perawatan untuk telogen effluvium, termasuk suplemen dan perawatan topikal seperti Rogaine, meskipun beberapa pasien ragu untuk menggunakan Rogaine karena pada awalnya akan menyebabkan rambut rontok lebih banyak, kata Hogan.

Baik dia dan Kole merekomendasikan bahwa siapa pun yang mengalami kerontokan rambut baru atau memburuk pergi ke dokter kulit bersertifikat untuk menyingkirkan penyebab lain, seperti masalah tiroid atau efek samping dari obat-obatan. Seorang dokter kulit juga dapat menguraikan apakah kerontokan rambut disebabkan oleh telogen effluvium atau hal lain, seperti alopecia areata, kelainan autoimun.

Maravola mengatakan berhubungan dengan orang lain yang telah mengalami hal yang sama telah membantunya mengatasi kerontokan rambutnya.

“Ini menyayat hati,” katanya, suaranya pecah. “Anda harus menemukan sistem pendukung Anda, entah itu di Facebook, atau keluarga dan teman, karena itu menakutkan.”

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut