Foto 20 Tahun Hubble Tunjukkan bagaimana Nebula Ikan Pari Memudar

Foto 20 Tahun Hubble Tunjukkan bagaimana Nebula Ikan Pari Memudar

Nebula Ikan Pari adalah nebula planet termuda yang diketahui. Selama setengah abad para astronom telah menyaksikan pembentukannya, dan sekarang mereka telah memperhatikan sesuatu yang aneh: ia memudar.

“Ini sangat, sangat dramatis, dan sangat aneh,” kata Martín A. Guerrero dari Instituto de Astrofísica de Andalucía di Granada, Spanyol, salah satu penulis bersama sebuah studi baru tentang Stingray Nebula. “Yang kami saksikan adalah evolusi nebula secara real-time. Dalam kurun waktu beberapa tahun, kami melihat variasi di nebula. Kami belum pernah melihat itu sebelumnya dengan kejelasan yang kami dapatkan dengan tampilan ini. “

Antara tahun 1996 dan 2016, gambar Hubble dari Nebula Ikan Pari berturut-turut mengungkapkan bahwa Nebula Ikan pari semakin lemah, redup, dan kurang menonjol. Itu adalah bayangan dari dirinya yang dulu, dan semakin lemah dari hari ke hari. Sebagai contoh, kecerahan karena adanya oksigen terionisasi turun dengan faktor yang belum pernah terjadi sebelumnya yaitu 1.000 dalam dua puluh tahun antara pengamatan.

Apa yang sedang terjadi?

Stingray Nebula pada tahun 1996 (kiri) dan 2016 (kanan). Kredit gambar: NASA, BAHWA, B. Balick (Universitas Washington), M. Guerrero (Instituto de Astrofísica de Andalucía), dan G. Ramos-Larios (Universitas Guadalajara)

Astronom Karl Gordon Henize adalah orang pertama yang mengkategorikan bintang pusat Nebula Ikan Pari, yang dikenal sebagai SAO 244567, pada tahun 1967 sebagai raksasa biru cerah. Hanya empat tahun kemudian, para astronom menyadari bahwa bintang tahap akhir dikelilingi oleh nebula redup, yang dengan cepat mereka identifikasi sebagai permulaan sebuah nebula planet. Ikan pari memiliki sebutan resmi Hen 3-1357, dan merupakan jenis nebula yang dibentuk oleh bintang seperti itu. mendekati akhir hidupnya dan mulai mengeluarkan lapisan luarnya ke dalam sistem sekitarnya.

Mulai tahun 1971, suhu SAO 244567 mulai meroket, naik dari 40.000 menjadi 108.000 derajat Fahrenheit pada pergantian milenium. Dan kemudian berbalik arah, mendingin dan meredup dalam prosesnya.

READ  Kapan pesanan tinggal di rumah SoCal akan berakhir?

Saat intensitas dari bintang pusat turun, jumlah radiasi yang mengenai nebula turun. Seperti meredupkan lampu di kamar Anda agar lebih murung, Nebula Ikan Pari perlahan mati.

Para astronom menduga bahwa lonjakan suhu yang tiba-tiba itu disebabkan flash helium, kondisi kritis di dalam bintang raksasa tempat cangkang helium yang tidak terbakar melebur hanya dalam sehari, melepaskan sejumlah besar energi yang terpendam. Tetapi karena bintang sangat besar, perlu waktu bertahun-tahun untuk merasakan perubahan di permukaan.

Tapi sekarang setelah bintang itu kembali normal, kecemerlangan ikan pari memudar. Agaknya ini terjadi sepanjang waktu di seluruh alam semesta, tetapi kali ini para astronom cukup beruntung untuk menangkap proses yang sedang berlangsung.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut