Seni membuat kami tetap waras, kata kurator pameran virus korona Praha – Seni & Budaya

Masker wajah yang mewah dan fitur perisai pelindung di samping lukisan dan grafiti, foto, patung, musik, dan video versi cetak di pameran seni COVID-19 di Praha yang dibuat selama pandemi.

Kuratornya memberi tahu AFP Pada hari Jumat, pameran keliling yang terdiri lebih dari 2.000 karya oleh 500 orang dari 60 negara dimaksudkan sebagai penghormatan kepada seniman yang karyanya telah membuat dunia tetap waras selama pandemi.

“Motivasi utama adalah kenyataan bahwa seniman membantu kami secara mental bertahan dari pandemi, jadi ini cara berterima kasih kepada mereka,” kata kurator Pavel Stastny, seorang seniman sendiri.

Ketika pandemi melanda Praha pada musim semi, Stastny memasang masker wajah pada potret grafiti besar John Lennon di Tembok Lennon Praha yang ikonik.

Tembok itu pernah berfungsi sebagai tempat suci bagi mereka yang mencari kebebasan dari rezim Komunis di bekas Cekoslowakia. Rezim digulingkan pada tahun 1989.

Stastny mengatakan berita tentang Lennon bertopeng menyebar ke luar negeri dan menarik perhatian kolektor Prancis Blaise Runart, yang menambahkan gambar dari karya tersebut ke koleksi online-nya.

“Saya menjadi bagian dari sekelompok seniman yang karyanya berfokus pada COVID-19,” kata Stastny.

Baca juga: Bagaimana masa depan Art Jakarta dan pameran lainnya

Dia kemudian mulai mengumpulkan gambar karya rekan-rekannya di seluruh dunia melalui jejaring sosial termasuk Instagram dan Facebook untuk pameran yang diadakan hingga September.

Beberapa karya seni dimediasi oleh kedutaan, dan beberapa video direkam dan disediakan oleh UNESCO sebagai bagian dari kampanye Normal Berikutnya yang berfokus pada kehidupan setelah pandemi.

“Karya-karyanya luar biasa, mereka menangkap ide dan kesan yang dimiliki seniman selama pandemi,” kata pengunjung Terezie Pokorna. AFP.

“Orang ini mengolok-oloknya, yang itu membuat masalah besar.”

READ  'Suatu bentuk pengkhianatan': Aktivis hak-hak disabilitas mengkritik undang-undang ketenagakerjaan yang 'diskriminatif' - Nasional

Dari Praha, pameran akan berlanjut ke kota lain di Ceko, dan mungkin bahkan ke luar negeri.

“Kami sedang dalam pembicaraan dengan Belgia, Paris, Serbia, Uni Emirat Arab, Oman dan Thailand,” kata Stastny.

Periode premi Anda akan kedaluwarsa dalam 0 hari

tutup x

Berlangganan untuk mendapatkan akses tak terbatas Dapatkan diskon 50% sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *