Satelit Rusia dan badan roket China yang ‘berisiko sangat tinggi’ akan bertabrakan malam ini: lapor

Para ahli percaya sudah mati Rusia satelit dan dibuang Cina roket bisa menabrak satu sama lain jauh di atas bumi pada hari Kamis, menurut laporan.

Perusahaan pelacak satelit LeoLabs pada hari Rabu mengatakan objek yang mati bisa datang dalam jarak 39 kaki satu sama lain dan ada kemungkinan 10% bahwa mereka masih bisa bertabrakan sekitar jam 8:56 malam ET. Perusahaan menganggap potensi kecelakaan itu sebagai “risiko yang sangat tinggi”.

“Peristiwa ini terus berisiko sangat tinggi dan kemungkinan akan tetap seperti ini selama waktu pendekatan terdekat,” tweet LeoLabs.

NASA ASTRONAUT MENCAPAI SPACE STATION SETELAH PERJALANAN ‘FAST-TRACK’

Jonathan McDowell, seorang astrofisikawan di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, mengatakan kedua benda itu adalah satelit navigasi Soviet yang mati yang disebut Parus. [Kosmos 2004] yang diluncurkan pada tahun 1989 dan panggung roket China.

Pada Selasa, objek – dengan massa sekitar tiga metrik ton – berada di orbit rendah Bumi pada ketinggian sekitar 615 mil, kata LeoLabs.

SPACECRAFT DAPAT BERBURU SEUMUR HIDUP SEBAGAI TERBANG LALU VENUS MINGGU INI

Karena benda-benda tersebut terletak tinggi di atas tanah, mereka tidak menimbulkan risiko bagi siapa pun di bumi. Namun, tabrakan dapat menyebabkan lebih banyak puing-puing mengorbit bumi, yang dapat meningkatkan risiko tabrakan di masa depan.

Puing-puing itu juga bisa mengancam astronot.

“Jika ini berubah menjadi tabrakan, mungkin ribuan hingga puluhan ribu puing-puing baru yang akan menyebabkan sakit kepala bagi satelit mana pun yang keluar ke orbit rendah Bumi, atau bahkan lebih,” kata Dan Ceperley, CEO LeoLabs, menurut Business Insider. “Ini mungkin masalah yang jauh lebih besar daripada yang disadari banyak orang.”

READ  Bulan purnama langka pada Halloween dan satu jam ekstra untuk tidur :: WRAL.com

KLIK DI SINI UNTUK MENDAPATKAN APLIKASI FOX NEWS

Hingga Februari tahun ini, ada 128 juta objek puing di orbit, menurut Badan Antariksa Eropa. Sekitar 34.000 dari benda-benda itu lebih besar dari 10 cm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *