Ribuan gunung berapi aktif di Indonesia mengungsi

Ribuan gunung berapi aktif di Indonesia mengungsi

Pihak berwenang Indonesia memantau dengan cermat beberapa gunung berapi setelah sensor mendeteksi peningkatan aktivitas mereka dalam beberapa pekan terakhir, yang mengakibatkan ribuan orang dievakuasi.

Abu panas bermigrasi hingga 3.000 meter ke atas lereng Gunung Semeru pada Selasa pagi, menyebabkan kepanikan di antara warga, kata Raditya Jati, juru bicara bantuan bencana. Beberapa desa di lereng gunung itu tertutup abu dan belerang.

Gunung setinggi 3.676 meter di kabupaten Lumajang ini merupakan gunung berapi tertinggi di pulau Jawa, terpadat di Indonesia.

Pihak berwenang masih berusaha mengevakuasi sekitar 550 orang di gunung tersebut, kata Jati. Tidak ada laporan cedera atau kerusakan serius, katanya.

Pusat Penanggulangan Bencana Geologi dan Vulkanologi belum menaikkan tingkat kewaspadaan di Semeru, yang sudah menjadi yang tertinggi ketiga sejak meletus pada Mei lalu. Badan tersebut menyarankan penduduk lokal dan wisatawan untuk tinggal 4 kilometer dari kawah.

Letusan Selasa terjadi dua hari setelah Gunung Ili Lewotolok mengeluarkan awan panas yang mencapai ketinggian 4.000 meter. Lebih dari 4.600 orang telah dievakuasi dari lereng gunung di Pulau Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Badan vulkanologi menaikkan tingkat kewaspadaan Levotolok ke tingkat tertinggi kedua setelah mencatat peningkatan aktivitas. Gunung berapi setinggi 1.423 meter itu mulai meletus pada Oktober 2017 lalu.

Departemen Perhubungan mengeluarkan laporan penerbangan dan bandara lokal ditutup ketika abu jatuh di sebagian besar pulau.

Di bagian lain Pulau Jawa, sejak awal November, pihak berwenang telah mengevakuasi lebih dari 1.800 orang yang tinggal di lereng subur Gunung Merapi yang tidak stabil, yang meningkatkan aktivitas vulkaniknya.

Pemerintah daerah di provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta terus memantau situasi di gunung berapi tersebut setelah otoritas geologi menaikkan tingkat kewaspadaan untuk Merapi ke nilai tertinggi kedua dan merekomendasikan agar orang-orang tinggal dalam jarak 5 kilometer dari gunung tersebut. Kawah.

READ  Jurnal Ilmiah Berkomitmen pada Keberagaman, tetapi Kurang Datanya

Gunung setinggi 2.968 meter ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Sekitar seperempat juta orang tinggal dalam radius 10 kilometer dari gunung berapi.

Merapi mengeluarkan abu dan gas panas pada bulan Juni, mencapai ketinggian 6 kilometer, meskipun tidak ada korban jiwa. Dalam wabah besar terakhirnya pada tahun 2010, 347 orang tewas dan 20.000 orang dievakuasi.

Pihak berwenang di Provinsi Sumatera Utara memantau Gunung Sinabung, yang menurut sensor meningkatkan aktivitas pada Agustus. Penduduk daerah tersebut disarankan untuk tetap berada dalam jarak 5 kilometer dari kawah dan mewaspadai bahaya yang ditimbulkan oleh lahar.

Mirzam Abdurrahman, ahli vulkanologi Institut Teknologi Bandung, menjelaskan aktivitas vulkanik di berbagai tempat bisa meningkat hampir bersamaan karena faktor yang sama, karena gunung berapi tersebut terletak di Gapura Sunda yang sama yang menutupi Kepulauan Sumatera di Jawa. , Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Indonesia memiliki lebih dari 120 gunung berapi aktif dan rentan terhadap aktivitas seismik karena terletak di Cincin Api Pasifik, busur gunung berapi dan patahan yang mengelilingi Pasifik.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut