Pria Irlandia kelahiran Punjab mengincar rekor Guinness untuk ‘berjalan di bumi’: The Tribune India

London, 17 Oktober

Seorang pria berusia 70 tahun, lahir di Punjab dan tinggal di Irlandia selama lebih dari 40 tahun, telah mengajukan Rekor Dunia Guinness setelah menyelesaikan apa yang dia sebut Earth Walk – mencakup lebih dari 40.075 kilometer atau setara dengan keliling bumi di kurang dari 1.500 hari – tanpa keluar dari kota kelahirannya, Limerick.

Vinod Bajaj memulai perjalanannya pada Agustus 2016 dengan tujuan sederhana untuk menurunkan berat badan dan menjadi lebih bugar.

Saat berat badannya turun, antusiasmenya untuk berjalan hanya berlipat ganda dan menuntunnya untuk memetakan berbagai rute, termasuk melalui mal dalam ruangan untuk mengatasi kendala cuaca.

“Selama tiga bulan pertama saya berjalan tujuh hari seminggu, saya kehilangan 8 kg dengan defisit 700 kalori per hari. Selama enam bulan berikutnya, saya kehilangan 12 kg lagi. Penurunan berat badan hampir seluruhnya terjadi karena berjalan dan saya tidak harus banyak mengubah kebiasaan makan saya, ”kata Bajaj.

“Biasanya, saya mulai berjalan pagi-pagi sekali dan menyelesaikan sebagian besar dalam dua interval, yang pertama selalu untuk durasi yang lebih lama. Ada banyak kali saya melakukan seluruh perjalanan dalam satu upaya. Memulai lebih awal memungkinkan saya untuk menyelesaikannya pada sore hari, yang memberi saya banyak waktu untuk melakukan hal-hal seperti berbelanja, pekerjaan bank, pekerjaan rumah dan kebun, ”katanya.

Pensiunan insinyur dan konsultan bisnis dibesarkan di Chennai dan pindah ke Skotlandia pada tahun 1975 untuk Magister Manajemen dari Glasgow sebelum pekerjaan membawanya ke Republik Irlandia 43 tahun yang lalu, di mana dia telah tinggal bersama keluarganya di Castletroy, pinggiran kota. Limerick, selama 36 tahun.

Itu adalah berita lokal Irlandia dan dunia yang menemaninya selama perjalanan jauhnya, yang berada dalam radius 10 km dari Castletroy.

READ  Psoriatic Arthritis vs Rheumatoid Arthritis: Inilah Perbedaannya

Dia juga mengunduh aplikasi pelacak aktivitas Pacer di ponsel cerdasnya untuk melacak langkah-langkahnya secara lengkap dan catatannya menandai pencapaian utamanya di sepanjang jalan.

“Pada akhir tahun pertama saya berjalan 7.600 km dan yang mengejutkan saya, saya menemukan bahwa sebenarnya, saya berjalan ke India dari Irlandia. Saya terus berjalan dan pada akhir tahun kedua, saya berjalan secara kumulatif sejauh 15.200 km dan saya menemukan bahwa sebenarnya, saya berjalan lebih dari sekadar keliling bulan (10.921 km). Ini memotivasi saya lebih jauh dan saya memutuskan untuk berjalan mengelilingi Mars (21.344 km), ”kenangnya.

“Perbedaan antara Mars Walk dan Earth Walk kira-kira 19.000 km dan saya tahu itu tidak akan mudah. Saya terus berjalan dengan tujuan untuk menyelesaikan tujuan akhir saya, ”katanya, mengacu pada Earth Walk-nya, yang dia selesaikan pada 21 September.

Aplikasinya dengan Rekor Dunia Guinness saat ini sedang dalam proses karena mereka menilai apakah perjalanannya menutupi ekuivalen dengan keliling Bumi dalam 1.496 hari dan 54.633.135 langkah berhasil.

Sementara itu, misi berjalannya terus berlanjut meskipun ada kendala penguncian COVID-19, yang berarti dia harus mengulangi rutenya beberapa kali sehari untuk memenuhi target jalan kaki hariannya.

Dia juga mengisi ulang dirinya dengan almond, kacang mete, kenari dan pisang untuk menjaga tingkat energi selama berjalan. “Istri dan saudara saya awalnya tidak terkesan karena mereka semua merasa bahwa saya terlalu banyak berjalan dan kesehatan saya akan terpengaruh. Akhirnya, mereka datang dengan enggan dan sekarang berharap saya akan mengurangi perjalanan saya dan tidak mencoba Earth Walk kedua, berlawanan arah jarum jam, ”candanya.

Sementara dia menunggu tanggapan atas rekor dunianya yang potensial, Bajaj ingin menyebarkan pesan bahwa berjalan adalah bentuk latihan terbaik untuk segala usia – “lebih baik daripada berlari atau jogging dan itu gratis”.

READ  Statistik COVID-19 | 24 September 2020 | Lost Coast Outpost

Setelah menjalankan 12 pasang sepatu, rata-rata tiga pasang per tahun, selama Earth Walk-nya, nasihat utamanya adalah berinvestasi dalam sepasang sepatu dan kaus kaki yang bagus.

Dan, saran lain untuk sesama pejalan kaki: “Kesepian akan menjadi tantangan terbesar dalam berjalan dan sebagian dapat diatasi dengan mendengarkan musik atau podcast. Jadikanlah payung sebagai sahabat Anda sehingga tidak ada cuaca yang mengganggu rencana jalan Anda dan motivasi diri, disiplin, konsistensi dan manajemen waktu adalah kuncinya ”. PTI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *