Para arkeolog menemukan lukisan gua tertua di dunia di gua Indonesia

Para arkeolog menemukan lukisan gua tertua di dunia di gua Indonesia

Berita khusus dari ilmu

Lukisan babi hutan dengan berbagai stensil tangan berasal dari 45.000 tahun yang lalu, menjadikannya representasi hewan tertua di planet ini.

Sekelompok arkeolog telah menemukan lukisan batu tertua di dunia: gambar babi hutan seukuran aslinya yang dibuat di Indonesia setidaknya 45.500 tahun yang lalu.

Temuan itu dijelaskan dalam jurnal Kemajuan dalam sains Rabu ini menawarkan bukti awal pemukiman manusia di daerah tersebut.

Griffith University, Australia, rekan penulis Maxime Aubert mengatakan kepada AFP bahwa mahasiswa PhD Basran Burhan menemukan karya seni itu di Pulau Sulawesi pada tahun 2017 ketika sebuah tim sedang melakukan eksplorasi dengan pihak berwenang Indonesia.

Gua Leang Tedongnge terletak di lembah yang jauh yang dikelilingi oleh tebing kapur terjal, satu jam berjalan kaki dari jalan terdekat. Tempat ini hanya dapat diakses di musim kemarau karena banjir selama musim hujan, dan anggota komunitas Bugis yang terisolasi memberi tahu tim bahwa orang barat belum pernah melihatnya sebelumnya.

Babi Sulawesi dengan panjang 136 cm dan tinggi 54 cm dicat dengan pigmen oker merah tua dan memiliki sisir rambut kecil dan sepasang kutil wajah berbentuk tanduk yang menjadi ciri khas jantan dewasa spesies ini.

Ada dua jejak tangan pada kaki belakang babi hutan yang tampak berada di depan dua babi lainnya sebagai bagian dari adegan naratif, hanya terawetkan sebagian.

“Babi itu tampaknya menyaksikan perkelahian atau interaksi sosial antara dua babi hutan lainnya,” kata penulis lain dari karya tersebut, Adam Brumm.

Sulawesi dikenal memiliki beberapa seni cadas tertua di dunia, tetapi lukisan baru mungkin berasal dari sebelum contoh lain ditemukan di pulau itu hingga saat ini. Orang telah berburu babi hutan Sulawesi, atau babi hutan, selama puluhan ribu tahun. Ini adalah kehadiran penting seni prasejarah di kawasan itu, terutama selama Zaman Es.

READ  Para Ahli Secara Paksa Menolak Deklarasi Barrington

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut