Menuju utara: Afrika Selatan menarik tim dari Super Rugby, meluncurkan serangan menakjubkan ke Selandia Baru

Persatuan Rugbi Afrika Selatan telah mengonfirmasi akan menarik tim dari Super Rugby untuk bermain di liga PRO14 Eropa, menyalahkan Selandia Baru atas bubarnya kompetisi belahan bumi selatan secara tiba-tiba.

Keputusan itu dibuat setelah pemungutan suara dari serikat provinsi SARU dan pembelotan bisa berlaku segera tahun depan jika kesepakatan dicapai dengan PRO Rugby Championship, yang menjalankan PRO14.

Itu berarti empat tim teratas di Afrika Selatan – Bulls, Stormers, Sharks and Lions – akan memainkan rugby domestik mereka melawan klub-klub dari Irlandia, Wales, Skotlandia dan Italia, bukan rival tradisional mereka di Selandia Baru dan Australia.

Juara dunia Springboks masih akan memainkan Ujian melawan Selandia Baru, Australia dan Argentina di Kejuaraan Rugby empat negara.

Namun, secara realistis, partisipasi Afrika Selatan dalam kejuaraan itu mungkin juga dipertimbangkan kembali setelah musim tim domestik teratasnya sejajar dengan belahan bumi utara.

SARU menyebut langkah Selasa sebagai pemungutan suara untuk “masa depan belahan bumi utara”.

SARU juga mengatakan pihaknya dipaksa oleh keputusan “sepihak” Selandia Baru untuk menyelenggarakan kompetisi domestiknya sendiri, atau mungkin kompetisi trans-Tasman yang melibatkan tim Australia dan lainnya untuk tahun depan.

Itu tampaknya karena ketidakpastian apakah turnamen Super Rugby tradisional dapat dilanjutkan di tengah pandemi virus corona.

Meski begitu, SARU menilai masih sedikit untuk tidak berkonsultasi.

“Anggota kami sangat antusias dengan prospek penyelarasan yang lebih dekat dengan Kejuaraan Rugby PRO dan mencari masa depan belahan bumi utara, tetapi kami tidak akan mengambil keputusan ini tetapi untuk tindakan di tempat lain,” kata kepala eksekutif SARU Jurie Roux.

“Kami akan memberi tahu mitra SANZAAR kami tentang keputusan rapat umum.”

READ  Striker Liverpool Rhian Brewster akan menyelesaikan transfer permanen sesuai klausul pembelian kembali yang dirinci

BACA LEBIH BANYAK:

MCLENNAN: Rugby Australia, Selandia Baru Hubungan rugbi di ‘surut terendah’

BUDAYA: Mengapa Wallabies mendorong diri mereka sendiri ke batas di bawah Rennie

BERITA TIM: Rennie tetap bungkam atas riasan tim pertandingan Wallabies

Keputusan itu diambil dari penampilan Ketua Rugby Australia Hamish McLennan di acara Kiwi Kerusakan, di mana Aussie memanggil tetangganya yang trans-Tasman untuk menunjukkan “rasa hormat” kepada mereka.

McLennan mengatakan bahwa Rugby Selandia Baru mengorganisir kompetisi untuk tahun depan dengan cara yang salah.

“Saya pikir masalah mendasar dari kami adalah Anda harus menghormati posisi kami,” kata McLennan Kerusakan.

“Kami tahu kami belum sebaik yang seharusnya dan ada beberapa masalah sistemik yang kami hadapi dalam rugby Australia dari akar rumput hingga area performa tinggi kami, tetapi jika Anda melihat sejarah gabungan keduanya negara di dalam dan di luar lapangan kami adalah mitra yang sangat dekat, saudara dan saudari, jadi saya akan mengatakan menghormati apa yang harus kami lakukan.

“Dalam jangka panjang, jika kami mampu memasukkan lima tim ke dalam kompetisi 10 atau 12 tim (trans-Tasman), kami akan mengirimkannya untuk kalian, tetapi itu hanya butuh waktu …

“Saya dihadapkan pada keputusan untuk mengeluarkan dua atau tiga tim dari kompetisi kami dan kami sangat tersinggung dengan cara penanganannya dan cara kami diinstruksikan bagaimana kompetisi akan berjalan bersama, dan saya rasa itu adil atau cara yang tepat untuk menanganinya.

“Tapi kami siap menerima bahwa itu semua adalah air di bawah jembatan, tapi kami harus fokus pada membangun kompetisi baru untuk tahun depan dan seterusnya.”

Terlepas dari komentar Roux yang menyalahkan Selandia Baru, ada desas-desus kuat selama bertahun-tahun bahwa Afrika Selatan berusaha untuk meninggalkan kemitraan belahan bumi selatannya dan bermain di kompetisi Eropa, mengingat zona waktu yang sama.

READ  Sepak bola hanyalah sebagian darinya: Diego Maradona melampaui olahraga | Uki Goñi | Pendapat

Afrika Selatan mungkin masih memiliki satu tim dalam turnamen Super Rugby masa depan yang dikurangi, dengan rencana untuk bernegosiasi dengan SANZAAR untuk menempatkan Cheetah yang berbasis di Bloemfontein dalam versi baru turnamen.

Cheetah telah menjadi bagian dari PRO14 sejak 2017 setelah dipotong dari Super Rugby tetapi akan pergi ke arah lain dan bergabung kembali dengan Super Rugby jika kesepakatan tercapai antara SARU dan SANZAAR.

Cape Town – Dengan staf penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *