lebih dari 40 tewas dan ratusan hilang

lebih dari 40 tewas dan ratusan hilang

Selain itu, beberapa bangunan termasuk rumah sakit ambruk akibat gempa, sementara beberapa diantaranya diperkirakan 15 ribu orang kehilangan rumah sementara pemerintah khawatir bahwa Jumlah total kematian adalah ratusan orang.

Dia Gempa bumi Skala 6,2 yang muncul dalam semalam, melukai beberapa ratus orang dan menyebabkan kepanikan di antara warga Sulawesi Barat, yang pernah mengalami bencana lebih besar pada tahun 2018 lalu.

Ali Rahman, kepala badan perlindungan sipil setempat, mengatakan hanya ada 26 kematian di ibu kota provinsi Mamuju.

“Jumlah itu boleh bertambah, tapi mudah-mudahan tidak … Banyak yang tewas yang terjebak di bawah reruntuhan,” tambahnya.

indonesia terremoto 2.jpg

Sebuah rumah sakit dan beberapa bangunan hancur total pasca gempa bumi di Indonesia.

Sebuah rumah sakit dan beberapa bangunan hancur total pasca gempa bumi di Indonesia.

Orang lain tewas di Majene, sebuah kota di wilayah Mamuju, kata badan penanggulangan bencana nasional.

Di Mamuju, sebuah kota berpenduduk 110.000, tim penyelamat mencari di bawah reruntuhan rumah sakit untuk mencari lebih dari selusin pasien dan staf medis yang hilang.

“Rumah sakit itu hancur. Itu roboh. Ada pasien dan staf rumah sakit yang terperangkap di reruntuhan, dan kami berusaha mengevakuasi mereka,” kata Arianto, kepala penyelamat Mamuju, kepada AFP.

Arianto memperkirakan antara 10 hingga 20 orang terperangkap tetapi tidak tahu berapa banyak yang masih hidup.

Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter terjadi pada hari Jumat, menurut Institut Geofisika AS (USGS). Pusat gempa terletak 36 km selatan Mamuju pada kedalaman 18 km, kata USGS.

indonesia terremoto 3.jpg

Jalan dan jalur hancur setelah gempa bumi di Indonesia.

Jalan dan jalur hancur setelah gempa bumi di Indonesia.

Gambar menunjukkan warga yang mengungsi dengan sepeda motor atau mobil dan melewati reruntuhan atap seng dan bangunan yang rusak.

READ  Cerita Feby Febiola Minta Dokter Selamatkan Nyawanya sebelum Operasi Angkat Rahim : Okezone Celebrity

“Jalan rusak dan beberapa bangunan roboh,” kata Hendra, seorang Saksi berusia 28 tahun yang tinggal di Mamuju. “Getarannya sangat kuat (…) itu membangunkan saya dan saya melarikan diri dengan istri saya.”

Badan Meteorologi dan Geofisika Indonesia Dia memperingatkan kemungkinan gempa baru dan mendesak warga untuk menghindari pantai karena risiko tsunami.

“Gempa susulan bisa sama atau lebih kuat dari (gempa) pagi ini,” kata Dwikorita Karnawati, direktur badan tersebut.

Pada hari Kamis, gempa bumi berkekuatan 5,8 dirasakan di wilayah tersebut, yang tidak meninggalkan kerusakan berarti.

Setelah gempa bumi pada hari Jumat, terjadi tanah longsor yang memblokir akses ke salah satu jalan utama provinsi tersebut. Bandara lokal Mamuju juga rusak.

Kepulauan Indonesia terletak di “Cincin Api Pasifik”, sebuah wilayah dengan aktivitas seismik yang kuat.

Wilayah Palu di Pulau Celebes dilanda gempa bumi berkekuatan 7,5 skala Richter yang sangat kuat pada September 2018, diikuti oleh tsunami dahsyat.

Lebih dari 4.300 orang tewas dan hilang dalam bencana ini dan sedikitnya 170.000 orang mengungsi.

Gempa 9,1 yang mengerikan lainnya melanda pantai Sumatera pada tahun 2004, menyebabkan tsunami yang menewaskan 220.000 orang di daerah tersebut, termasuk sekitar 170.000 di Indonesia.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut