Jangan terlena, gugus tugas memperingatkan wilayah – Kam, 15 Oktober 2020

Jangan terlena, gugus tugas memperingatkan wilayah – Kam, 15 Oktober 2020

Satuan tugas COVID-19 nasional telah meminta pemerintah daerah untuk tidak menurunkan pengawalnya meskipun wilayah mereka telah diturunkan menjadi zona oranye atau hijau.

Menurut juru bicara satuan tugas Wiku Adisasmito, 34 wilayah dan kota secara konsisten diklasifikasikan sebagai zona oranye, artinya ada risiko menengah infeksi COVID-19 selama enam minggu berturut-turut.

Mereka terdiri dari 12 kabupaten / kota di Sumatera Utara, 11 di Jawa Tengah dan 11 di Jawa Timur. Beberapa kabupaten dan kota semakin mendekati status zona kuning, artinya risiko penularan COVID-19 rendah. Yaitu Kabupaten Rejang Lebong di Bengkulu, Madiuna dan Lamongan di Jawa Timur, DI Yogyakarta, Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Tengah, Kabupaten Donggala di Sulawesi Tengah, Kabupaten Buton Selatan dan Konawe Selatan di Sulawesi Tenggara, Kabupaten Lombok Barat di Nusa Tenggara Barat, kota Ternate. di Maluku Utara dan Kabupaten Maybrat di Papua Barat.

Tiga wilayah berada di ambang klasifikasi ulang sebagai zona merah. Mereka adalah Kota Langsa di Aceh, Kabupaten Pasaman Barat di Sumatera Barat dan Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah.

“Jangan terlena hanya karena daerah Anda bukan zona merah. Zona oranye masih berbahaya dan risiko penularan tetap ada. Jika terus berlanjut tanpa penanganan yang berarti, wilayah tersebut berpotensi menjadi zona merah kembali, ”kata Wiku dalam siaran pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa.

“Target kami adalah agar semua wilayah menjadi zona hijau, yang berarti tidak ada infeksi selama empat minggu berturut-turut dan tingkat pemulihan 100 persen.”

Oleh karena itu, Wiku mengimbau kepada pemerintah daerah untuk terus meningkatkan upaya pengujian, penelusuran, dan pengobatan (3T), sembari secara proaktif melibatkan pemerintah pusat setiap kali membutuhkan peralatan seperti reagen untuk pengujian, obat-obatan dan banyak hal lainnya.

READ  Mengapa Umat Kristen Indonesia Kecewa dengan Presiden Jokowi?

Dia menilai, banyak pemerintah daerah yang mulai berpuas diri setelah daerahnya menurunkan zona risiko COVID-19.

“Sangat disayangkan, lebih dari 50 persen kabupaten dan kota yang dulunya zona hijau kini menjadi zona kuning, dan beberapa zona oranye telah direklasifikasi menjadi zona merah minggu ini,” kata Wiku seperti dikutip kompas.com.

Wiku menjelaskan, pekan ini, dari lebih 400 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, 336 atau 65 persen dikategorikan sebagai zona oranye.

Oleh karena itu, ia mendorong pemerintah daerah untuk kembali fokus menangani COVID-19 agar infeksi harian dapat diturunkan dan pada akhirnya dapat dihilangkan.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, antara 4 hingga 11 Oktober, lima provinsi yang mencatat peningkatan infeksi harian baru tertinggi adalah Jawa Tengah, Jawa Barat, Papua Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah.

“Untuk provinsi-provinsi itu, mohon evaluasi pelaksanaan protokol kesehatannya. Masuk ke dalam daftar lima besar kasus positif COVID-19 bukanlah sesuatu yang bisa dibanggakan. ” (iwa)

Periode premi Anda akan kedaluwarsa dalam 0 hari

tutup x

Berlangganan untuk mendapatkan akses tak terbatas Dapatkan diskon 50% sekarang

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut