Investasi Bank Digital Diramal Semarak, Susul Gojek ke Bank Jago

Investasi Bank Digital Diramal Semarak, Susul Gojek ke Bank Jago

Bisnis.com, JAKARTA – Kehadiran Gojek menjadi pemegang saham sebesar 22 persen PT Bank Jago Tbk. bakal mewarnai peta industri keuangan ke depan.

Senior Faculty LPPI Moch. Amin Nurdin mengatakan mengatakan kolaborasi tersebut akan memberikan keuntungan signifikan bagi keduanya. Terutama, Bank Jago yang mendapatkan pasar baru dari jutaan pengguna Gojek dan mitra usahanya.

Selain bisa menambah pelanggan database, juga suntikan modal dan likuiditas. Masuknya perusahaan teknologi positif untuk pengembangan usaha bank kecil yang selama ini memiliki keterbatasan pada saluran elektronik karena regulasi.

Dia menambahkan ke depan investasi di bank digital akan menjadi tren di industri perbankan. Beberapa bank besar diperkirakan menyusul langkah serupa.

Hal tersebut sudah terlihat dari langkah PT Bank Central Asia Tbk. yang mengakuisisi Bank Royal, yang kemudian berganti nama menjadi Bank Digital BCA dan siap diluncurkan tahun depan.

“Ke depan akan menjadi hal baru dan beberapa bank besar akan melakukan kolaborasi dengan fintech membentuk bank digital, maupun akuisisi bank kecil dan sulit berkembang kemudian dijadikan anak usaha sebagai bank digital,” katanya, Jumat (18/12/2020).

Amin menambahkan POJK 12/2020 tentang konsolidasi bank umum pada akhirnya memaksa pemegang saham bank kecil untuk melakukan merger maupun akuisisi oleh bank besar. POJK tersebut mengatur kewajiban modal inti minimum bank Rp3 triliun pada 2022 secara bertahap.

“Mereka [bank kecil] memiliki beberapa pilihan seperti kemitraan strategis, membentuk KUB, merger dan akuisisi oleh bank besar, kolaborasi dengan fintech seperti yang dilakukan Bank Jago,” imbuhnya.

Konten Premium

Masuk / Daftar


Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

READ  5 hal yang menarik di Kualifikasi Piala Asia FIBA ​​2021 mendatang - Kualifikasi Piala Asia FIBA ​​2021


We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut