Foto Earthrise terkenal diambil pada Malam Natal | Dunia Manusia

Foto Earthrise terkenal diambil pada Malam Natal |  Dunia Manusia

Separuh Bumi mengambang di langit hitam di atas permukaan bulan yang abu-abu dan berlubang.

24 Desember 1968, dari awak Apollo 8. Cantik sekali? Ini bukan Earthrise, tentu saja. Seperti yang terlihat dari satu tempat di sisi dekat bulan, Bumi tidak naik atau terbenam, tetapi hanya tergantung di satu tempat di langit bulan. Para astronot melihat Bumi naik karena mereka bergerak di pesawat ruang angkasa di atas permukaan bulan.

Pada Malam Natal tahun 1968, William Anders, di dalam pesawat luar angkasa Apollo 8, mengarahkan kameranya ke arah Bumi dan mengambil foto legendaris ini. Itu adalah foto yang menunjukkan perspektif baru kepada manusia, dengan bulan di latar depan dan Bumi mengambang di angkasa yang jauh. Gambar ikonik membantu memacu gerakan lingkungan.

Kalender bulan EarthSky menunjukkan fase bulan untuk setiap hari pada tahun 2021. Pesan milik Anda sekarang sebelum habis!

Studio Visualisasi Ilmiah NASA merilis video di bawah ini pada peringatan 45 tahun foto yang sekarang dikenal sebagai “Earthrise”. Posisi Apollo 8 dan apa yang dilihat para astronot melalui jendela pesawat ruang angkasa dibuat ulang dan dicocokkan dengan audio dari penerbangan.

Anda dapat mendengar suara astronot Apollo 8: Komandan Frank Borman dan anggota kru William A. Anders dan James A. Lovell. Pada orbit keempat astronot di bulan, Borman melakukan manuver berguling pesawat mereka, yang menempatkan mereka pada posisi untuk menangkap Bumi yang naik di atas cakrawala bulan. Video tersebut menyampaikan momen-momen menarik saat mereka dikejutkan dengan pemandangan untuk pertama kalinya dan bergulat untuk mendapatkan film berwarna untuk menangkap foto penting tersebut, sambil bercanda bahwa gambar tersebut bukan bagian dari jadwal mereka.

Dan Agak menggambarkan gambar ikonik dalam bukunya, Apa Yang Menyatukan Kami. Dia menjelaskan bagaimana itu menangkap Bumi yang damai dalam kegelapan ruang dan apa yang sebenarnya terjadi di planet ini pada momen sejarah itu:

Gambar ini, begitu damai namun begitu menakjubkan, diambil pada akhir tahun yang penuh gejolak. Saat itu Malam Natal 1968, tetapi dari sana Anda tidak akan pernah tahu bahwa perang panas sedang berkecamuk di Vietnam atau bahwa Perang Dingin sedang memecah Eropa. Anda tidak akan tahu tentang pembunuhan Dr. Martin Luther King Jr. atau Bobby Kennedy. Dari jarak itu, orang tidak terlihat, begitu pula kota, negara, dan batas negara. Semua yang memisahkan kita secara etnis, budaya, politik, dan spiritual tidak ada dalam gambar. Apa yang kita lihat adalah satu planet yang rapuh sedang melintasi ruang angkasa yang luas.

Dengan mengklik tombol rana, pesawat ruang angkasa kita, Bumi, dan semua orang di dalamnya, ditangkap oleh manusia pertama yang menjelajah melampaui batas gravitasi Bumi dan memberi kita gambaran yang lebih baik tentang rumah kita.

Di langit hitam, garis kehijauan bersinar lebih lebar di salah satu ujungnya.

Apollo 8 memasuki kembali atmosfer bumi, seperti yang difoto dari pesawat USAF KC-135A di ketinggian 40.000 kaki. Gambar melalui @elakdawalla di Twitter.

Intinya: Earthrise adalah foto ikonik yang diambil oleh astronot William Anders di orbit keempat bulan di atas Apollo 8 pada 24 Desember 1968.

READ  Video Drone Menunjukkan Momen Dramatis Runtuhnya Observatorium Arecibo

Klik di sini untuk membaca lebih detail tentang visualisasi NASA.

Deborah Byrd

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut