China bersiap untuk misi membawa kembali materi dari bulan

China bersiap untuk misi membawa kembali materi dari bulan

WENCHANG, Tiongkok (AP) – Para teknisi Tiongkok pada Senin membuat persiapan terakhir untuk misi membawa kembali material dari permukaan bulan untuk pertama kalinya dalam hampir setengah abad – sebuah upaya yang dapat meningkatkan pemahaman manusia tentang bulan dan tata surya. lebih umum.

Chang’e 5 – dinamai untuk dewi bulan China – adalah misi bulan paling ambisius di negara itu. Jika berhasil, itu akan menjadi kemajuan besar bagi program luar angkasa China, dan beberapa ahli mengatakan itu dapat membuka jalan untuk membawa sampel kembali dari Mars atau bahkan misi bulan berawak.

Empat modul dari pesawat ruang angkasa Chang’e 5 diharapkan dikirim ke luar angkasa Selasa dengan roket Long March-5 dari pusat peluncuran Wenchang di sepanjang pantai provinsi pulau selatan Hainan, menurut deskripsi misi NASA.

Administrasi Luar Angkasa Nasional China yang tertutup hanya mengatakan bahwa peluncuran dijadwalkan pada akhir November, meskipun Proyek Eksplorasi Bulan mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa keberhasilan dalam mengorbit, turun dan kembali akan “meletakkan dasar yang kokoh untuk misi masa depan.”

Tugas utama misi ini adalah untuk mengebor 2 meter (hampir 7 kaki) di bawah permukaan bulan dan mengumpulkan sekitar 2 kilogram (4,4 pon) batuan dan puing-puing lainnya untuk dibawa kembali ke Bumi, menurut NASA. Itu akan menawarkan kesempatan pertama bagi para ilmuwan untuk mempelajari materi bulan yang baru diperoleh sejak misi Amerika dan Rusia pada 1960-an dan 1970-an.

Setelah melakukan perjalanan tiga hari dari Bumi, waktu pendaratan Chang’e 5 di bulan dijadwalkan menjadi singkat dan manis. Ia hanya dapat bertahan satu siang bulan, atau sekitar 14 hari Bumi, karena ia tidak memiliki unit pemanas radioisotop untuk menahan malam bulan yang membeku.

READ  Winter Solstice 2020: Yang perlu diketahui tentang hari terpendek dalam setahun

Pendarat akan menggali material dengan bor dan lengan robotnya dan memindahkannya ke tempat yang disebut ascender, yang akan lepas landas dari bulan dan berlabuh dengan “kapsul servis”. Bahan-bahan tersebut kemudian akan dipindahkan ke kapsul kembali untuk perjalanan pulang ke Bumi.

Kompleksitas teknis Chang’e 5, dengan empat komponennya, membuatnya “luar biasa dalam banyak hal,” kata Joan Johnson-Freese, pakar luar angkasa di US Naval War College.

“China menunjukkan dirinya mampu mengembangkan dan berhasil melaksanakan program teknologi tinggi yang berkelanjutan, penting untuk pengaruh regional dan kemungkinan kemitraan global,” katanya.

Secara khusus, kemampuan untuk mengumpulkan sampel dari luar angkasa semakin nilainya, kata Jonathan McDowell, astronom di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics. Negara lain yang berencana mengambil material dari asteroid atau bahkan Mars mungkin melihat pengalaman China, katanya.

Sementara misinya “benar-benar menantang,” McDowell mengatakan China telah mendarat dua kali di bulan dengan misi Chang’e 3 dan Chang’e 4, dan menunjukkan dengan misi uji coba Chang’e 5 2014 bahwa China dapat menavigasi kembali ke Bumi , masukkan kembali dan mendaratkan kapsul. Yang tersisa hanyalah menunjukkan bahwa ia dapat mengumpulkan sampel dan lepas landas lagi dari bulan.

“Sebagai hasilnya, saya cukup optimis China bisa melakukan ini,” katanya.

Misi tersebut termasuk di antara China yang paling berani sejak pertama kali menempatkan manusia di luar angkasa pada tahun 2003, menjadi hanya negara ketiga yang melakukannya setelah AS dan Rusia.

Sementara banyak pencapaian penerbangan luar angkasa berawak China, termasuk membangun stasiun luar angkasa eksperimental dan melakukan perjalanan luar angkasa, mereproduksi prestasi negara-negara lain dari tahun-tahun sebelumnya, CNSA sekarang bergerak ke wilayah baru.

READ  Galaksi terjauh meningkatkan model sejarah alam semesta kita

Chang’e 4 – yang merupakan pendaratan lunak pertama di sisi jauh bulan yang relatif belum dijelajahi hampir dua tahun lalu – saat ini sedang mengumpulkan pengukuran penuh paparan radiasi dari permukaan bulan, informasi penting bagi negara mana pun yang berencana mengirim astronot ke bulan.

China pada bulan Juli menjadi salah satu dari tiga negara yang telah meluncurkan misi ke Mars, dalam kasus China pengorbit dan penjelajah yang akan mencari tanda-tanda air di planet merah. CNSA mengatakan pesawat ruang angkasa Tianwen 1 akan tiba di Mars sekitar Februari.

China semakin terlibat dengan negara asing dalam misi, dan Badan Antariksa Eropa akan memberikan informasi stasiun darat yang penting untuk Chang’e 5.

Namun undang-undang AS masih mencegah sebagian besar kolaborasi dengan NASA, tidak termasuk China untuk bermitra dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional. Hal itu telah mendorong China untuk mulai mengerjakan stasiun antariksa sendiri dan meluncurkan programnya sendiri yang membuatnya bersaing ketat dengan Jepang dan India, di antara negara-negara Asia yang ingin mencetak prestasi baru di luar angkasa.

Program luar angkasa China telah berkembang dengan hati-hati, dengan kemunduran yang relatif sedikit dalam beberapa tahun terakhir. Roket Long March-5, yang dijuluki “Fat 5” karena bentuknya yang besar, gagal pada upaya peluncuran sebelumnya, tetapi sejak itu tampil tanpa kesalahan, termasuk meluncurkan Chang’e 4.

“China bekerja sangat bertahap, mengembangkan blok bangunan untuk penggunaan jangka panjang untuk berbagai misi,” kata Freese-Johnson. Sistem otoriter satu partai China juga memungkinkan “kemauan politik berkepanjangan yang seringkali sulit di negara demokrasi,” katanya.

Meskipun AS telah mengikuti kesuksesan China dengan cermat, tampaknya AS tidak mungkin bekerja sama dengan China di luar angkasa di tengah kecurigaan politik, persaingan militer yang semakin tajam, dan tuduhan pencurian teknologi China, kata para ahli.

READ  Kapan pesanan tinggal di rumah SoCal akan berakhir?

“Perubahan dalam kebijakan AS mengenai kerja sama luar angkasa tidak mungkin mendapatkan banyak perhatian pemerintah dalam waktu dekat,” kata Johnson-Freese.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut