Anda mencapai kondisi materi kelima di luar angkasa

Anda mencapai kondisi materi kelima di luar angkasa
Enzo Campetella 5 menit
masalah
Grafik tersebut menunjukkan proses yang mendinginkan materi dan akhirnya kondensat Bose-Einstein terbentuk, di mana atom-atom menjadi bingung.

Itu Stasiun ruang angkasa Internasional (ISS) adalah tempat istimewa untuk melakukan eksperimen di lingkungan non-gravitasi dan dalam kondisi yang berbeda dari yang ada di Bumi. Antara lain, tes eksotis dilakukan. Keadaan kelima ditambahkan ke empat keadaan materi yang diketahui (padat, gas, cair dan plasma).

Menurut terbitan majalah tersebut alam, Gas ultra-dingin eksotis yang disebut Kondensat Bose-Einstein (BEC) dihasilkan di atas Stasiun Luar Angkasa Internasional. Laporan tersebut mencatat bahwa prestasi ini tidak hanya merupakan tonggak teknologi, tetapi juga dapat meningkatkan pemahaman kita tentang fisika dasar.

Kondisi ini pertama kali diamati sekitar 25 tahun lalu. Dari sana, benda-benda ini menjadi alat penting untuk mempelajari fisika kuantum. Namun, kondisi jatuh bebas abadi yang berlaku di Stasiun Luar Angkasa Internasional menawarkan metode baru untuk mempelajarinya dan membuat sejumlah besar pengukuran presisi tinggi.

Pahami dunia kuantum

Studi tentang dunia kuantum merupakan tantangan besar bagi sains karena kompleksitasnya yang luar biasa. Anda perlu tahu bahwa perilaku materi berbeda pada skala yang sangat kecil dari tempat kita biasanya berinteraksi. Dibandingkan gaya atom, gravitasi menjadi kurang penting. A BEC terjadi ketika awan padat dari atom yang terperangkap didinginkan hingga suhu mendekati nol absolut.

Anda mungkin juga tertarik pada: Seperti inilah “sprite” itu: fenomena cahaya yang menakjubkan

Dalam pengaturan ultra dingin ini, atom terutama mencapai keadaan energi terendah. Prinsip utama mekanika kuantum adalah dualitas gelombang-partikel, sehingga setiap partikel dapat digambarkan sebagai gelombang materi. Dalam keadaan ini, mereka adalah objek yang berguna untuk menguji mekanika kuantum, karena seluruh awan atom dapat dilihat sebagai satu gelombang materi. Properti ini disebut degenerasi kuantum.

READ  AMP5.- Indonesia.- Korban tewas akibat gempa bumi di pulau Celebes Indonesia meningkat menjadi 45 orang

Keuntungan dari KBG adalah sebagai berikut berperilaku seperti materi kuantum dalam skala besar, sesuatu yang sulit dicapai dan lebih sulit dipelajari. Seperti yang ditunjukkan Ilmu ABCStasiun Internasional telah menjalankan eksperimen ukuran freezer yang disebut Lab Atom Dingin (CAL) selama dua tahun. Di sana atom dapat didinginkan dalam ruang hampa hingga suhu sepersepuluh miliar derajat di atas nol mutlak – suhu serendah mungkin (-273,15 ° C) menjadikannya salah satu tempat terdingin di alam semesta.

Bantuan gayaberat mikro ruang

Jenis kondensat kuantum ini diprediksi oleh Albert Einstein dan Satyendra Nath Bose lebih dari 95 tahun yang lalu, tetapi para ilmuwan hanya mengamatinya di laboratorium 25 tahun yang lalu, menurut ABC Science. Sekarang Ini pertama kalinya tercapai di luar angkasa.

ISS
Percobaan dilakukan di Stasiun Luar Angkasa Internasional, di mana kekurangan gravitasi merupakan elemen penting untuk mendapatkan hasil yang baik.

Proses dan hasilnya menarik. Atom rubidium dan kalium disuntikkan ke dalam ruang ultra-dingin untuk memperlambatnya hingga mendekati nol absolut. Kemudian perangkap magnet dibuat yang, bersama dengan alat lain, mengubah atom menjadi awan padat. Pada titik ini atom bingung satu sama lain. Hasil ini sendiri menarik dan karena itu dipandang sebagai keadaan materi baru.

Di atmosfer bumi, jenis eksperimen ini menjadi rumit dengan mengganggu gravitasi. Sebaliknya, gayaberat mikro stasiun luar angkasa memungkinkan material yang dihasilkan diamati lebih lama. Dalam hal ini, dicapai sedikit lebih dari 1 detik, yang lebih dari cukup untuk mendapatkan hasil yang baik. Konsentrasi Bose-Einstein menjanjikan aplikasi masa depan yang sangat berguna.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut