Saat kampanye AS melawan China, sambutan yang semakin meningkat di India

Saat kampanye AS melawan China, sambutan yang semakin meningkat di India

Ketika Amerika Serikat mencoba menandatangani kesepakatan pertahanan tujuh tahun lalu dengan Maladewa, sebuah kepulauan yang luas dan strategis, rencananya diam-diam ditorpedo oleh seorang teman – India, yang menganggap Samudra Hindia sebagai wilayah pengaruhnya.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo akan mengunjungi Maladewa minggu ini setelah pembicaraan tingkat atas di India – yang menawarkan dukungan terbuka ketika Pentagon akhirnya melanjutkan pakta pertahanan dengan negara pulau itu pada bulan September.

Apa yang membawa perubahan, kata para analis, adalah keprihatinan mendalam di New Delhi tentang China, yang terlibat dalam bentrokan perbatasan mematikan dengan India tahun ini dan telah meningkatkan pengaruhnya di sekitar Asia Selatan, termasuk di Maladewa.

Pompeo juga akan mengunjungi Sri Lanka – di mana China telah meminjamkan miliaran dolar, meninggalkan segunung utang – serta Indonesia, ketika pemerintahan Presiden Donald Trump meningkatkan tantangannya terhadap klaim maritim Beijing di Laut China Selatan yang sarat sengketa.

Pompeo, yang memperjuangkan garis keras di Beijing, mengatakan perjalanannya akan “termasuk diskusi tentang bagaimana negara-negara bebas dapat bekerja sama untuk menggagalkan ancaman yang ditimbulkan oleh Partai Komunis China.”

Memindahkan ‘jarum’ dari Tiongkok

Pompeo akan menjadi menteri luar negeri AS pertama sejak 2004 yang mengunjungi Maladewa, yang berdasarkan perjanjian pertahanan setuju untuk memperkuat kerja sama dengan Amerika Serikat dan mendukung “Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.”

“Di lain waktu, India mungkin akan mengeluhkan kehadiran AS di Samudra Hindia. Hari ini, mereka tidak ingin AS pergi, ”kata Tanvi Madan, direktur Proyek India di Brookings Institution.

New Delhi telah menyadari keterlibatan AS yang lebih besar di halaman belakang India sebagai menawarkan alternatif yang lebih baik untuk China, katanya.

READ  Menteri Perhubungan akan mengusulkan subsidi maskapai untuk 13 tujuan

“India menyadari bahwa ia tidak dapat melakukannya sendiri, baik karena masalah kapasitas atau karena memiliki beban dengan negara-negara yang memengaruhi apa yang ingin mereka lakukan dengan India versus, katakanlah, Jepang atau AS.”

Presiden kerakyatan Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa, telah menerima dukungan dari China tetapi kemungkinan besar ingin “memainkan permainan” dengan dirayu oleh kekuatan yang berbeda, kata Aparna Pande, direktur Prakarsa Institut Hudson untuk Masa Depan India dan Asia Selatan.

Dia ragu Sri Lanka akan mengikuti rute saingan bersejarah India, Pakistan, yang telah menjalin hubungan erat dengan China.

New Delhi percaya bahwa jika Amerika Serikat lebih terlibat di Sri Lanka, “jarumnya akan lebih dekat ke pihak AS-India daripada pihak China,” kata Pande.

Prioritas bahkan selama pemilihan

Pompeo akan bergabung dengan Menteri Pertahanan Mark Esper di New Delhi pada hari Senin dan Selasa untuk pembicaraan tahunan.

Para pejabat mengatakan kedua negara diharapkan menandatangani kesepakatan tentang berbagi intelijen geospasial, membuka jalan bagi Amerika Serikat untuk mengirimkan teknologi rudal yang semakin canggih.

Amerika Serikat telah menjual senjata kepada India lebih dari $ 20 miliar sejak dua negara demokrasi terbesar di dunia itu mulai meningkatkan hubungan pada tahun 2000-an, tetapi New Delhi juga telah beralih ke mitra bersejarah Rusia serta Prancis dan Israel saat negara itu memodernisasi militernya.

Dialog “dua-plus-dua”, ditunda karena pandemi COVID-19 yang telah melanda India dan Amerika Serikat, terjadi satu minggu sebelum pemilihan AS di mana Trump mengikuti Demokrat Joe Biden dalam jajak pendapat.

Pande mengatakan waktunya menunjukkan kepada India bahwa Amerika Serikat menempatkan prioritas tinggi pada hubungan tersebut – dan dia ragu akan ada perubahan signifikan di bawah Biden.

READ  Perang perdagangan China dengan Australia menjadi bumerang dengan harga bijih besi yang tetap tinggi selama DUA tahun lagi

“Saya pikir Delhi adalah salah satu dari sedikit ibu kota yang tidak terlalu khawatir” tentang perubahan kebijakan yang bergantung pada pemilihan, kata Pande.

Ketika hubungan AS memburuk dengan China, “negara mana yang Anda inginkan di pihak Anda – yang berbatasan dengan China, bertentangan dengan China, telah kehilangan wilayah ke China dan berpotensi menjadi saingan China. Itu India. ”

India telah melarang aplikasi China termasuk TikTok tetapi telah menyuarakan harapan untuk hubungan yang stabil dengan Beijing, bahkan setelah 20 tentara India dan sejumlah tentara China tewas dalam bentrokan bulan Juni di Himalaya.

Ketika para pejabat India mendengar pemerintahan Trump, “Saya pikir mereka lebih suka tidak bersikap seperti itu pada saat itu, karena mereka mengambil pendekatan yang lebih halus,” kata Madan.

Namun dia menambahkan: “Mereka sangat sadar bahwa ada pandangan Amerika yang lebih kompetitif yang menyatu dengan sebagian besar pandangan mereka tentang China.”

GALERI FOTO (KLIK MENJADI BESAR)

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut