Pesawat luar angkasa China yang terikat Mars mengembalikan potret diri dari luar angkasa – Spaceflight Now

Pesawat luar angkasa China yang terikat Mars mengembalikan potret diri dari luar angkasa – Spaceflight Now
Sebuah kamera yang dikeluarkan dari pesawat luar angkasa Tianwen 1 China dalam perjalanan ke Mars menangkap pemandangan wahana ini di luar angkasa. Kredit: Administrasi Luar Angkasa Nasional China

Badan antariksa China telah merilis gambar yang diambil oleh kamera kecil yang dikeluarkan dari pesawat ruang angkasa pertama yang menuju Mars, menunjukkan wahana itu di luar angkasa saat mendekati titik tengah perjalanan tujuh bulan dari Bumi ke Planet Merah.

Gambar yang dirilis oleh Administrasi Luar Angkasa Nasional China pada 1 Oktober menunjukkan pesawat ruang angkasa Tianwen 1 melakukan perjalanan melalui kegelapan ruang angkasa. Tianwen memasang kamera kecil untuk mengambil potret diri saat jatuh dari kapal induk.

Dua lensa sudut lebar pada kamera yang dapat diterapkan diprogram ke satu gambar setiap detik. Gambar-gambar itu dikirim kembali ke Tianwen melalui tautan radio nirkabel, kemudian diturunkan tautannya kembali ke tim darat di China.

Dalam gambar, sayap susunan surya Tianwen 1 dan antena komunikasi gain tinggi berbentuk piring terlihat mencolok. Bagian putih dari pesawat ruang angkasa itu adalah modul masuk misi dan pelindung panas, yang berisi penjelajah China yang dirancang untuk mendarat di Mars dan menjelajahi permukaan.

Ada juga bendera merah Cina terlihat di pesawat ruang angkasa. Gambar-gambar tersebut dirilis bersamaan dengan hari libur Hari Nasional China, menandai peringatan 71 tahun pemerintahan Komunis di sana.

Pesawat ruang angkasa robotik Tianwen 1 diluncurkan pada 23 Juli dengan roket Long March 5, peluncur paling kuat di armada China. Sejauh ini, wahana tersebut telah melakukan dua manuver koreksi tengah untuk menyempurnakan jalurnya menuju Mars, menyiapkan luka bakar kritis untuk memasuki orbit di sekitar Planet Merah pada bulan Februari.

Sebuah kamera yang dikeluarkan dari pesawat luar angkasa Tianwen 1 China dalam perjalanan ke Mars menangkap pemandangan wahana ini di luar angkasa. Kredit: Administrasi Luar Angkasa Nasional China

Setelah berada di orbit, pesawat ruang angkasa Tianwen 1 akan mensurvei calon lokasi pendaratan selama dua hingga tiga bulan sebelum melepaskan pendarat dan penjelajah untuk memasuki atmosfer Mars.

READ  SpaceX, tujuan NASA untuk peluncuran bersejarah hari ini: Segala sesuatu yang perlu diketahui tentang Crew-1

Jika China melakukan prestasi tersebut sesuai rencana, mereka akan menjadikan China negara ketiga yang melakukan soft landing di Mars – setelah Uni Soviet dan Amerika Serikat – dan negara kedua yang mengendarai robot penjelajah di Planet Merah.

Pengorbit Tianwen 1, yang akan melanjutkan misinya setelah melepaskan pendarat dan penjelajah, dirancang untuk beroperasi setidaknya selama satu tahun Mars, atau sekitar dua tahun di Bumi. Penjelajah bertenaga surya, dilengkapi dengan enam roda untuk mobilitas, memiliki harapan hidup setidaknya 90 hari, kata pejabat China.

Ilmuwan China mengatakan misi Tianwen 1 akan melakukan survei global Mars, mengukur komposisi tanah dan batuan, mencari tanda-tanda es air yang terkubur, dan mempelajari magnetosfer dan atmosfer Mars. Pengorbit dan penjelajah juga akan mengamati cuaca Mars dan menyelidiki struktur internal Mars.

Misi Tianwen 1 adalah salah satu dari tiga pesawat luar angkasa yang saat ini sedang dalam perjalanan ke Mars. Penjelajah Perseverance NASA dan pengorbit Hope yang dikembangkan oleh Uni Emirat Arab juga diluncurkan pada bulan Juli, dan berada di jalur yang tepat untuk tiba di Mars pada bulan Februari.

Kirim email ke penulis.

Ikuti Stephen Clark di Twitter: @ StephenClub.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut