Perjalanan luar angkasa Rusia bertujuan untuk mempersiapkan Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk modul baru

Mengenakan pakaian antariksa besar, dua kosmonot Rusia menggunakan kompartemen docking Poisk Stasiun Luar Angkasa Internasional sebagai pengunci udara untuk pertama kalinya pada hari Rabu di sebuah jalan luar angkasa untuk mulai mempersiapkan modul Pirs yang hampir identik untuk dipindahkan tahun depan. Modul laboratorium baru akan diparkir di tempatnya nanti.

Komandan Ekspedisi 64 Sergey Ryzhikov dan Sergey Kud-Sverchkov memulai perjalanan luar angkasa kedelapan tahun ini pada pukul 10:12 pagi waktu setempat. Ekskursi, yang pertama bagi kedua kosmonot, datang hanya dua hari setelahnya kedatangan empat astronot di atas kapal feri komersial SpaceX Crew Dragon.

Untuk identifikasi, Ryzhikov, call sign EV-1, memakai baju antariksa bergaris merah dan menggunakan kamera helm 20 sedangkan Kud-Sverchkov, EV-2, memakai jas bergaris biru dan kamera helm 18.

Hampir identik dengan Pirs, Poisk diluncurkan hampir tepat 11 tahun yang lalu, pada 10 November 2009, dan dipasang ke porta modul Zvezda dua hari kemudian. Ini telah digunakan sebagai pelabuhan dok untuk pengangkut kargo Progress tanpa awak dan kapal feri kru Soyuz berkali-kali tetapi tidak pernah sebagai kunci udara.

111820-eva3.jpg
Kosmonot Sergey Ryzhikov dan Sergey Kud-Sverchkov bergerak di sepanjang bagian atas modul Zarya Rusia, tepat di sebelah kiri kompartemen pengunci udara Poisk (memanjang ke atas) membawa modul pompa pengganti. Perjalanan ruang angkasa 18 November 2020 adalah yang pertama dilakukan dari Poisk ketika Rusia bersiap untuk melepas dan membuang modul Pirs yang hampir identik di sisi berlawanan dari stasiun untuk memberi jalan bagi laboratorium baru.

NASA


Sebelum bertualang keluar, kosmonot menghabiskan sekitar satu jam untuk memastikan palka samping Poisk yang belum pernah digunakan sebelumnya dapat dibuka dengan aman dan ditutup rapat dengan segel kedap udara dan bahwa palka yang menuju ke badan utama stasiun bebas bocor ketika kompartemennya pada atau dekat vakum.

Mengenakan pakaian luar angkasa Orlan mereka, Ryzhikov dan Kud-Sverchkov menurunkan tekanan Poisk sebagian untuk pemeriksaan kebocoran awal. Rekan kru NASA Kate Rubins melakukan tes serupa dari dalam segmen Rusia di stasiun tersebut.

Para kosmonot kemudian membawa Poisk ke ruang hampa, membuka pintu samping ruang angkasa untuk pertama kalinya dalam sejarah modul dan memeriksa segelnya untuk mencari tanda-tanda puing atau kerusakan benda asing. Material penyegel cadangan tersedia jika diperlukan, tetapi pemeriksaan tidak menemukan tanda-tanda masalah.

Mereka kemudian menutup palka dan menjalankan pemeriksaan kebocoran tambahan sebelum membukanya kembali dan mengapung di luar tepat setelah pukul 11 ​​pagi untuk memulai perjalanan ruang angkasa ke 232 yang dikhususkan untuk perakitan dan pemeliharaan stasiun, EVA stasiun kedelapan sepanjang tahun ini.

Agenda pertama adalah mengganti regulator aliran fluida pada modul Zarya Rusia, komponen pertama stasiun, yang diluncurkan 20 tahun lalu pada 20 November.

Para kosmonot kemudian berencana untuk mengambil palet eksposur ruang sains material dari modul Pirs dan melepaskan kabel telemetri. Kabel akan dihubungkan kembali ke Poisk, memulai proses mengakhiri penggunaan Pirs sebagai kunci udara.

Setelah membersihkan jendela modul Zvezda, para penjelajah ruang angkasa berencana untuk memposisikan ulang detektor pelampiasan asap roket dan mengambil baki eksperimen yang membantu para insinyur menilai dampak mikrometeoroid. Tugas terakhir mereka adalah memotret eksterior segmen Rusia.

READ  NASA memanggil Voyager 2, dan pesawat ruang angkasa itu menjawab dari luar angkasa antarbintang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *