NASA: Anda menemukan planet dengan tiga matahari

Data dari misi TESS NASA telah mengkonfirmasi keberadaan planet KOI-5 tahun setelah penemuannya.

Teleskop Luar Angkasa Kepler NASA, yang diluncurkan pada 2009, terus menawarkan fitur-fitur baru. Sekelompok astronom mengkonfirmasi keberadaan KOI-5 Gambar, pertama kali disebut sebagai sebuah planet potensial yang memiliki kekhasan memiliki tiga matahari.

Kebaruan ini ditemukan berkat pengamatan dari Misi TESS untuk mencari exoplanet dari badan antariksa.

Hanya setelah sepuluh hari, Misi Kepler mulai beroperasi ketika menemukan apa yang diterima sebuah planet seukuran Neptunus. Bintang itu rupanya mengorbit bintang yang mirip dengan Matahari tetapi lebih tua.

Perlu dicatat bahwa KOI-5Ab adalah kandidat planet kedua yang ditemukan oleh teleskop luar angkasa. Tetapi sifatnya harus dikonfirmasi, karena Kepler hanya mengukur transit, yaitu perjalanan satu objek sebelum objek lainnya.

SELANJUTNYA:

Indonesia: temukan seni cadas tertua di dunia

Meskipun penemuan itu sangat menarik pada saat itu, mereka mengesampingkannya. Sistem bintang tempat kandidat planet itu menyulitkan untuk memastikan sifatnya. Selain itu, misi Kepler telah mengumpulkan ribuan exoplanet untuk dipelajari dengan cara yang lebih mudah.

Berkat gambar beresolusi lebih tinggi yang dikumpulkan oleh observatorium Keck dan Gemini di Hawaii, tiga bintang terlihat menghantui sistem pada waktu yang ditentukan.. Tetapi baru setelah dimulainya misi TESS, yang dikumpulkan oleh Saksi Kepler, dipastikan bahwa transit telah diproduksi oleh objek keempat dan ini adalah sebuah planet.

Kerja cermat Ciardi dan rekan-rekannya telah menunjukkan bahwa KOI-5Ab memiliki massa yang setara dengan 60% massa Saturnus. Planet ini berputar di sekitar bintang utama yang mirip dengan dirinya sendiri. Bintang sekunder menggambarkan orbit selama 30 tahun di sekitarnya. Bintang ketiga membutuhkan waktu 400 tahun untuk menyelesaikan satu putaran.

READ  Pejabat Korea Selatan tidak menemukan hubungan langsung antara vaksin flu dan kematian baru-baru ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *