Menlu China mengusulkan dialog regional untuk membela upaya PBB untuk mengatasi masalah nuklir Iran


Anggota Dewan Negara China dan Menteri Luar Negeri Wang Yi mengatakan pada Sabtu bahwa semua pihak terkait harus bergabung dalam dialog multilateral regional sebagai bagian dari upaya untuk menerapkan resolusi PBB 2015 dan mencapai solusi yang tepat untuk masalah nuklir Iran.

Wang membuat pernyataan itu selama pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif di Tengchong, Provinsi Yunnan, China barat daya.

China akan terus mempromosikan implementasi perjanjian komprehensif tentang masalah nuklir Iran dan Resolusi Dewan Keamanan PBB 2231.

Pada 2015, Dewan Keamanan dengan suara bulat mengadopsi resolusi 2231 (2015) yang mendukung Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA), yang diakhiri dengan upaya diplomatik China, Prancis, Jerman, Rusia, Inggris, dan AS untuk mencapai kesepakatan yang komprehensif dan jangka panjang. dan solusi yang tepat untuk program nuklir Iran.

Sebagai bagian dari upaya untuk terus mendorong implementasi JCPOA, Menlu China mengatakan China mengusulkan untuk membentuk platform dialog multilateral regional dan melibatkan semua pihak terkait untuk memfasilitasi dialog dengan pijakan yang sama dan meningkatkan pemahaman, sehingga menyelesaikan masalah nuklir melalui sarana politik dan diplomatik.

China terbuka untuk bentuk dan isi dialog semacam itu dan semua pihak dipersilakan untuk bergabung dalam diskusi, tambah Wang.

Zarif mengatakan bahwa Iran sepenuhnya menegaskan peran China dalam menjaga JCPOA dan bersedia bekerja sama dengan China, Rusia, dan UE untuk secara efektif menjaga keefektifan perjanjian komprehensif. Dia juga mengatakan bahwa Iran menyambut baik inisiatif China di platform regional dan berharap pihak terkait akan menunjukkan fleksibilitas dan bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas regional.

Kedua menlu juga membahas kerja sama terkait COVID-19.

READ  Proposal penahanan lepas pantai Inggris dapat menciptakan 'bencana hak asasi manusia', pakar Australia memperingatkan | Berita Inggris

Wang mengatakan China bersedia memperkuat kerja sama dengan Iran dalam mengatasi pandemi. Zarif mengucapkan terima kasih kepada China atas dukungannya untuk memerangi virus, dengan mengatakan Iran bersedia memperkuat kerja sama dengan China di bidang terkait.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *