Juan Guzmán meninggal, hakim Chili pertama yang melanjutkan …

Juan Guzmán meninggal, hakim Chili pertama yang melanjutkan …

Juan Guzmán Tapia, hakim Chili pertama yang menuntut Augusto Pinochet atas kejahatan selama kediktatorannya, meninggal pada usia 81 tahun. Keluarga hakim menguatkan keluhan tersebut ketika tidak ada rincian lebih lanjut tentang penyebab kematiannya.

Hakim Guzmán berkarier di pengadilan Chili. Pada bulan Januari 1998 ia mengambil alih penyelidikan Caravan of Death, salah satu tindakan represif terpenting kediktatoran Pinochet setelah kudeta 1973. Pada saat Guzmán mengambil alih kasus ini, Pinochet masih menjadi panglima angkatan darat. Dia pensiun dua bulan kemudian untuk menjadi senator seumur hidup di bawah ketentuan konstitusi yang diundangkan oleh rezim pada tahun 1980.

Semuanya berubah pada Oktober 1998: Pinochet, yang telah melakukan perjalanan ke London, ditangkap di ibu kota Inggris atas permintaan hakim Spanyol Baltasar Garzón. Pertempuran hukum dan diplomatik dimulai, yang, meskipun permintaan ekstradisi disetujui ke Spanyol pada Maret 2000, menyebabkan pembebasan mantan diktator dengan alasan kesehatan.

Pinochet kembali ke Chili, tetapi itu bukan negara yang sama seperti satu setengah tahun yang lalu. Dia kehilangan hak istimewa senator dan kasus-kasus terhadapnya diaktifkan. Paling berkompromi adalah Kafilah Kematian. Pada 1 Desember 2000, Guzmán menganiaya Pinochet untuk 19 penculikan dan 53 pembunuhan yang dilakukan oleh delegasi ini dan yang dia kirim ke penindasan sebagai panglima militer dan penguasa de facto di bawah komando Jenderal Sergio Arellano Stark. Hakim memerintahkan penangkapan mantan diktator, yang menerima pengampunan tahanan rumah. Pinochetisme mempertanyakan kesesuaian hakim karena memainkan peran kecil dalam film di masa mudanya sebelum kudeta terhadap Salvador Allende Status situs, film klasik dalam film politik yang disutradarai oleh Costa-Gavras.

Pengadilan Banding Santiago membatalkan tindakan penangkapan Pinochet di tanah Chili. Pembelaan mantan jenderal memimpin pengadilan yang lebih tinggi untuk mempertimbangkan usia lanjut (85 tahun) dan masalah kesehatan, hampir merupakan salinan dari alasan pemerintah Tony Blair membawa Pinochet kembali ke Chili.

READ  Jokowi meminta kesabaran karena sekolah tetap tutup di tengah kekhawatiran virus - Sen, 30 November 2020

Sejak itu, dan hingga kematiannya pada tahun 2006, mantan diktator yang lebih tua itu tidak memiliki masalah hukum yang besar. Paling tidak berkaitan dengan hak asasi manusia: Dalam beberapa bulan terakhir dia harus menghadapi penyebab uang yang ditemukan di rekening rahasia di Bank Riggs. Semua kasus terhadapnya ditutup dengan kematiannya.

Guzmán meninggalkan pengadilan pada tahun 2005. Ia menerbitkan memoarnya, berjudul Di ujung dunia: kenangan hakim yang mengadili Pinochetdan pernah menjadi Dekan Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Universitas Pusat Chili dan Direktur Institut Hak Asasi Manusia House of Higher Studies, yang didirikannya.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut