Gempa 6,6 SR di lepas pantai Indonesia tanpa menimbulkan kerugian

Gempa berkekuatan 6,6 skala Richter tercatat di lepas pantai Pulau Jawa di Indonesia pada hari Selasa, kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS, kependekan dari bahasa Inggris), tanpa menyebabkan korban jiwa atau kerusakan material yang signifikan.

Gempa tercatat pada kedalaman sekitar 500 kilometer dan, menurut USGS, dirasakan di berbagai wilayah nusantara. Beberapa penduduk percaya bahwa gunung Merapi di dekatnya telah meletus; mereka menghitung beberapa jam kemudian.

“Tapi ketika saya keluar rumah, saya melihat gunung berapi itu tenang,” kata Esti Nuryanin, warga sekitar.

Pusat gempa ditemukan sekitar 100 kilometer dari kota Batang pada pukul 22:54 GMT (Selasa 05:54 waktu setempat) dini hari.

“Tidak ada risiko tsunami dan sejauh ini tidak ada kerusakan material yang dilaporkan,” kata Rahmat Triyono, juru bicara Badan Geofisika dan Meteorologi Indonesia, kepada AFP.

Kepulauan Indonesia terletak di wilayah yang disebut “Cincin Api” di Pasifik, daerah dengan aktivitas seismik tinggi akibat tumbukan dua lempeng tektonik.

Pada tahun 2018, gempa bumi berkekuatan 7,5 skala Richter yang diikuti oleh tsunami di Pulau Celebes meluluhlantahkan wilayah Palu, menyebabkan lebih dari 4.300 tewas dan hilang.

Gempa bumi berkekuatan 9,1 skala Richter yang dahsyat lainnya melanda lepas pantai Sumatera pada tahun 2004, menyebabkan tsunami yang menewaskan 220.000 orang di daerah tersebut, termasuk sekitar 170.000 di Indonesia.

bur / jah / rbu / cn / am / AHG / GMA / bl / ZM

READ  AC Milan dan Aston Villa menggemparkan Eropa dengan kejutan awal yang sempurna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *