Foto ini menunjukkan pohon natal di Balaikota Jakarta tahun 2014, bukan di istana presiden Indonesia

Foto ini menunjukkan pohon natal di Balaikota Jakarta tahun 2014, bukan di istana presiden Indonesia

Hak Cipta AFP 2017-2020. Seluruh hak cipta.

Sebuah foto telah dibagikan di banyak posting di Facebook dan Twitter dengan klaim bahwa itu menunjukkan pohon Natal di istana presiden Indonesia. Klaim itu salah. Foto tersebut sudah beredar sejak 2014 dalam pemberitaan tentang pohon natal di depan Balai Kota Jakarta.

Foto itu telah dipublikasikan sini di Facebook tanggal 18 Desember 2020.

Tangkapan layar dari unggahan menyesatkan, diambil pada tanggal 23 Desember 2020

Teks berbahasa Indonesia pada foto tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai “Puji Tuhan Untuk PERTAMA KALINYA POHON NATAL YANG DIINSTAL DI HALAMAN KOTA NEGARA INDONESIA! Sejak Kemerdekaan Indonesia pada 1945! Pemerintah JOKOWI LUAR BIASA. ”

Caption postingan berbahasa Indonesia tersebut berbunyi: “Pada setiap hari besar agama dari 6 agama yang sah di Indonesia, semoga setiap lambang agama dipasang di depan istana negara, sebagai bentuk toleransi antar umat beragama.”

Joko Widodo, biasa dikenal dengan julukan Jokowi, adalah presiden Indonesia saat ini. Lebih dari 87% penduduk negara itu adalah Muslim.

Itu Istana Negara adalah bagian dari istana presiden kompleks di Jakarta.

Foto itu juga muncul di samping klaim serupa sini, sini, sini dan sini.

Foto ini, bersama dengan klaim serupa, telah beredar di pos-pos sejak 2014, di Facebook sini dan sini, dan di Twitter sini.

Pencarian gambar terbalik di Google, diikuti dengan pencarian kata kunci, menemukan foto itu sebelumnya diterbitkan sini dalam sebuah laporan dari situs blog berita Islam Indonesia, Portal Islam, pada 22 Desember 2014.

Judul postingan blog tersebut berbunyi: “Ada Pohon Natal setinggi 3 Meter di Kantor Ahok”.

Paragraf pertama laporan itu berbunyi: “Hiasan Natal berupa pepohonan cerah muncul di depan kediaman resmi Ahok di Taman Surapati dan di Balai Kota Jakarta.”

READ  Orangutan yang diselundupkan memulai hidup baru setelah dipulangkan ke Indonesia

Ahok adalah nama panggilan dari Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur Jakarta dari tahun 2014 hingga 2017, dan orang Kristen Tionghoa pertama yang pernah menjabat posisi tersebut.

Berikut perbandingan tangkapan layar antara foto di unggahan menyesatkan (kiri) dan foto di blog Portal Islam (kanan):

Perbandingan tangkapan layar foto di unggahan menyesatkan (kiri) dan foto di blog Portal Islam (kanan)

Bangunan di foto tersebut sesuai dengan foto pengguna Google yang di-tag di lokasi Balai Kota Jakarta di Google Maps, seperti ini satu dan ini satu.

Outlet berita Indonesia lainnya, seperti Detikcom dan Tribunnews, juga memberitakan tentang pemasangan pohon natal di Balaikota Jakarta dan menerbitkan foto serupa pada 22 Desember 2014. Ahok mengatakan kepada media bahwa ide pemasangan pohon natal berasal dari “panitia natal”.

Gambar Istana Negara Indonesia di Google Maps bisa dilihat sini.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM NIMMT AM ASSOCIATE-PROGRAMM VON AMAZON SERVICES LLC TEIL, EINEM PARTNER-WERBEPROGRAMM, DAS ENTWICKELT IST, UM DIE SITES MIT EINEM MITTEL ZU BIETEN WERBEGEBÜHREN IN UND IN VERBINDUNG MIT AMAZON.IT ZU VERDIENEN. AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND WARENZEICHEN VON AMAZON.IT, INC. ODER SEINE TOCHTERGESELLSCHAFTEN. ALS ASSOCIATE VON AMAZON VERDIENEN WIR PARTNERPROVISIONEN AUF BERECHTIGTE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS HELFEN, UNSERE WEBSITEGEBÜHREN ZU BEZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.IT UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut