Dinas Kesehatan DKI Jakarta tambah RS rujukan COVID-19 – Kota

Dinas Kesehatan DKI Jakarta tambah RS rujukan COVID-19 – Kota

Untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah kasus COVID-19, Dinas Kesehatan DKI Jakarta berencana menambah rumah sakit rujukan COVID-19 di ibu kota.

“Nanti beberapa rumah sakit akan diubah menjadi RS rujukan COVID-19,” kata Kepala Unit Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Bapepam-LK, Dwi Oktavia, seperti dikutip dari Antara. kompas.com Sabtu ini.

Dia melanjutkan, rumah sakit yang dipilih harus melakukan beberapa persiapan sebelumnya, seperti merancang sistem zonasi untuk memisahkan pasien COVID-19 dari pasien lain.

“Rumah sakit harus mengatur sistem aliran untuk tenaga medis maupun pasien. Perlu ada fasilitas lain bagi pasien COVID-19 untuk memisahkannya dari yang biasa, ”kata Dwi.

Selain menyiapkan fasilitas baru, rumah sakit terpilih juga harus menyediakan tenaga kesehatan yang khusus menangani pasien COVID-19. Dwi menegaskan, tenaga medis yang ditunjuk untuk merawat pasien yang terinfeksi tidak diperbolehkan merawat pasien lain.

Hingga saat ini, terdapat 98 rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta, 90 di antaranya ditunjuk oleh gubernur melalui SK Gubernur, delapan di antaranya dipilih oleh Kementerian Kesehatan.

Dwi menjelaskan, rumah sakit rujukan tersebut sudah menambahkan tempat tidur baru untuk menampung pasien COVID-19. Hingga Jumat, ada 6.984 tempat tidur yang tersedia di rumah sakit COVID-19 di seluruh ibu kota, 321 di antaranya merupakan tambahan terbaru.

Baca juga: Indonesia bersiap menambah kamar rumah sakit jika terjadi lonjakan infeksi COVID-19

Badan tersebut sebelumnya memperkirakan bahwa Jakarta akan kehabisan tempat tidur rumah sakit untuk pasien COVID-19 pada bulan Desember karena kasus terus meningkat dengan cepat.

Untuk mencegah hal itu terjadi, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti berjanji akan menambah kapasitas tempat tidur, serta jumlah tenaga medis untuk memaksimalkan upaya mitigasi COVID-19 kota.

READ  Boy William Sakit, Daniel Mananta Akan Jadi Host Indonesian Idol Selama Dua Pekan

Pemprov DKI juga telah merekrut lebih dari 1.000 tenaga kesehatan dari provinsi lain di Jawa, Sumatera, Nusa Tenggara, dan Papua, yang terdiri dari ahli paru, penyakit dalam, radiografer, dan perawat.

Rekrutmen baru telah diseleksi dari total 4.859 pelamar, dan ditugaskan di sejumlah fasilitas kesehatan di Jakarta.

Jika Indonesia menghadapi lonjakan besar kasus COVID-19, Kementerian Kesehatan juga berencana menambah lebih banyak kamar rumah sakit untuk pasien yang terinfeksi.

Jika kasusnya meningkat 20 sampai 50 persen maka [hospitals] akan terus beroperasi seperti saat ini, ”kata juru bicara satuan tugas Wiku Adisasmito pada 3 Desember.

Menurut Wiku, rumah sakit mampu menampung pasien jika kasusnya tidak meningkat melebihi 50 persen. Namun, jika kasusnya meningkat 100 persen, kementerian akan mengubah unit perawatan umum menjadi ruang darurat untuk pasien COVID-19. (dpk)

Catatan Editor: Artikel ini adalah bagian dari kampanye publik oleh satuan tugas COVID-19 untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pandemi.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut