China Mendukung Kesepakatan Nuklir Iran, Seruan untuk Forum Timur Tengah Baru – Bursa & Bazaar

Menteri Luar Negeri China Wang Yi telah menyerukan forum baru untuk meredakan ketegangan di Timur Tengah setelah pertemuan dengan mitranya dari Iran di mana dia menegaskan kembali dukungan Beijing untuk Teheran.

Wang dan Javid Zarif juga menegaskan kembali komitmen mereka terhadap kesepakatan nuklir Iran 2015 dengan kekuatan dunia, menurut kementerian luar negeri China, sebuah teguran implisit dari Amerika Serikat karena mengabaikan kesepakatan tersebut selama pertemuan hari Sabtu mereka di kota Tengchong barat daya China.

Iran telah terkunci dalam hubungan sengit dengan Arab Saudi, kekuatan utama Timur Tengah lainnya, selama perang di Yaman, pengaruh Iran di Irak dan dukungan Saudi untuk sanksi Washington terhadap Teheran.

“China mengusulkan untuk membangun platform dialog multilateral regional dengan partisipasi yang sama dari semua pemangku kepentingan,” kata pernyataan kementerian luar negeri China.

Forum itu akan “meningkatkan saling pengertian melalui dialog dan mengeksplorasi solusi politik dan diplomatik untuk masalah keamanan di Timur Tengah”, pernyataan itu menambahkan.

Wang menambahkan bahwa dukungan untuk kesepakatan nuklir Iran, dinegosiasikan oleh pemerintahan Obama tetapi akhirnya ditinggalkan oleh Donald Trump, akan menjadi prasyarat untuk masuk ke forum.

Zarif mengatakan di Twitter “pembicaraan yang bermanfaat” dengan Wang sama dengan penolakan terhadap “unilateralisme AS” dan juga berfokus pada hubungan strategis dan kolaborasi dalam pengembangan vaksin virus corona.

Foto: FPRC

READ  Jangan terlena, gugus tugas memperingatkan wilayah - Kam, 15 Oktober 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *